Jelaskan secara singkat alasan utama mengapa perusahaan menggunakan sistem penetapan biaya standar?

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan tersebut. Jelaskan secara singkat alasan utama mengapa perusahaan menggunakan sistem penetapan biaya standar?​ yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas: 10 Kursus: Ekonomi Bab: Bab 8.1 – Biaya Produksi, Pendapatan, Untung dan Rugi

Jelaskan secara singkat alasan utama mengapa perusahaan menggunakan sistem penetapan biaya standar?

Menjawab :

  • Alasan utama mengapa suatu perusahaan menggunakan sistem penetapan biaya standar yaitu dengan sistem boarding standar terlebih dahulu, perusahaan dapat dengan mudah merencanakan dan mengambil keputusan dengan mudah. Sehingga dengan penentuan biaya standar ini, perusahaan juga dapat menekan biaya yang akan dikeluarkan (biaya aktual), sehingga perusahaan dapat meminimalisasi biaya yang besar.
  • Apa yang menyebabkan biaya overhead tetap sangat berbeda dengan biaya overhead variabel yaitu karena kedua komponen tersebut bereaksi dengan cara yang berbeda ketika terjadi perubahan volume aktivitas. Biaya overhead tetap selalu tetap, tidak berubah berapapun volume aktivitas yang dilakukan pada setiap periode. Jadi biaya overhead standar adalah tetap setiap tahun. Sedangkan biaya overhead variabel standar bervariasi atau berfluktuasi dari waktu ke waktu. Perubahan ini bergantung pada volume aktivitas penjualan dan faktor lainnya.
  • Cara menghitung varians volume dalam suatu perusahaan yaitu dengan mengurangkan varians campuran dari kombinasi variasi campuran dan varians volume dengan rumus: Varians volume = [(total volume penjualan actual) x (persentase yang dianggarkan)] – [(penjualan yang dianggarkan) x (kontribusi per unit yang dianggarkan)].

Diskusi

Biaya standar adalah biaya produksi suatu unit atau kelompok produk selama suatu periode tertentu yang ditentukan di awal. Varian overhead variabel yaitu total varian overhead variabel adalah perbedaan antara overhead variabel aktual dan ditugaskan. Varian overhead tetap yaitu total varians overhead tetap adalah perbedaan antara overhead tetap aktual dan overhead tetap tetap, overhead tetap diperoleh dengan mengalikan tarif overhead tetap standar dengan jam kerja standar yang diizinkan untuk output aktual.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain