Bagaimana penerapan ergonomi saat menggunakan komputer?

Di bawah ini adalah pembahasan terkait bagaimana penerapan ergonomi pada saat menggunakan komputer? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:7 Kursus : TIK Bab: Bab 5 – Mengoperasikan Komputer dengan Prosedur yang Benar

Bagaimana penerapan ergonomi saat menggunakan komputer?

Menjawab :

Berikut adalah beberapa penerapan ergonomi saat menggunakan komputer:

  1. Posisikan pandangan sejajar saat melihat layar monitor.
  2. Duduklah dengan posisi tegak yang nyaman menggunakan kursi yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda.
  3. Jangan duduk di depan komputer terlalu lama dan istirahatkan tubuh Anda dalam jarak tertentu.
  4. Siku harus nyaman dan memiliki penyangga.

Ergonomi adalah aturan tentang pekerjaan atau yang berkaitan dengan sesuatu yang dikerjakan tetapi harus dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada.

Diskusi

Penggunaan komputer dan laptop dalam kehidupan sehari-hari untuk bekerja merupakan salah satu hal penting guna menghasilkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dari hal tersebut tentunya ada aturan penting penggunaan komputer dalam waktu lama agar tidak terjadi kerusakan pada tubuh. Nah berikut penjelasan beberapa penerapan ergonomi saat menggunakan komputer diatas :

  1. Posisikan pandangan sejajar saat melihat layar monitor. Monitor merupakan bagian penting dalam penggunaan komputer, oleh karena itu pandangan komputer harus dijaga dari jarak jauh dan cahaya yang cukup untuk mata dan disarankan untuk menggunakan kacamata UV dan radiasi untuk mencegah mata panas dan pegal. Maka dari itu penting untuk mengatur jarak pandang mata dalam jarak jauh agar kesehatan mata tetap terjaga.
  2. Duduklah dengan posisi tegak yang nyaman menggunakan kursi yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Posisi duduk sangat penting yang akan berdampak pada kesehatan tulang bungkuk atau tidak, dari hal tersebut sebaiknya membentuk posisi tubuh yang tegak namun nyaman agar tulang tetap dalam posisi yang baik. Maka dari itu penting untuk mengatur posisi tegak dalam duduk.
  3. Jangan duduk di depan komputer terlalu lama dan istirahatkan tubuh Anda dalam jarak tertentu. Menggunakan komputer selama berjam-jam tidak baik untuk kesehatan, jadi sebaiknya gunakan komputer dengan hemat.
  4. Siku harus nyaman dan memiliki penyangga. Siku merupakan sandaran penting agar tangan tetap nyaman saat menggunakan komputer

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain