Permainan bola tangan termasuk gerak….

Di bawah ini adalah pembahasan terkait permainan bola tangan termasuk gerak yang telah dijawab dan dibuktikan untuk Kelas IV Mata Pelajaran Penjasorkes Bab Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan termasuk gerak

Menjawab :

Permainan bola tangan meliputi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Permainan bola tangan termasuk gerakan dasar sebanyak permainan bola besar mana pun.

Diskusi

Permainan bola tangan Adalah permainan beregu dimana bola sebagai alatnya dimainkan dengan satu/kedua tangan. Bola dilempar/ditembak, dipantulkan, digulirkan, dan seterusnya. Permainan bola tangan lebih tepat disebut sebagai permainan gabungan antara bola basket dan sepak bola, karena teknik dasarnya menyerupai teknik dasar permainan bola basket, seperti lempar/passing (pelemparan/passing), dribbling (menggiring bola), melempar/menembak (penembakan) dan lain-lain. Lapangan permainan lebih menyerupai lapangan sepak bola yang terdiri dari gol-gol terjaring, serta area yang dibatasi oleh aturan main termasuk mekanisme permainan.

Gerakan lokomotor pada permainan bola tangan diartikan sebagai tempat bergerak seperti berjalan, berlari dan melompat. Gerak lokomotor sangat sering digunakan, misalnya mengejar (mengejar), menghindari pengejaran (melarikan diri) dan lari ke arah yang berbeda (menghindari).

Gerakan non lokomotor adalah gerak yang tidak berpindah tempat, bertumpu pada persendian tubuh untuk membentuk berbagai posisi dengan tetap pada satu titik. Gerak non lokomotor sering digunakan pada saat melempar dan menangkap bola. Gerakan seperti ini akan semakin sempurna jika ditunjang dengan kondisi fisik seperti kelentukan yang tinggi, sehingga dapat melempar dan menangkap bola ke berbagai arah dengan sasaran yang tepat.

gerak manipulatif diartikan sebagai kemampuan untuk memanipulasi objek tertentu dengan anggota tubuh seperti tangan, kaki dan kepala. Gerakan manipulatif sering digunakan untuk mengembangkan keterampilan dasar gerakan bola tangan.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain