5 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Belanja Pakai Paylater

Dibandingkan belanja dengan uang tunai atau transfer langsung, kalau belanja pakai paylater, pertimbangannya justru perlu lebih banyak. Salah satu keunggulan yang ditawarkan paylater adalah kita bisa belanja sekarang dan bayarnya nanti.

Beberapa layanan paylater, Kredivo misalnya, bahkan juga menyediakan opsi cicilan dengan tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan bagi penggunanya. Bukan cuma belanja dalam 30 hari! Ditambah, Kredivo juga tersedia sebagai pembayaran Bukalapak paylater dan bermitra dengan e-commerce lainnya. Alhasil, mau transaksi apa aja jadi lebih mudah di e-commerce karena hal ini.

Kemudahan ini nggak jarang bikin banyak orang terlena dan menggunakan paylater sebagai “uang cadangan”. Padahal, aplikasi paylater hanya sebatas alat pembayaran, sama dengan kartu kredit dan metode pembayaran lainnya. Sekali digunakan, otomatis akan ada tagihan yang harus dibayar.

Supaya paylater nggak jadi bikin keuangan kamu boncos, ada baiknya saat belanja pakai paylater, yuk pertimbangkan untuk melakukan 5 hal ini:

Memilih aplikasi paylater yang tepat & bunganya bersahabat

Ada banyak banget pilihan aplikasi paylater yang bisa kamu pilih. Masing-masing aplikasi paylater juga punya kelebihannya sendiri. Untuk memilih aplikasi paylater yang tepat, kamu bisa mengeceknya dari tiga poin simple: apakah aplikasi paylater sudah terdaftar di OJK? Apakah syarat pendaftarannya sesuai dengan kondisi kamu sekarang? Apakah bunganya cukup bersahabat?

Kalau ketiga pertanyaan ini jawabannya “ya”, maka bisa dibilang aplikasi paylater tersebut tepat buatmu. Jangan sampai menggunakan aplikasi paylater yang belum terdaftar di OJK, ya! Begitu juga persyaratan daftar paylater yang harus sesuai dengan kondisimu sekarang agar peluang disetujuinya jadi lebih besar.

Misalnya Kredivo, di mana kamu harus memenuhi 3 kriteria ini kalau mau daftar akun:

  1. Berusia 18 – 60 tahun.
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan minimal RP 3 juta perbulan.
  3. Berdomisili di Indonesia, jika daftar untuk tipe akun Basic.
  4. Berdomisili di salah satu wilayah ini jika mau daftar untuk tipe akun Premium: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara.

Kredivo juga termasuk aplikasi paylater yang bunganya rendah. Ada cicilan 0% yang bisa kamu nikmati dengan tenor maksimal 3 bulan. Ada juga cicilan dengan bunga rendah mulai 1.99% dengan tenor 6 – 12 bulan.

Membuat prioritas sebelum berbelanja

Sebelum belanja pakai paylater, kamu juga perlu membuat prioritas. Barang apa saja yang dibutuhkan dan perlu dibeli. Supaya tagihan paylater nggak bengkak, usahakan untuk membeli barang yang memang sifatnya benar-benar penting, alih-alih hanya mewujudkan wishlist.

Adanya prioritas juga bisa membantu kamu mengatur keuangan dengan lebih baik! Jadi, jangan sampai kalap saat belanja pakai paylater, ya.

Menghitung rasio utang sebelum ambil cicilan baru

Kalau kamu tertarik pakai fitur cicilan dengan tenor tertentu seperti yang ditawarkan Kredivo, kamu juga perlu menimbang berapa besarnya cicilan yang sudah dimiliki sekarang?

Idealnya, jumlah utang nggak boleh lebih dari 30% total penghasilan. Makin besar jumlah utang, otomatis akan makin besar juga beban keuangan yang harus kamu tanggung.

Sebelum ambil cicilan baru, ada baiknya lunasi dulu cicilan yang sedang berjalan supaya keuangan jadi lebih ringan.

Mengecek promo berjalan agar transaksi lebih hemat

Untuk kamu yang sering belanja online, pastinya sudah sering menikmati banyak promo dari merchant & e-commerce, dong?

Nah, kalau mau belanja pakai paylater, tips hemat berikutnya adalah dengan memanfaatkan promo yang sedang berjalan.

Selain promo e-commerce, aplikasi paylater kadang-kadang juga punya promonya sendiri. Seperti Kredivo, yang punya banyak promo dan bisa dicek di menu “Voucher Saya”. Bisanya, Kredivo sering mengadakan promo potongan sampai dengan Rp 1 juta, lho. Kalau sudah punya akun Kredivo, yuk, coba cek menu vouchermu sekarang.

Hindari meminjamkan akun paylater ke orang lain

Mau ambil cicilan pakai paylater, tapi untuk membantu orang lain? Eits, walau niatnya menolong, hal ini sangat nggak disarankan, ya. Sebab, transaksi sejenis ini sangat berpotensi terjadi kredit macet yang akhirnya bisa menyusahkan kamu sendiri.

Maka dari itu, hindari meminjamkan akun paylater ke orang lain atau mengambil cicilan yang penggunaannya bukan untuk diri sendiri supaya lebih aman.