Jenis Olahan Kepala Kambing yang Nikmat

Olahan kepala kambing bisa menjadi beragam sajian hidangan yang lezat. Daging kambing adalah salah satu jenis daging yang sudah tersebar di seluruh Nusantara dan dijadikan olahan tertentu.

Ternyata bagian kepala kambing bisa diolah dengan menggunakan banyak resep sesuai selera lidah masing-masing untuk mendapatkan rasa yang pas. Terlebih lagi Saat memasuki hari raya idul Adha tentunya olahan kepala kambing selalu dinantikan.

Olahan Kepala Kambing

1. Gulai Kepala Kambing

Pembuatan gulai kepala kambing sebenarnya tidak jauh berbeda dari gulai biasanya yang merupakan hidangan dengan tingkat fleksibilitasnya yang cukup tinggi karena bahan pembuatannya tidak terlalu rumit. Hidangan gulai berasal dari Minangkabau Sumatera Barat dan sudah dijadikan sebagai hidangan khas Indonesia yang memiliki tampilan mirip seperti kari.

Gulai kepala kambing bisa dimasak sampai warnanya benar-benar terlihat kekuningan dan memiliki cita rasa gurih dan pedas. Pilihan gulai kepala kambing dapat Anda jadikan sebagai inspirasi apabila ingin mengolah bahan kambing.

2. Kari Kepala Kambing

Kepala kambing juga bisa diolah menjadi kari yang juga mempunyai tingkat fleksibilitas cukup tinggi karena cocok dimasak dengan bahan makanan apapun. Kari adalah jenis hidangan yang cukup populer di Indonesia dan sudah banyak masyarakat lokal yang menyajikan hidangan kari dengan dimodifikasi sesuai selera.

Kari kepala kambing dapat dijadikan sebagai hidangan yang nikmat dan lezat di hari raya idul Adha karena kambing merupakan jenis hewan kurban. Pembuatan kari ini juga selalu mendapatkan popularitas tersendiri di kalangan masyarakat, terlebih jika tersedia adanya daging kambing.

3. Sop Kambing

Olahan kepala kambing juga bisa dibuat menjadi hidangan sop sebagai santapan yang lezat dan hidangan seperti ini sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Meskipun untuk membuat sop kambing ini biasanya sering menggunakan bagian daging kambing iga, akan tetapi Anda juga bisa membuatnya dari kepala kambing.

Sajian ini sangat lezat karena memiliki cita rasa kaldu yang gurih bersama tambahan rempah-rempah dan bumbu di dalamnya. Sebenarnya cita rasa sop kambing tidak jauh berbeda dari sop buntut dan sajian kuahnya sendiri berasal dari kaldu daging dengan warna yang terlihat bening kekuningan.

4. Tengkleng Kambing

Tengkleng merupakan sajian makanan tradisional dari Boyolali Jawa Tengah dengan tampilannya seperti sop yang ditambahkan tulang serta tetelan kambing untuk menjadi bahan utama pembuatannya. Akan tetapi untuk pembuatan krengsengan sendiri juga menggunakan daging dan kepala kambing hingga beberapa bagian tubuh kambing yang lain.

Proses pembuatan tengkleng kambing ini biasanya dimasak bersama bumbu-bumbu selama 2 jam supaya daging kambingnya empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam. Bumbu utama untuk membuat tengkleng kambing ini adalah kunyit yang fungsinya menghilangkan bau prengus atau amis dari kambing itu sendiri.

5. Krengsengan

Krengsengan bisa menjadi referensi untuk Anda yang nanti mendapatkan daging kambing khususnya kepala kambing saat lebaran idul Adha. Olahan kepala kambing berupa krengsengan sebagai makanan khas daging kambing yang dipotong kecil-kecil dengan ukuran 2×2 cm dan lebih terkenal di Jawa Timur, Jawa Tengah hingga kawasan Yogyakarta.

Bahan utama untuk pembuatan krengsengan ini yaitu jeroan kambing namun juga bisa menggunakan bahan kepala kambing. Hidangan yang satu ini menggunakan beberapa bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya dan untuk segi tampilan krengsengan terlihat seperti hidangan semur namun untuk krengsengan memiliki kuah yang sedikit dibandingkan dengan semur pada umumnya.