Hasil kebudayaan zaman Neolitikum dan fungsinya

Di bawah ini adalah pembahasan mengenai hasil kebudayaan neolitik beserta fungsinya yang telah terjawab dan terverifikasi Kelas:10 Kursus : Sejarah Bab: Bab 3 – Indonesia pada Zaman Pra-Aksara: Awal Kehidupan Manusia Indonesia

Hasil kebudayaan zaman Neolitikum dan fungsinya

Menjawab :

Ini beberapa produk budaya pada zaman neolitik dan fungsinya :

  1. Budaya kapak persegi. Kapak persegi ini memiliki fungsi umum untuk mencangkul mengolah tanah dan bekerja atau memotong kayu. Kapak ini terdapat di berbagai daerah di Indonesia seperti Bogor, Sumatera hingga Jawa.
  2. Budaya kapak lonjong. Kapak ini umumnya berfungsi untuk menebang pohon. Kapak ini berasal dari batu-batuan yang dibentuk menjadi kapak berbentuk lonjong, itulah yang membuat kapak ini tajam dan memiliki kekuatan untuk menebang pohon dalam jangkauan yang panjang dan bentuknya relatif.
  3. Kapak batu kalsedon. Kapak batu ini pada umumnya digunakan untuk keperluan keagamaan, perhiasan, jimat untuk tanda tangan seorang pasien. Kapak ini berasal dari batu kalsedon yang biasanya digunakan pada saat-saat keagamaan, batu ini berasal dari batu api.

Zaman Neolitikum atau zaman batu muda merupakan zaman dimana manusia mulai menggunakan batu untuk dihaluskan untuk keperluan tertentu.

Diskusi

Zaman batu muda memiliki ciri-ciri tertentu. Jadi inilah ciri-cirinya:

  1. Banyak alat batu yang sudah diasah. Pada masa ini banyak batu yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari mulai dari berburu hewan, menyembelih hewan hingga menanam tumbuhan. Maka dari itu pentingnya alat-alat batu sudah lama digunakan oleh manusia sampai sekarang.
  2. Tempat tinggal manusia diselesaikan. Tidak lagi bergantung pada kesuburan tanah, pada zaman batu tua banyak alat-alat batu yang digunakan untuk mencari binatang dan membentuk tanah. Begitu banyak orang dari era ini sudah mulai menetap.
  3. Mulailah bercocok tanam dan beternak. Pada masa ini banyak manusia mulai pentingnya bercocok tanam untuk produksi kesejahteraannya dalam jangka panjang

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain