Jelaskan pengertian flowchart | Blog Avatar

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Jelaskan arti dari flowchart yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas: 10 Kursus: TIK Bab : Bab 6 – Mengenal Pemrograman Komputer

Jelaskan pengertian flowchart!

Menjawab :

  • Flow chart sendiri dapat didefinisikan dengan menggambarkan secara grafis tahapan atau urutan penyelesaian masalah dengan menggunakan seperangkat simbol.
  • 5 jenis jenis flowchart diantara yang lain: Bagan alir sistem atau bagan alir sistem dapat didefinisikan dengan bagan yang menunjukkan proses atau tahapan kerja dalam sistem yang sedang berlangsung secara keseluruhan. Bagan alir dokumen atau bagan alir formulir dapat didefinisikan dengan flowchart yang menggambarkan proses laporan dan formulir lengkap dengan salinannya. Bagan alir skematis atau bagan alir skematik dapat didefinisikan dengan suatu bagan yang digunakan untuk menggambarkan tahapan atau proses dalam sistem tetapi terdapat perbedaan penggunaan simbol dalam menggambarkan aliran pada setiap bagan alir. Flowchart program atau bagan alir program dapat didefinisikan dengan flowchart yang menggambarkan tahapan dalam proses suatu program untuk memudahkan analis sistem dan programmer dalam memahami suatu program. Process Flowchart atau diagram alir proses dapat didefinisikan dengan flowchart/bagan yang berfungsi untuk melihat prosedur dalam suatu proses produksi dan digunakan untuk melihat jarak dari satu tahap ke tahap lainnya, lengkap dengan waktu pengerjaan yang diperlukan.
  • Dan berikut ini lampiran gambar mengenai 16 simbol flowchart dan fungsinya.

Diskusi

Setiap simbol flowchart mewakili aktivitas tertentu. Flowchart ini merupakan cara penyajian algoritma program, juga dapat digunakan untuk membuat infografis.

Fungsi flowchart Ini untuk menganalisis, merancang, mendokumentasikan, dan mengelola suatu proses atau program. Flowchart sendiri sangat membantu para programmer dalam membuat sebuah program.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain