Pengertian Menguap dan Jenis-Jenis Penguapan atau Evaporasi

Hai Quipperian, pernahkah kamu mendidihkan air lalu lupa mematikan kompor? Jika Anda membiarkan air mendidih dalam waktu lama, apa yang akan terjadi? Pasti airnya akan hilang dan panci anda akan mengering hingga gosong kan? Oh, kok airnya hilang? Kemana perginya air? Sebenarnya, airnya tidak kemana-mana. Namun, ia hanya berubah bentuk menjadi uap atau menguap. Lalu, apa yang dimaksud dengan menguap? Yuk, lihat selengkapnya!

Pengertian Penguapan

Menguap adalah perubahan wujud dari cair menjadi gas. Penguapan terjadi ketika cairan menerima panas. Misalnya, ketika air dipanaskan, air harus menerima panas, bukan? Semakin tinggi suhu pemanasan, semakin cepat pergerakan atom-atom di dalamnya.

Akibatnya, ikatan antara atom air dapat dipisahkan satu sama lain menjadi ikatan yang sangat renggang. Pelepasan ikatan interatomik ini menyebabkan fasa cair berubah menjadi gas. Salah satu indikator penguapan air adalah saat mencapai titik didihnya, yaitu 100o C.

Ternyata, air juga bisa menguap tanpa harus melalui titik didihnya. Misalnya, air laut menguap menjadi uap air yang kemudian mengembun menjadi awan. Apakah suhu pemanasan di lautan mencapai 100o C? Tentu tidak, ya. Lalu, bagaimana hal itu bisa terjadi? Kerjakan PR, oke!

Macam Evaporasi atau Evaporasi

Berdasarkan tempat terjadinya, evaporasi dibagi menjadi tiga yaitu evaporasi, transpirasi dan intersepsi. Apa perbedaan antara empat penguapan?

penguapan

Evaporasi adalah penguapan air di permukaan tanah, di laut, di danau karena menerima energi panas dari sinar matahari. Misalnya, saat musim hujan, sungai akan meluap. Saat hujan berhenti, air sungai perlahan akan surut.

Transpirasi

Transpirasi adalah penguapan air pada tumbuhan yang diserap melalui akar dan mengalir ke batang dan daun. Selanjutnya air akan menguap ke atmosfir. Peristiwa transpirasi ini merupakan salah satu bukti bahwa tumbuhan juga bernafas seperti makhluk hidup lainnya, namun dengan mekanisme yang berbeda.

Penangkapan

Intersepsi adalah kemampuan tumbuhan terutama daun untuk menguapkan air yang telah ditampungnya. Saat terkena hujan, biasanya daun akan menahan sebagian air yang diterimanya. Selanjutnya, air akan diuapkan.

Contoh Peristiwa Menguap dalam Kehidupan Sehari-hari

Proses penguapan memberikan sejumlah manfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut

Pengeringan Air pada Pakaian

Umumnya, pakaian akan dijemur setelah dicuci. Sebenarnya tujuan penjemuran adalah untuk menguapkan air yang menempel pada pakaian, agar pakaian dapat digunakan kembali setelah bersih.

Meski suhu pemanasan tidak sampai 100o C, air pada pakaian bisa menguap seluruhnya. Dengan syarat, durasi pemanasan harus lama.

Berbeda halnya dengan pakaian yang sudah dijemur di mesin cuci, dimana tidak membutuhkan waktu lama untuk kering. Hal ini dikarenakan melalui proses pengeringan, kandungan air pada pakaian akan berkurang.

Hujan Terjadi

Hujan disebabkan oleh peristiwa kondensasi, yaitu perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Peristiwa kondensasi didahului oleh proses evaporasi atau penguapan air laut akibat paparan radiasi matahari. Semakin banyak air yang menguap, semakin tebal awan yang terbentuk.

Pembuatan Garam

Garam merupakan salah satu bumbu yang wajib ada dalam setiap masakan. Tanpa garam, makanan pasti akan terasa hambar. Di balik rasa garam yang unik, tahukah kamu bahwa proses pembuatan garam memanfaatkan penguapan, lho. Ingin tahu prosesnya?

Awalnya, petani garam akan mengumpulkan air laut di lahan yang telah disiapkan. Selanjutnya, air laut tersebut akan dibiarkan atau dijemur di bawah terik matahari. Akibatnya, air laut akan menguap dan kristal garam akan tetap ada. Terakhir, kristal garam yang terkumpul akan dijual ke pengepul atau dititipkan di pabrik pengolahan garam.

Pengeringan Tinta Pena

Pernahkah Anda lupa menutup kembali pulpen sehingga tinta pulpen mengering? Saat tutup pulpen dibuka, tinta akan menyerap panas dari luar. Akibatnya cairan tinta akan menguap dan hanya menyisakan tinta kering.

Mengukus Makanan

Quipperians mana yang suka ikan berbumbu? Pepes ikan merupakan salah satu makanan olahan yang dikukus. Proses pematangan pepes memanfaatkan uap panas dari air mendidih di bawahnya. Jika dibiarkan lebih lama, air di panci bawah akan menyusut. Nah, air yang menyusut itu sebenarnya sudah berubah wujud menjadi uap air.

Penggunaan Hand Sanitizer

Hand Sanitizer adalah salah satu jenis disinfektan yang biasa digunakan pada telapak tangan sebagai pengganti air. Saat Anda menuangkan hand sanitizer di telapak tangan, semakin lama waktu yang dibutuhkan, hand sanitizer akan hilang dengan sendirinya. Sebenarnya hand sanitizer tidak hilang, melainkan hanya berubah menjadi gas karena sifat alkohol yang mudah menguap.

Penggunaan Parfum

Sama seperti hand sanitizer, sebagian besar kandungan dalam parfum adalah alkohol. Alkohol adalah salah satu zat yang mudah menguap. Jika Anda menyemprotkan parfum ke pakaian Anda, pakaian Anda pasti akan basah dalam sekejap. Namun, sebentar lagi pakaian Anda akan kering dan harum.

Hal ini karena wangi campuran parfum akan tetap menempel pada pakaian dan pelarut parfum akan menguap. Apa yang terjadi jika pelarutnya adalah air? Pasti akan lebih lama untuk mengering dan pakaian Anda akan berbau kurang sedap karena air memiliki ambang penguapan yang lebih tinggi daripada alkohol.

Sampai saat ini, apakah Quipperian memahami bahwa menguap adalah salah satu bentuk perubahan bentuk suatu benda?