Kumpulan contoh teks biografi dan strukturnya

Rangkaberita, apakah Anda pernah membaca cerita tentang kisah hidup seseorang? Jika demikian, itulah yang disebut teks biografi.

Secara umum, teks biografi adalah teks yang menceritakan riwayat hidup seseorang. Seseorang yang diceritakan dalam teks biografi ini dapat berupa tokoh sejarah, tokoh penting, atau tokoh terkenal.

Nah, pada artikel kali ini Anda akan mempelajari pengertian teks biografi lengkap dengan beberapa contoh teks biografi untuk menambah pemahaman Anda. Nah, baca artikel ini sampai selesai ya?

Apa itu Teks Biografi?

Teks biografi adalah teks yang menceritakan kisah hidup seseorang, mulai dari perjalanan hidupnya, peristiwa yang dialaminya, perjuangan, rintangan, hingga keberhasilan yang diraihnya dalam bentuk teks naratif objektif yang ditulis oleh orang lain. Tujuannya agar karakter ini menjadi motivasi dan panutan bagi banyak orang.

Selain itu, teks biografi juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pembaca melalui pemikiran atau cara pandang tokoh terkenal atau tokoh berprestasi, serta mengetahui kelebihan tokoh yang dapat dijadikan panutan.

Untuk membedakan teks biografi dengan teks lainnya dapat dilihat dari ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memuat informasi berdasarkan fakta dalam bentuk naratif.
  • Fakta-fakta tersebut bersumber dari pengalaman hidup tokoh-tokoh teladan.
  • Dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca.

Penulisan teks biografi ini tidak boleh sembarangan karena teks ini harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui struktur penyajian teks biografi ini.

Struktur teks biografi terdiri dari tiga bagian yaitu orientasi, kejadian atau kejadian penting, dan reorientasi.

Bagian orientasi meliputi pengenalan tokoh dan latar belakang cerita atau peristiwa yang akan diceritakan pada bagian selanjutnya. Bagian orientasi ini bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami latar belakang peristiwa yang dialami tokoh dan lebih mengenal tokoh yang diceritakan.

Pada bagian kejadian atau kejadian penting akan menceritakan peristiwa atau kejadian utama yang dialami oleh tokoh. Di bagian inilah pembaca dapat mengambil pelajaran dan contoh dari kisah hidup tokoh terkenal atau penting ini.

Sedangkan bagian reorientasi berisi kesimpulan dari rangkaian peristiwa atau peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini juga merupakan bagian penutup dari teks biografi.

Agar Anda lebih memahami tentang teks biografi ini, mari kita lihat contoh teks biografi berikut strukturnya.

Contoh Teks Biografi dan Strukturnya

Berikut adalah beberapa contoh teks biografi dan strukturnya.

Contoh teks biografi singkat Sutardji Calzoum Bachri

Selain biografi yang panjang, ada juga teks biografi pendek yang hanya menceritakan biografi tokoh secara singkat. Berikut adalah contoh teks biografi singkat Sutardji Calzoum Bachri beserta strukturnya.

Orientasi

Sutardji Calzoum Bachri lahir di Rengat, Riau 24 Juni 1941. Pendidikan terakhirnya adalah Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Sosial Politik, Universitas Padjadjaran. Ia mengikuti International Writing Program di University of Iowa, Iowa City, USA pada tahun 1974-1975 dan International Poets Festival dari Rotterdam, Belanda pada tahun 1975. Menjadi redaktur majalah Horison mulai tahun 1979.

Fenomena penting

Gelar presiden penyair tampaknya melekat pada sosok Sutardji. Hal ini tentunya karena didasari oleh signifikansi usaha Sutardji dalam dunia penyiaran di Indonesia. Berikut beberapa karyanya:

  1. O (1973)
  2. Amuk (1977) menerima hadiah puisi DKJ pada tahun 1976-1977
  3. Kapak (1979)
  4. O, Amuk Kapak (1981)

Reorientasi

Pada tahun 1979, ia menerima Penghargaan Sastra ASEAN, pada tahun 1993 menerima Hadiah Seni, dan pada tahun 1998 menerima Penghargaan Sastra Chairil Anwar.

