Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara

Kerjasama Indonesia dengan Negara-Negara Asia Tenggara

Pada dasarnya tidak mungkin suatu negara dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karena itu Negara Indonesia melakukan berbagai bentuk kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara. Dalam tujuan negara Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 bahwa negara ikut serta melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Oleh karena itu Indonesia sangat menghargai betapa pentingnya hubungan kerjasama dengan negara lain. Kerja sama antara negara-negara tersebut sangat penting untuk dilakukan, terutama di era globalisasi saat ini. Negara-negara di Asia Tenggara terhubung dengan baik satu sama lain dan Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara antara lain dalam bidang ekonomi, sosial budaya, politik, perdagangan, keamanan, pendidikan dan lain-lain.

Kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara antara lain

A. Kerjasama antara Indonesia dan Malaysia.

Indonesia telah menjalin beberapa kemitraan dengan Malaysia. Kerjasama yang berjalan dengan baik antara lain kerjasama di bidang kebudayaan. Misalnya, Indonesia dan Malaysia bertukar acara televisi. Dan tidak hanya dalam bentuk kebudayaan, Negara Indonesia dan Negara Malaysia juga bersinergi dalam bidang ekonomi, sosial budaya, ilmu pengetahuan, dan keamanan. Kerja sama yang dilakukan kedua negara tidak lain adalah untuk memperkuat, mengembangkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Dengan tujuan saling menguntungkan antara kedua negara di berbagai bidang lainnya, misalnya pangan, peternakan, dan lain-lain.

B. Kerjasama antara Indonesia dan Filipina.

Kerja sama kedua negara terjalin dalam beberapa ekspor-impor. Negara Indonesia mengekspor minyak bumi, baja dan aluminium ke Filipina. Sedangkan Filipina mengekspor gla dan kopra ke Indonesia. Bentuk kerjasama lainnya adalah dalam hal perikanan, pertanian, kehutanan, pendidikan dan kebudayaan. Indonesia dan Filipina akan terus mengembangkan kerja sama di bidang lain untuk mempererat hubungan kedua pihak.

C. Kerjasama antara Indonesia dan Thailand.

Kerjasama Indonesia dengan Thailand, seperti Thailand berinvestasi di Indonesia dengan hadirnya pakan ternak Thai Charon Phokpand. Kemudian kerjasama selanjutnya adalah impor beras dan gula. Indonesia dan Thailand bekerja sama di bidang lain, termasuk bidang politik, sosial, budaya, dan perikanan. Dalam hal kerja sama di bidang perikanan, kedua negara akan bekerja sama. Alasannya karena Indonesia memiliki kekayaan laut yang melimpah. Kerja sama kedua negara diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak dan dapat mempersatukan Thailand dan Indonesia.

D. Penyediaan cadangan makanan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki lumbung beras ASEAN. Tidak hanya Indonesia yang dikenal sebagai lumbung padi ASEAAN, tetapi ada juga Thailand dan Kamboja. Bentuk kerjasama ini tidak hanya saling menguntungkan kedua negara, namun ketika salah satu negara Asia Tenggara mengalami krisis pangan, Indonesia siap membantu negara-negara tersebut.

e. Kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia dan Thailand

Di bidang ekonomi dengan mewujudkan terciptanya “segitiga pertumbuhan”. Kerjasama ini berupa kerjasama yang menghasilkan kegiatan antara lain peleburan aluminium, dan investasi jasa telekomunikasi yang dilakukan oleh ketiga negara ASEAN tersebut. Kerjasama segitiga pertumbuhan ini meliputi wilayah Indonesia bagian barat dan semenanjung Malaka (untuk Negara Thailand dana untuk Negara Malaysia).

F. Kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia dan Singapura

Indonesia bekerja sama mengirimkan tenaga kerja ke negara-negara tersebut.

G. Kerjasama antara Indonesia dan Myanmar.

Indonesia memiliki perbedaan dengan Myanmar yaitu ideologi kedua negara yang berbeda. Myanmar memiliki ideologi komunis. Namun, Indonesia dan Myanmar tidak terlalu memikirkan perbedaan tersebut. Kerja sama kedua negara juga berjalan dengan harmonis dan baik. Kerja sama antara Myanmar dan Indonesia diperkuat di bidang ekonomi. Hingga saat ini, Indonesia dan Myanmar tetap menjaga kerjasama yang telah dilakukan. Ke depan, Indonesia berencana menjalin kerja sama di bidang perkeretaapian. Semoga kerjasama yang direncanakan ini dapat berjalan dengan baik, dan tentunya saling menguntungkan

H. Pendirian Pabrik Urea yang Ada di Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu kerjasama yang dilakukan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya. Pendirian pabrik tersebut merupakan milik bersama negara-negara ASEAN yang berlokasi di Nangro Aceh Darussalam. Ini adalah salah satu proyek industri bersama antara negara-negara ASEAN. Tak hanya itu, ada juga proyek industri bersama di Singapura, yakni proyek Vaksin, proyek pabrik tembaga di Filipina, proyek Abu Soda di Thailand.

Saya. Kerjasama antara Negara Indonesia dan Negara Brunei Darussalam.

Kerja sama kedua negara terjadi di beberapa bidang. Namun yang menonjol adalah bentuk kerjasama Indonesia dalam mengekspor sayuran, buah-buahan, dan pakaian jadi ke Brunei Darussalam. Kerja sama tersebut telah disepakati antara kedua belah pihak dan berjalan sebagaimana mestinya.

J. Kerjasama antara Indonesia dan Laos.

Kerja sama yang dilakukan meliputi bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Indonesia dan Laos bekerja sama dalam meningkatkan pengembangan kapasitas para diplomat. Tidak hanya itu, kerjasama lainnya adalah di bidang pertanian dan kehutanan. Indonesia dan Laos saling menjaga kerjasama yang telah disepakati kedua negara.

k. Kerjasama antara Indonesia dan Vietnam.

Kerja sama yang dilakukan kedua negara tersebut dalam beberapa bidang, antara lain bidang ekonomi, sosial, dan politik. Dan kerjasama Indonesia-Vietnam yang menonjol adalah kerjasama di bidang ekonomi, di bidang pertahanan, migas dan pariwisata. Dalam menjalankan kerjasama kedua negara, pernah diadakan pertemuan di Hanoi pada tahun 2007. Tentunya kerjasama kedua negara ini menginginkan saling menguntungkan tanpa saling merugikan.