Nyatakan fungsi komponen listrik sederhana berikut,

Di bawah ini adalah pembahasan mengenai soal Sebutkan fungsi komponen kelistrikan sederhana berikut yang sudah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:8 Kursus : Bab IPA : 8

Nyatakan fungsi komponen listrik sederhana berikut,

A. Mengalihkan
B. Kabel
C. Lampu
D. Baterai

Menjawab :

Berikut ini adalah fungsi beberapa komponen listrik sederhana mengikuti:

  • Saklar memiliki fungsi memutus dan mengalirkan arus listrik.
  • Kabel memiliki fungsi untuk menghantarkan arus listrik dari satu tempat ke tempat lain.
  • Lampu memiliki fungsi sebagai sumber cahaya.
  • Baterai memiliki fungsi sebagai sumber energi atau tegangan.

Diskusi

Rangkaian listrik adalah sambungan dari beberapa perangkat listrik sederhana yang terdiri dari setidaknya satu jalur tertutup yang dapat dilalui arus. Ada berbagai jenis rangkaian listrik, salah satunya adalah rangkaian listrik sederhana. Pada rangkaian listrik sederhana ini cenderung lebih mudah dibuat dan diaplikasikan. Rangkaian listrik sederhana ini juga sederhana dalam memilih dan menggunakan komponen-komponennya. Berikut ini adalah Komponen listrik pada rangkaian listrik sederhana :

  1. resistor adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk menghambat aliran listrik. Resistor juga dikenal sebagai penghalang. Jika resistansi resistor lebih besar, aliran arus akan lebih kecil. Dan sebaliknya.
  2. Baterai merupakan komponen yang sangat penting dan harus ada. Baterai merupakan sumber energi atau tegangan sehingga suatu rangkaian dapat menghasilkan listrik.
  3. Mengalihkan adalah alat listrik yang digunakan untuk memutus dan menghantarkan arus listrik. Pada saat saklar dalam posisi on maka arus listrik akan mengalir dan sebaliknya jika saklar dalam posisi off maka arus listrik tidak akan mengalir melalui rangkaian listrik tersebut.
  4. Lampu adalah alat listrik yang memiliki fungsi sebagai sumber cahaya. Lampu akan menyala saat listrik menyala. Lampu dapat menyala jika posisi sakelar hidup atau on. Untuk dapat menyala, lampu membutuhkan baterai atau saklar.
  5. Kabel adalah sebuah alat listrik yang memiliki fungsi untuk menghantarkan arus listrik dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya adalah kabel yang dipasang antara baterai dengan lampu dan saklar. Jika sakelar hidup, maka listrik dari baterai akan dialirkan melalui kabel ke lampu sehingga dapat menyala

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain