20 Contoh Kalimat Akumulasi beserta Artinya Menurut KBBI yang Benar

Rangkaberita.com News – Akumulasi adalah proses pengumpulan atau penumpukan suatu hal secara bertahap dalam jangka waktu tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat akumulasi adalah kalimat yang terdiri dari beberapa unsur yang bertumpuk atau mengumpulkan ide atau informasi. Berikut adalah 20 contoh kalimat akumulasi beserta artinya yang benar menurut KBBI:

  1. Pekerja itu memiliki akumulasi pengalaman lebih dari 10 tahun di industri ini. Artinya: Pekerja tersebut telah mengumpulkan pengalaman selama lebih dari 10 tahun di industri ini.
  2. Pihak perusahaan mengumumkan akumulasi laba bersih sebesar 50 miliar rupiah tahun ini. Artinya: Perusahaan mengumumkan bahwa laba bersih yang telah terkumpul sebesar 50 miliar rupiah pada tahun ini.
  3. Dalam satu hari, akumulasi pendapatan dari penjualan tiket mencapai 1 juta dolar. Artinya: Dalam sehari, total pendapatan dari penjualan tiket mencapai 1 juta dolar.
  4. Proyek itu telah mencapai akumulasi progres sebesar 75% dari rencana awal. Artinya: Proyek tersebut telah mencapai tingkat kemajuan sebesar 75% dari rencana awal.
  5. Para ahli meramalkan akumulasi curah hujan di wilayah ini akan meningkat dalam bulan depan. Artinya: Para ahli meramalkan bahwa jumlah curah hujan yang terakumulasi di wilayah ini akan meningkat dalam bulan depan.
  6. Pertumbuhan ekonomi tahun ini menunjukkan akumulasi positif dibandingkan tahun sebelumnya. Artinya: Pertumbuhan ekonomi tahun ini menunjukkan peningkatan secara bertahap dibandingkan tahun sebelumnya.
  7. Akumulasi data dari penelitian ini menunjukkan kecenderungan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Artinya: Data yang terkumpul dari penelitian ini menunjukkan kecenderungan menarik yang perlu diteliti lebih lanjut.
  8. Dalam dua minggu terakhir, kami telah melihat akumulasi penjualan produk ini mencapai rekor tertinggi. Artinya: Dalam dua minggu terakhir, kami telah menyaksikan peningkatan penjualan produk ini mencapai rekor tertinggi.
  9. Pengumpulan sampah plastik menjadi fokus utama untuk mengurangi akumulasi limbah plastik di laut. Artinya: Pengumpulan sampah plastik menjadi fokus utama untuk mengurangi penumpukan limbah plastik di laut.
  10. Akumulasi hutang perusahaan mencapai angka yang mengkhawatirkan pada akhir tahun lalu. Artinya: Jumlah hutang perusahaan mencapai angka yang mengkhawatirkan pada akhir tahun lalu.
  11. Pertumbuhan populasi penduduk di kota ini menunjukkan akumulasi yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. Artinya: Pertumbuhan jumlah penduduk di kota ini menunjukkan peningkatan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir.
  12. Akumulasi keuntungan dari investasi saham ini mencapai 20% dalam setahun. Artinya: Total keuntungan dari investasi saham ini mencapai 20% dalam waktu satu tahun.
  13. Akumulasi beban kerja yang tinggi dapat menyebabkan stres pada karyawan. Artinya: Penumpukan beban kerja yang tinggi dapat menyebabkan stres pada karyawan.
  14. Perusahaan ini telah mencatat akumulasi pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Artinya: Perusahaan ini telah mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
  15. Akumulasi penjualan smartphone di pasar global terus meningkat dari waktu ke waktu. Artinya: Penjualan smartphone di pasar global terus meningkat dari waktu ke waktu.
  16. Selama musim hujan, terjadi akumulasi air di sepanjang sungai, menyebabkan banjir. Artinya: Selama musim hujan, terjadi penumpukan air di sepanjang sungai, menyebabkan banjir.
  17. Perusahaan ini mengumumkan akumulasi keuntungan yang fantastis pada laporan keuangan mereka. Artinya: Perusahaan ini mengumumkan total keuntungan yang fantastis pada laporan keuangan mereka.
  18. Akumulasi tugas akhir semester ini membuat mahasiswa merasa tertantang. Artinya: Jumlah tugas akhir semester yang harus diselesaikan membuat mahasiswa merasa tertantang.
  19. Pelaksanaan proyek tersebut harus memperhitungkan akumulasi biaya selama periode pelaksanaan. Artinya: Pelaksanaan proyek tersebut harus mempertimbangkan total biaya selama periode pelaksanaan.
  20. Akumulasi pengalaman bekerja bersama tim internasional memberikan wawasan berharga bagi karier saya. Artinya: Pengalaman bekerja dengan tim internasional yang terkumpul memberikan wawasan berharga bagi karier saya.

Demikianlah 20 contoh kalimat akumulasi beserta artinya yang benar menurut KBBI. Kalimat-kalimat tersebut mencerminkan penggunaan kata akumulasi dengan tepat dan sesuai dengan pengertian dalam kamus bahasa Indonesia.