Tunjukkan bukti bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan rakyat seluruh Indonesia?

Di bawah ini pembahasan terkait dengan pertanyaan Tunjukkan bukti bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan rakyat seluruh Indonesia? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:5 Kursus : PPKn Bab : 1

Tunjukkan bukti bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan rakyat seluruh Indonesia?

Menjawab :

Satu dari bukti bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan rakyat seluruh Indonesia yaitu seluruh rakyat berjuang dan bergotong royong merebut hak-hak bangsa yang telah dirampas oleh penjajah, misalnya perjuangan rakyat Indonesia melawan Portugis.

Diskusi

Untuk berjuang melawan penjajah, rakyat Indonesia melakukan berbagai perlawanan untuk mengusir penjajah. Meski upaya tersebut selalu gagal, karena para penjajah selalu berhasil membendung perlawanan. Bangsa Eropa yang mulai berdatangan ke Nusantara pada abad ke-16 memiliki tujuan awal berdagang rempah-rempah. Namun, seiring berjalannya waktu, tujuan utama berubah menjadi penerapan kolonialisme dan imperialisme. Pada abad ke-19, bangsa Indonesia bersatu untuk berjuang dan bekerja sama untuk berjuang. Tujuan utamanya adalah mengusir penjajah dari Nusantara. Alasan bangsa Indonesia berjuang untuk kemerdekaan Selain untuk menegakkan harga diri dan martabat, juga untuk membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan dimana tindakan sewenang-wenang penjajah telah membuat bangsa Indonesia sengsara dan tidak bebas menentukan nasibnya sendiri.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain