Untuk menilai sebuah karya seni pahat menggunakan aspek nilai subyektif, beberapa unsur harus diperhatikan, salah satunya adalah:

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan tersebut. Untuk menilai sebuah karya seni pahat menggunakan aspek nilai subyektif, beberapa unsur harus diperhatikan, salah satunya telah terjawab dan terverifikasi Kelas:10 Kursus: Seni Budaya Bab : Bab 2 – Mewujudkan Seni Tiga Dimensi

Untuk menilai sebuah karya seni pahat menggunakan aspek nilai subyektif, beberapa unsur harus diperhatikan, salah satunya adalah:

Menjawab :

di sebuah karya seni patung, dapat dinilai dengan menggunakan aspek nilai subyektif. Digunakan aspek nilai subyektif harus memperhatikan beberapa unsur, salah satunya adalah membentuk.

Diskusi

Karya patung termasuk dalam seni rupa tiga dimensi. Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang menghasilkan karya yang tidak dibatasi oleh panjang dan lebar, tetapi dibatasi oleh kedalaman dan tinggi. Dalam pengertian lain, seni tiga dimensi adalah jenis seni yang menghasilkan karya seni yang memiliki ruang. Karya yang dihasilkan oleh seni rupa tiga dimensi memiliki beberapa nilai keindahan dan estetika di dalamnya. Nilai estetika suatu karya seni terdiri dari dua ciri, yaitu:

  • Nilai objektif adalah karya seni yang indah berupa karya seni yang kasat mata.
  • Nilai subyektif adalah keindahan yang tidak hanya dapat dilihat dari unsur fisik saja, tetapi juga dapat ditentukan dari selera orang yang memandangnya.

Karya patung dibuat dengan memperhatikan beberapa aspek yaitu keseimbangan, ciri, bentuk atau dimensi, gerak, proporsi, keselarasan dan aksentuasi.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain