Yang disarankan Mat untuk dilakukan istrinya adalah datang ke orang tuanya untuk memberi tahu mereka tentang kehamilannya

Di bawah ini adalah pembahasan mengenai pertanyaan yang telah dijawab dan diverifikasi

Yang disarankan Mat untuk dilakukan istrinya adalah datang ke orang tuanya untuk memberi tahu mereka tentang kehamilannya, meminta restu mereka. Siapa tahu, hal ini akan membuat keluarganya yang tadinya keras di pernikahan keduanya menjadi lunak. Tidak apa-apa untuk tidak menerima dia sebagai menantu, yang penting bisa menerima cucunya suatu saat nanti. Dengan bijak menasihati istrinya agar perselisihan dengan orang tuanya ini tidak diteruskan kepada anak-anaknya kelak. Dan jika bisa diperbaiki lebih awal, mengapa ditunda. Mat mengatakan, Inayatun pasti membutuhkan ibunya saat melahirkan, mengingat ia baru pertama kali melahirkan. Dikutip dari: Mahfud Ikhwan, Dawuk: A Grey Story from Rumbuk Randu, Jakarta, Marjin Ki 2017 5. Nilai moral kutipan novel tersebut adalah

A menceritakan kesalahan orang lain

B. meminta restu kedua orang tua

C. berusaha berbuat baik kepada orang lain

D. menyadari kesalahan yang telah dia buat

E menghargai usaha orang lain

Menjawab :

Dari kutipan Novel tentang kehidupan keluarga dalam pertanyaan ini jawabannya adalah:

B. meminta restu kedua orang tua.

Nilai moral dalam kutipan novel Inilah pentingnya meminta restu kedua orang tua dalam hal-hal penting seperti kehamilan, serta upaya menjalin hubungan baik dengan orang tua dan menghindari penularan ketidaktepatan kepada anak yang akan dilahirkan. Hal ini mencerminkan nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan yang dijunjung tinggi dalam masyarakat.

Diskusi

Novel adalah karangan fiktif yang terdiri dari sebuah cerita yang memiliki alur yang lengkap dan panjang, serta tidak dapat dibaca seluruhnya dalam sekali duduk. Struktur novel terdiri dari beberapa bagian, yaitu: abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Bagian pengantar yang disebutkan dalam masalah juga dikenal sebagai orientasi. Pada bagian orientasi terdapat pengenalan latar dalam sebuah cerita.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain