Sebutkan organ reproduksi pria dan fungsinya

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Sebutkan organ reproduksi pria beserta fungsinya yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:9 Kursus : IPA Bab : 3

Sebutkan organ reproduksi pria dan fungsinya

Menjawab :

Berdasarkan lokasinya, organ reproduksi pria dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Penis
  2. Skrotum
  3. Testis
  1. Epididimis
  2. Kelenjar prostat.
  3. Kelenjar bulbourethral.
  4. Vesikula seminalis.
  5. uretra
  6. Vas deferens.

Diskusi

Organ reproduksi pria adalah sekelompok organ yang terlibat dalam sistem reproduksi dan terbagi menjadi dua bagian, yaitu organ dalam dan organ luar. Berikut penjelasan mengenai organ reproduksi pria:

  1. Penis berfungsi sebagai jalan keluar urin dan sperma.
  2. Skrotum atau skrotum memiliki fungsi sebagai sistem pengatur suhu pada testis. Suhu testis berkaitan erat dengan reproduksi sperma yang sehat.
  3. Testis memiliki fungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron atau hormon utama pria.
  1. Epididimis memiliki fungsi untuk menyimpan sel sperma yang telah diproduksi di dalam testis dan mengangkut sperma yang belum matang ke dalam tabung vas deferens agar dapat menjadi sperma yang matang.
  2. Kelenjar prostat memiliki fungsi dalam memberikan kontribusi dalam memberikan cairan tambahan untuk proses ejakulasi. Cairan prostat juga bisa berfungsi untuk membantu sperma tetap sehat.
  3. Kelenjar bulbourethral memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan yang digunakan untuk melumasi uretra dan menetralkan segala keasaman yang mungkin ada akibat urin yang menetes.
  4. Vesikula seminalis berfungsi untuk menghasilkan cairan fruktosa yang digunakan oleh sperma sebagai sumber energi saat beraktivitas.
  5. uretra memiliki fungsi sebagai saluran yang membawa urin atau sperma keluar dari tubuh.
  6. Vas deferens berfungsi sebagai tabung yang mengangkut sperma matang ke uretra untuk persiapan ejakulasi

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain