Teks Cerita Fantasi – Jenis, Struktur, Kaidah dan Contoh Cerita

Rangkaberita, pasti kalian sering membaca berbagai cerita fantasi yang sangat keren, bukan? Namun, sudahkah kalian mengenal ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenis teks fantasi?

Teks Cerita Fantasi - Jenis, Struktur, Kaidah dan Contoh Cerita

Teks fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, tapi bersifat imajinatif dan khayalan semata. Dengan belajar menulis teks fantasi, kalian dapat melatih kreativitas dan daya imajinasi.

Pengertian teks cerita fantasi

Menurut Nurgiyantoro (2012) teks fantasi adalah cerita yang menampilkan tokoh, alur, latar, atau tema yang derajat kebenarannya diragunakan, baik menyangkut (hampir) seluruh maupun hanya sebagian cerita. Sementara itu, Huck dkk menyatakan bahwa teks fantasi adalah cerita yang memiliki makna lebih dari sekedar yang dikisahkan, bukan hanya cerita dengan tokoh-tokoh supranatural yang umumnya muncul pada cerita masa lalu, tapi juga dapat melibatkan tokoh dan kehidupan modern dalam dunia imajinasi sang pengarang.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan teks fantasi adalah sebuah karya tulis/cerita hasil khayalan, imajinasi, atau fantasi dari sang pengarang saja, karena tidak terjadi di dunia nyata. Pada teks cerita fantasi, hal yang mustahil dan tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata pun bisa terjadi.

Tidak ada ukuran pasti terkait jumlah kata minimal dan maksimal dari sebuah cerita fantasi. Apabila dilihat dari ciri-ciri dan strukturnya, teks fantasi hampir serupa dengan teks narasi. Tema dalam teks fantasi pun beragam, seperti tema teks narasi biasa.

Teks cerita fantasi dibangun atas dua unsur pokok, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsic teks fantasi meliputi tema, tokoh, alur, perwatakan, latar, dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsiknya mencakup nilai-nilai yang terkandung dalam cerita.

Tujuan teks cerita fantasi

Adapun tujuan teks cerita fantasi adalah untuk memberikan hiburan bagi para pembacanya. Dalam cerita fantasi, biasanya disisipkan juga nasehat atau pesan moral dari pengarang, dengan tetap tidak meninggalkan tujuan utamanya, yaitu menghibur.

Ciri-ciri teks cerita fantasi

Adapun ciri-ciri teks fantasi, antara lain:

  1. Terdapat keajaiban, kemisteriusan, dan keanehan yang melewati batasan logika maupun realita.
  2. Memiliki ide cerita terbuka, karena pada teks fantasi tidak memiliki batasan realita.
  3. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu).
  4. Tokoh-tokohnya unik, seperti mempunyai kesaktian atau kekuatan magis.
  5. Bersifat fiksi.
  6. Menggunakan bahasa yang beragam/variatif, ekspresif, dan menggunakan percakapan yang bukan bahasa formal.

Jenis teks cerita fantasi

Jenis-jenis teks fantasi disesuaikan dengan keadaan dunia imajinasi buatan pengarang, dan dibagi menjadi dua jenis, yaitu teks fantasi total dan fantasi sebagian (irisan).

Teks Cerita Fantasi Total

Teks cerita fantasi total (keseluruhan) berisi cerita yang keseluruhannya merupakan hasil khayalan pengarang terhadap suatu objek tertentu. Pada teks cerita fantasi jenis ini, semua yang terdapat dalam cerita tidaklah terjadi atau tidak ada dalam dunia nyata.

Misalnya, cerita fantasi novel Harry Potter keseluruhannya merupakan fantasi total pengarangnya. Jadi, nama orang, nama objek, dan nama tempat, serta semua yang ada dalam cerita tersebut benar-benar rekaan si pengarang.

Teks Cerita Fantasi Irisan

Cerita fantasi sebagian (irisan) berisi cerita yang juga hasil dari khayalan dan imajinasi pengarang, tapi masih menggunakan nama-nama yang ada dalam dunia nyata, seperti nama tempat atau peristiwa yang pernah terjadi. Salah satu contoh teks cerita fantasi sebagian adalah Anak Rembulan karya Djokolelono.

Struktur teks cerita fantasi

Struktur cerita fantasi umumnya hampir sama dengan struktur teks narasi, yakni terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi.

  • Orientasi (pengenalan), berisi pengenalan tema, tokoh, dan latar (tempat, suasana, sosial, dan waktu) cerita.
  • Komplikasi, berisi awal mula munculnya masalah yang dialami tokoh utama. Di bagian ini, biasanya terjadi peristiwa-peristiwa di luar nalar.
  • Resolusi, bagian akhir dari teks cerita fantasi ini berisi penyelesaian dari masalah yang dialami tokoh.

Kaidah kebahsaan teks cerita fantasi

Pada teks cerita narasi, termasuk teks fantasi, terdapat beberapa ciri dalam hal kebahasaannya. Kaidah kebahasaan yang menonjol dalam teks cerita narasi adalah pemakaian konjungsi (kata penghubung) dan kalimat langsung. Adapun 6 ciri-ciri kebahasaan dalam teks cerita fantasi, yaitu sebagai berikut.

  1. Menggunakan kata ganti dan nama orang sebagai sudut pandang untuk mengisahkan cerita fantasi. Contohnya aku, mereka, dia, dikau, engkau, Sinta, Dika, Ratu.
  2. Menggunakan kata yang mencerap panca indera dalam deskripsi latar (tempat, waktu, dan suasana).
  3. Menggunakan pilihan kata yang memiliki makna kias dan makna khusus. contoh:
  • Monster itu bekaki empat.
  • Langkah seribunya penuh dengan keberanian.
  • Semakin mendekat semakin melawan.
  • Menggunakan kata sambung penanda waktu
  • Penggunaan kata sambung urutan waktu dalam teks fantasi berguna untuk menandakan datangnya tokoh lain atau terjadinya perubahan latar suasana, waktu, dan tempat. Misalnya, sementara itu, bersamaan dengan itu, tiba-tiba, ketika, sebelum, dsb. Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat.

    • Sebelum Alien itu datang langit mendung.
    • Lima tahun lalu, gunung itu memuntahkan lahar dingin.
    • Akhirnya, Raja Zainab berkuasa kembali di Kerajaan Selatan.
  • Menggunakan kata/ungkapan keterkejutan untuk menggerakan cerita (memulai masalah). contoh:
    • Tiba-tiba pesawat tempur melepaskan tembakan pertamanya.
    • Ditengah pesta datanglah preman-preman itu.
    • Tanpa kuduga, cermin ajaib berpindah tempat.
  • Penggunaan dialog/kalimat langsung dalam cerita.
  • Contoh teks cerita fantasi singkat

    Dark Fire

    Orientasi

    Dark Fire, tempat di mana kaum kami hidup. Tempat yang berada di bawah simetri bumi ini, tidak diketahui oleh manusia manapun.

    Apabila ada manusia yang mampu mengetahui tempat ini, maka dia akan dihabisi. Nyatanya, hukuman itu benar-benar dilaksanakan.

    Komplikasi

    Semua terjadi begitu cepat. Satu-satunya harapanku hanyalah ingin menjadi manusia. Aku rela kehilangan separuh nyawaku melalui ritual yang sangat menyakitkan, untuk mengubah tubuhku menjadi makhluk setengah manusia, supaya aku bisa merasakan menjadi seorang manusia.

    Namun, aku sudah bertekad. Aku harus bisa melewati ritual ini.

    Tiba-tiba, rasa sakit itu perlahan menghilang. Ternyata, aku berhasil! Akhirnya aku bisa menjadi manusia, walau dalam waktu yang terbatas.

    Resolusi

    Dengan wujud manusiaku, aku bisa bertemu dengannya. Seorang pria, anak Adam yang aku cintai. Akan tetapi, tanpa sepengetahuanku, dia mengetahui semua rahasia tentang Dark Fire.

    Aku pun berusaha menyembunyikannya agar dia tak disakiti. Semua ini kesalahanku! Kesalahan terbesarku karena membiarkan hatiku mencintai anak Adam itu.

    Contoh teks cerita fantasi pendek

    Sumur di Halaman

    Orientasi

    Suatu hari, Ayah Viko menggali sumur yang sudah mulai mengering di dekat halaman rumahnya. Ia menggali sumur hingga sangat dalam, sampai tak ada lagi tanah yang dapat digali olehnya, dan dirinya pun jatuh ke dalam bumi. Akan tetapi, setelah terperosok jauh di dalam bumi, Ayah Viko melihat lembah rumput terhampar di hadapannya.

    Tak jauh dari hamparan rumput itu, terdapat danau yang sangat luas terbentang. Di atas danau itu juga berdiri sebuah istana yang megah. Di istana itu, hiduplah seorang ratu yang cantik jelita, tapi berhati jahat dan licik.

    Tanpa mengetahui keberadaan sang Ratu, Ayah Viko pun masuk ke dalam istana tersebut. Ratu yang jarang sekali mendapat kunjungan, berusaha membujuk Ayah Viko agar mau tinggal selamanya di sana untuk menemani dirinya. Sejak saat itu, Ayah Viko tidak pernah muncul kembali ke atas sumur.

    Komplikasi

    Kira-kira, begitulah kisah yang diceritakan oleh Viko, teman sebaya yang tinggal di samping rumahku. Viko sering mengajakku untuk menyusuri lubang galian sumur ayahnya, agar ia bisa membawa ayahnya kembali pulang ke rumah.

    Viko memberi tahuku, bahwa dia telah menyiapkan diri untuk berperang dengan Ratu yang telah menahan ayahnya. Sedangkan aku, hanya terdiam mendengar celotehannya.

    Viko siap memasuki sumur galian ayahnya dan mengajakku untuk mengikutinya. Aku bergeming.

    Kemudian, Viko menatap ke dalam lubang hitam itu lalu menoleh ke arahku dan tersenyum sambil berkata, “Aku akan menemui ayahku.” Dia pun melompat ke dalam sumur.

    Resolusi

    Itu adalah percakapanku dengan Viko di samping sumur dekat rumahnya tiga puluh tahun yang lalu. Aku ingat, usai Viko masuk ke lubang hitam itu, aku pulang ke rumah dan memberi tahu ibuku. Sayangnya, ibu tak percaya dengan ucapanku.

    Beberapa hari kemudian, aku bersama keluargaku mendatangi rumah Viko. Terpasang bendera kuning di depan rumahnya. Aku mendengar kabar bahwa Viko jatuh ke dalam sumur dan tak pernah kembali.

    Aku pun memberi tahu kepada semua orang di sana, bahwa Viko dan ayahnya ditangkap Ratu jahat yang mendiami sumur tersebut. Saat itu, orang tuaku langsung memelukku dan memberikan kata-kata penghibur untukku.

    Sumur itu pun masih ada hingga hari ini. Berdiri diam dengan mulutnya yang terbuka, memperlihatkan kegelapan yang ada di dalamnya.

    Setelah tiga puluh tahun berlalu, aku kembali ke desa ini hanya untuk membeli rumah dan tanah milik keluarga Viko. Entah apa yang membuatku ingin sekali menghuni rumah Viko.

    Pada malam hari, aku bermimpi melihat sebuah istana. Bukan istana di bawah sumur, karena aku tahu tak ada hal semacam itu.

    Namun, di sana ada Viko bersama ayahnya. Mereka berdua hidup bahagia di istana tersebut.

    Contoh teks cerita fantasi Panjang

    Hilangnya Preska

    (karya Jasmine Rachel Saputra)

    Orientasi

    Selama kegiatan baris-berbaris dilangsungkan, Preska terus saja mengeluh mengenai kakinya yang sakit, dan bilang jika ia tidak bisa lagi melanjutkan baris-berbaris. Namun, semua temannya tidak ada yang percaya, karena Preska memang terkenal suka berbohong. Sang pemimpin baris-berbaris pun terus melanjutkan kegiatan.

    Namun, tiba-tiba langit menjadi sangat gelap. Angin berhembus kencang, menampar pepohonan hingga meliuk-liuk. Kemudian, dari barisan belakang pun terdengar suara aneh.

    Sekonyong-konyong, tampak sesosok makhluk menyeramkan berwarna hitam yang sangat besar dan tinggi melebihi rata-rata manusia normal. Makhluk itu lalu melompat ke arah atap sekolah, dan menghilang begitu saja. Para guru dan murid yang menyaksikan fenomena itu hanya terdiam.

    Komplikasi

    Suasana menjadi hening dan sang pemimpin baris-berbaris langsung membubarkan barisannya. Ketika dia sedang minum di pinggir lapangan, tiba-tiba salah seorang murid perempuan datang menghampirinya.

    “Kak, Preska enggak ada,” lapor Regina, teman Preska, dengan wajah cemas.

    “Mungkin dia sudah pulang,” kata si pemimpin baris-berbaris dengan tenang.

    “Enggak, Kak. Sejak kejadian aneh tadi, tiba-tiba saja Preska hilang. Saya sudah cari ke mana-mana, tapi dia enggak ada,” jelas Regina. Namun, sang pemimpin malah meninggalkan Regina begitu saja tanpa menghiraukannya.

    Keesokan harinya, pemimpin baris-berbaris kemarin tidak datang ke sekolah. Padahal murid-murid masih perlu belajar baris-berbaris. Regina yang merasa prihatin pun akhirnya memutuskan untuk mampir ke rumah si pemimpin.

    Sepulang sekolah, Regina dan temannya yang bernama Esther, berkunjung ke rumah si pemimpin. Sesampainya di rumah si pemimpin, mereka segera mengetuk pintu dan menunggu pintu dibukakan.

    Tanpa mereka duga, ternyata yang membukakan pintu rumah si pemimpin baris-berbaris adalah Preska! Dengan cepat, Preska segera menutup pintu setelah menyadari bahwa teman-temannya lah yang datang.

    Regina dan Esther mengetuk pintu itu lagi sambil memanggil-manggil Preska. Namun, tak ada suara apapun yang terdengar dari dalam.

    Selanjutnya, Esther memberanikan diri untuk membuka pintu itu. Ternyata, pintu itu tidak terkunci.

    Meski awalnya tak mau, Regina akhirnya mengikuti Esther masuk ke dalam rumah karena penasaran. Sesampainya di dalam rumah si pemimpin, mereka sangat terkejut dan tidak bisa mempercayai apa yang mereka lihat saat itu juga.

    Resolusi

    Regina dan Esther langsung saling bertatapan dengan pemikiran yang sama. Mereka teringat kejadian di sekolah kemarin, saat makhluk hitam menyeramkan itu muncul.

    Mereka juga teringat dengan sikap tenang si pemimpin ketika mendengar Preska hilang. Ya, demikianlah, karena ternyata mereka sekarang benar-benar berhadapan dengan dua makhluk aneh dan menyeramkan itu!

    Langkah-langkah membuat teks cerita fantasi

    Berikut langkah-langkah menulis teks cerita fantasi secara umum.

    1. Mencari ide cerita
    2. Sebelum menulis cerita, carilah ide ceritanya terlebih dahulu. Ide cerita bisa didapatkan dari keseharian, mimpi, mengamati suatu benda, buku-buku referensi, dan lain-lain. Pengalaman yang dialami sendiri maupun orang lain juga bisa dijadikan ide cerita.

    3. Menulis paragraf awal yang menarik
    4. Hal paling berkesan dalam sebuah cerita bagi pembaca adalah awal paragraf, karena sebagai pembuka cerita. Maka, buatlah paragraf awal semenarik mungkin, sehingga pembaca akan penasaran untuk melanjutkan dan meneruskan membaca ceritanya.

    5. Merangkai kejadian demi kejadian
    6. Setelah membuat paragraf awal yang menarik, tulislah kejadian-kejadian yang ingin disajikan dalam cerita dan rangkailah sesuai struktur teks cerita fantasi. Apabila terdapat dialog, maka tiap dialog selalu menjadi alinea baru.

    7. Membuat paragraf penutup atau akhir cerita
    8. Sebagaimana paragraf awal, paragraf penutup atau akhir cerita sebaiknya juga dibuat semenarik mungkin. Akhir cerita terbagi menjadi tiga jenis, antara lain:

    • Akhir cerita tertutup, yaitu cerita yang diakhiri dengan tuntas, sehingga pembaca merasa puas (tidak menimbulkan pertanyaan lagi).
    • Akhir cerita terbuka, yaitu akhir cerita yang masih menimbulkan rasa ingin tahu atau pertanyaan bagi pembaca. Dengan kata lain, mungkin ceritanya masih akan dibuat kelanjutannya.
    • Akhir cerita mengejutkan, yaitu akhir cerita yang tidak terduga atau mengejutkan pembaca. Akhir cerita ini biasanya mengandung kejutan atau sangat mencengangkan.
  • Membiarkan tulisan beberapa saat
  • Setelah tulisan selesai, biarkan dulu beberapa saat. Inilah kesempatan untuk berpikir dan menganalisis, apakah cerita yang dibuat sudah layak saji atau masih harus diperbaiki lagi. Entah ditambah atau dikurangi.

  • Memperbaiki tulisan
  • Setelah dianalisis dan dibaca dengan saksama. Apabila hasilnya perlu diperbaiki, maka lakukanlah perbaikan.

    Periksa juga hal-hal yang berkaitan dengan ejaan, penulisan kalimat, pilihan kata, dan sebagainya. Jika semuanya telah sesuai, maka ceritamu siap disajikan.

    Rangkaberita, itulah pengertian, tujuan, ciri, struktur, hingga contoh teks ulasan yang dapat membantu kalian lebih paham. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai teks ulasan, kalian bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Ayo, bergabung sekarang juga!

    situs togel situs togel https://getnick.org/ toto togel https://seomex.org/ situs togel dentoto dentoto dentoto dentoto dentoto dentoto dentoto situs togel situs toto situs togel bandar togel https://alphasignsandengraving.co.uk/ http://e-bphtb.pandeglangkab.go.id/products/