Contoh Teks Biografi Wage Rudolf Soepratman

Teks biografi tokoh merupakan salah satu jenis biografi yang paling banyak ditemukan. Biasanya biografi ini menceritakan tentang riwayat hidup sang pahlawan. Berikut contoh teks biografi tokoh Wage Rudolf Soepratman (WR Soepratman).

Orientasi

Wage Rudolf Soepratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Jatinegara, Batavia (Jakarta). Nama ayahnya adalah Senen, Sersan di Batalyon VIII. Pada tahun 1914, Soepratman ikut kakaknya, Roekijem, ke Makassar. Di sana ia disekolahkan oleh suami Roekijem, Willem van Eldik. Ia belajar bahasa Belanda selama 3 tahun, kemudian melanjutkan e Normalschool di Makassar. Ketika dia berumur 20 tahun, dia menjadi guru di Sekolah Nomor 2. Dua tahun kemudian, dia menerima diploma Klein Ambtenaar. Ia bekerja di sebuah perusahaan dagang, kemudian pindah ke Bandung dan bekerja sebagai jurnalis.

Fenomena penting

Ia tetap bekerja sebagai jurnalis selama tinggal di Jakarta. Ia mulai tertarik dengan pergerakan nasional dan bergaul dengan banyak tokoh pergerakan. Rasa tidak senang terhadap penjajah Belanda mulai tumbuh dan akhirnya dituangkan dalam buku Perawan Desa. Buku itu disita dan dilarang oleh pemerintah Belanda.

Soepratman dipindahkan ke Sengkang, namun tak lama kemudian ia minta pergi dan kembali ke Makassar. Selama di Makassar, ia belajar musik dari kakak iparnya, Willem van Eldik, hingga mahir bermain biola dan menggubah lagu. Ia pernah membaca esai di majalah Timbul yang menantang ahli musik Indonesia untuk menggubah lagu kebangsaan. Soepratman tertantang, lalu mulai mengganti lagu. Pada tahun 1924, lagu “Indonesia Raya” lahir.

Pada bulan Oktober 1928 di Jakarta diadakan Kongres Pemuda Kedua. Kongres tersebut melahirkan Sumpah Pemuda. Pada malam penutupan kongres, 28 Oktober 1928, Soepratman memainkan lagu-lagunya secara instrumental di hadapan khalayak umum. Pada saat itulah untuk pertama kalinya lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan di depan umum. Semua orang yang hadir terkagum-kagum mendengar ini. Lagu cepat terkenal di kalangan pergerakan nasional. Saat parpol menggelar kongres, lagu “Indonesia Raya” selalu dinyanyikan. Lagu tersebut mewujudkan rasa persatuan dan keinginan untuk mandiri.

Reorientasi

Akibat menciptakan lagu “Indonesia Raya”, Soepratman selalu dikejar polisi Hindia Belanda. Ia ditangkap dan dipenjarakan di Surabaya. Soepratman meninggal pada 17 Agustus 1938 karena sakit.

Contoh Teks Biografi Diri

Teks biografi sendiri merupakan teks biografi yang menceritakan tentang riwayat hidup pengarang. Biasanya teks biografi jenis ini ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, namun ada juga yang menuliskannya dengan sudut pandang orang pertama. Ini sebuah contoh.

Orientasi

Namanya Dewi Anggraeni, lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997, merupakan anak ketiga dari lima bersaudara buah dari pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi adalah nama panggilannya, dia lahir di keluarga yang sangat sederhana, ayahnya seorang guru honorer di sebuah madrasah tsanawiyah, sedangkan ibunya bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik sepatu tidak jauh dari rumahnya. Sejak kecil ia selalu dinasihati oleh ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur ​​dan baik kepada sesama.

Saat berusia 6 tahun, ia memulai pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, kemudian setelah lulus ia melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Tasikmalaya pada tahun 2009. Setelah lulus SMP pada tahun 2012, ia mengikuti pamannya untuk tinggal di kota Bandung dan melanjutkan pendidikannya di SMA Kota Bandung.

Fenomena penting

Saat duduk di bangku kelas X SMA, ia pernah mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah di kota Bandung, dan puisinya yang berjudul “Senja di Barat Cikapundung” menjadi juara 3 dalam lomba tersebut. Tentu hal ini membuatnya senang dan semakin semangat dalam menulis, terutama puisi bertema lingkungan. Baginya, lingkungan merupakan aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah. Dewi bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Reorientasi

Saat ini ia masih duduk di bangku kelas XII SMA jurusan Bahasa. Setelah lulus, gadis hitam manis ini berencana melanjutkan kuliah Sastra Indonesia di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Contoh Teks Biografi Orang Tua

Teks biografi orang tua adalah teks yang menceritakan tentang orang tua penulis. Biasanya teks biografi ini bercerita tentang kehebatan orang tua di mata penulis. Berikut contoh yang dikutip dari Pedia Education.

Orientasi

Tidak ada orang yang lebih mencintaiku, menyayangiku, berani dan pemberani selain ayahku. Sosok tegar tersebut bernama Bagas Arya dan biasa dipanggil Bagas. Ayah saya lahir pada tanggal 17 November 1963. Ia tidak lahir dari keluarga kaya, sehingga ia tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan terpaksa bekerja saat usianya masih dua puluhan.

Fenomena penting

Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, ia berhasil menjadi pengawas sawah dan hutan. Sedangkan mayoritas penduduk desa pada saat itu berprofesi sebagai petani. Sehingga sang ayah cukup disegani oleh masyarakat saat itu. Sayangnya, setelah belasan tahun menjadi pengawas hutan, masa jabatannya berakhir dan dia tidak memiliki persiapan untuk itu. Berbagai usaha telah dicoba, namun tidak ada yang cocok dan bertahan.

Namun, bukan berarti ayah saya menyerah begitu saja dengan keadaan. Meski keadaan sudah berbalik dan tidak seperti dulu lagi, ia tetap gigih mencari pekerjaan hingga akhirnya berhasil mendapatkan beberapa pekerjaan serabutan. Meski penghasilannya tidak sebesar dulu, ayah saya tetap bersyukur masih bisa bekerja sampai sekarang. Mengingat sulitnya mendapatkan pekerjaan saat ini.

Ayah sangat mencintai keluarganya. Sudahlah memukul, hanya membentaknya jarang. Tak jarang dia juga rela bekerja sepanjang hari hanya agar aku dan adikku bisa terus sekolah. Selain penyayang, ayah juga pria yang tangguh dan kuat.

Reorientasi

Dalam hidupnya, tentu ia menemui banyak masalah, namun ia selalu dapat mengatasinya dan melewatinya. Dia selalu bisa mengucapkan kata-kata mutiara di saat aku sedih, dan rangkaian kata-kata dari mulutnya selalu mampu memotivasiku. Dan salah satu impian sang ayah adalah menyekolahkan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, sesuatu yang tidak bisa ia raih di masa mudanya.

Rangkaberita, itulah beberapa contoh teks biografi beserta strukturnya yang harus Anda pahami. Semoga artikel ini semakin menambah pemahaman Anda tentang teks biografi.

situs togel situs togel https://getnick.org/ toto togel https://seomex.org/ situs togel dentoto dentoto dentoto dentoto dentoto dentoto dentoto situs togel situs toto situs togel https://alphasignsandengraving.co.uk/ http://e-bphtb.pandeglangkab.go.id/products/