Mengapa bangsa Indonesia melawan pasukan sekutu yang datang ke Indonesia? Menjelaskan

Di bawah ini pembahasan mengapa bangsa Indonesia melakukan perlawanan terhadap pasukan sekutu yang datang ke Indonesia? Jelaskan apa yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:5 Kursus : Ilmu Sosial Bab: Bab 4 – Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Mengapa bangsa Indonesia melawan pasukan sekutu yang datang ke Indonesia? Menjelaskan

Menjawab :

Penyebab umum rakyat Indonesia adalah berperang melawan pasukan sekutu Belanda, Inggris yang datang ke Indonesia setelah kemerdekaan adalah karena bangsa Indonesia ingin mempertahankan kemerdekaannya dari siasat pasukan sekutu Belanda, Inggris, yang justru ingin menjajah Indonesia kembali. Berikut beberapa taktik yang digunakan sekutu untuk kembali menjajah Indonesia:

  1. Memulangkan pasukan Jepang yang kalah dari Indonesia.
  2. Membebaskan warga negara Belanda dan Eropa yang menjadi tawanan perang.
  3. Kembalikan situasi di Indonesia agar bisa terkendali kembali.

Diskusi

Walaupun kekuatan militer Indonesia atas Belanda kini tidak membuat rasa dendam tetap ada dan tetap menjaga kedamaian di dunia yang ada. Nah berikut penjelasan beberapa taktik yang digunakan sekutu untuk menjajah Indonesia kembali di atas :

  1. Memulangkan pasukan Jepang yang kalah dari Indonesia. Strategi yang dilakukan Belanda dan Inggris adalah mengembalikan tentara Jepang yang telah kalah dan menjadi tawanan yang akan dikembalikan ke Jepang namun kenyataannya tidak semulus itu, Belanda terlebih dahulu masuk kembali ke wilayah Indonesia dan mulai membidik. untuk menjajah daerah yang ada melalui administrasi dan perang langsung. Maka dari sinilah Belanda, Inggris terkena perbincangan internasional dan mengalami penolakan.
  2. Membebaskan warga negara Belanda dan Eropa yang menjadi tawanan perang. Banyak tawanan perang di Indonesia pada masa pendudukan Jepang dan ketika merdeka, dari sinilah Belanda dan Inggris mengambil strategi datang ke Indonesia untuk memulai perang dari pemerintah atau langsung berperang untuk mengambil tawanan di Indonesia.
  3. Kembalikan situasi di Indonesia agar bisa terkendali kembali. Situasi setelah kemerdekaan masih labil. Hal ini terjadi karena semuanya masih sangat awal, sehingga perlu pengembangan sedikit demi sedikit. Oleh karena itu ada kesempatan bagi Belanda untuk menjajah kembali namun gagal

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain