Perubahan Bentuk Energi – Pengertian, Bentuk dan Contoh

Saat terjadi pemadaman listrik, tentunya lampu di rumah Anda tidak bisa menyala bukan? Itu karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke lampu. Nah, arus listrik menghasilkan energi yang disebut energi listrik. Nantinya energi listrik ini dapat digunakan untuk menghasilkan energi bagi filamen lampu, sehingga lampu dapat menyala. Dengan demikian, dalam proses menyalakan lampu telah terjadi perubahan bentuk energi. Ingin tahu lebih banyak? Lihat ini!

Definisi Perubahan Bentuk Energi

Perubahan energi adalah perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Hal ini sejalan dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Jadi, apa saja bentuk transformasi energi?

Bentuk Perubahan Energi

Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Bentuk-bentuk perubahan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Perubahan energi potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki benda karena kedudukannya. Energi ini dimiliki oleh benda yang memiliki potensi untuk bergerak (memiliki energi kinetik). Artinya, energi potensial dapat berubah menjadi energi kinetik.

Contoh perubahan bentuk energi potensial menjadi energi kinetik adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonnya. Saat berada di pohon, kelapa memiliki energi potensial. Saat jatuh, energi potensialnya berkurang dan energi kinetiknya meningkat.

2. Perubahan energi kinetik

Energi kinetik dapat diubah menjadi energi lain, misalnya mengubah energi kinetik menjadi energi panas dan mengubah energi kinetik menjadi energi bunyi. Contoh perubahannya adalah sebagai berikut.

  • Contoh perubahan energi kinetik menjadi energi panas, saat tangan terkena bola yang dilempar dengan kecepatan tinggi pasti akan terasa panas.
  • Contoh perubahan energi kinetik menjadi energi bunyi yaitu ketika tong kosong dilempar dengan batu pasti akan berbunyi nyaring.

3. Perubahan energi kimia

Energi kimia dapat diubah menjadi energi lain, seperti energi gerak, energi listrik, energi panas, energi cahaya. Contoh perubahannya adalah sebagai berikut.

  • Perubahan energi kimia menjadi energi kinetik

Misalnya makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami metabolisme kimiawi sehingga akhirnya dihasilkan energi untuk tubuh bergerak.

  • Mengubah energi kimia menjadi energi listrik

Misalnya baterai yang tersusun dari senyawa kimia dapat menghidupkan alat elektronik dan baterai yang tersusun dari senyawa kimia dapat menjadi listrik bagi kendaraan bermotor.

  • Energi kimia berubah menjadi energi panas

Misalnya kompor gas yang menggunakan LPG sebagai bahan bakarnya. LPG adalah gas yang tersusun dari senyawa kimia dan dapat menghasilkan api (panas) saat dinyalakan.

  • Perubahan energi kimia menjadi energi cahaya

Contoh baterai yang bisa menyalakan senter. Baterai adalah sumber tegangan yang terdiri dari senyawa kimia.

4. Perubahan energi listrik

Siapa Bagaimanapun siapa yang tidak butuh listrik? Sebagai sumber penunjang kehidupan, listrik merupakan energi yang sangat penting bagi manusia. Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain, sebagai berikut.

  • Energi listrik berubah menjadi energi gerak

Misalnya, kipas angin hanya dapat berputar jika dihubungkan dengan arus listrik.

  • Perubahan energi listrik menjadi energi kimia

Misalnya pada proses pelapisan emas yang menggunakan prinsip elektrolisis.

  • Energi listrik berubah menjadi energi panas

Misalnya pada kompor listrik yang bisa digunakan untuk memasak jika dihubungkan dengan arus listrik. Cara kerja kompor listrik sesuai dengan prinsip induksi.

  • Energi listrik berubah menjadi energi cahaya

Misalnya, sebuah lampu baru dapat menyala jika dihubungkan dengan arus listrik. Lampu yang menyala ini tentunya akan menghasilkan cahaya.

  • Energi listrik berubah menjadi energi kinetik

Misalnya mobil mainan aki akan bergerak jika tombolnya ditekan pada dihidupkan. Baterai merupakan sumber tegangan yang dapat menghasilkan arus listrik.

  • Energi listrik berubah menjadi energi bunyi

Misalnya Sistem suara yang dapat menghasilkan suara bila dihubungkan dengan arus listrik. Di samping itu Sistem suaraada juga televisi, telepon selular, mikrofondan banyak lagi.

5. Perubahan energi panas

Sama seperti energi sebelumnya, panas juga bisa diubah menjadi energi lain. Perubahan bentuk energi panas adalah sebagai berikut.

  • Perubahan energi panas menjadi energi listrik

Misalnya, energi panas bumi dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk menghasilkan listrik pengganti batu bara.

  • Energi panas berubah menjadi energi cahaya

Misalnya kaca yang dipanaskan pada suhu tinggi pasti akan berpijar seperti lahar vulkanik.

  • Energi panas berubah menjadi energi gerak

Misalnya air mendidih akan bergerak seperti gelembung. Semakin panas panci, semakin cepat air mengalir.

6. Perubahan energi cahaya

Energi cahaya dapat berubah menjadi energi lain. Perubahan energi cahaya adalah sebagai berikut.

  • Mengubah energi cahaya menjadi energi listrik

Sebagai contoh, panel surya merupakan sumber energi alternatif yang dapat mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik.

  • Energi cahaya berubah menjadi energi kimia

Misalnya, tanaman membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Hasil fotosintesis berupa senyawa kimia seperti oksigen dan glukosa atau karbohidrat.

7. Perubahan energi nuklir

Energi nuklir merupakan energi yang masih sangat terbatas penggunaannya. Namun, energi nuklir dapat diubah menjadi bentuk energi lain sebagai berikut.

  • Perubahan energi nuklir menjadi energi listrik

Misalnya pemanfaatan reaktor nuklir sebagai sumber energi listrik alternatif selain batu bara.

  • Energi nuklir berubah menjadi energi kinetik

Misalnya, nuklir digunakan sebagai tenaga penggerak rudal dan kapal selam. Sejauh ini, hanya Rusia yang berhasil memanfaatkan nuklir di kapal selam.

  • Energi nuklir berubah menjadi energi cahaya dan panas

Misalnya, di inti matahari terjadi reaksi nuklir yang meliputi reaksi fisi dan fusi. Reaksi ini menghasilkan energi terbesar bagi matahari. Dengan energi inilah matahari selalu dapat bersinar untuk menghasilkan cahaya dan panas.

Dari pembahasan di atas, Anda tentu semakin paham bahwa energi sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Oleh karena itu, bijaklah dalam memanfaatkan energi di sekitar Anda.

Itulah pembahasan Quipper Blog kali ini. Semoga bermanfaat untuk Quipperian. Jangan lupa untuk bergabung Video Quiper sehingga pembelajaran anda menjadi lebih seru dan menyenangkan. Salam Quippers!