Bagaimana menanamkan etika lingkungan dan kepada siapakah penanaman etika lingkungan itu harus diberikan?

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan bagaimana menanamkan etika lingkungan dan kepada siapa penanaman etika lingkungan itu harus diberikan? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:10 Kursus: Sosiologi Bab: Bab 2 – Nilai dan Norma Sosial

Bagaimana menanamkan etika lingkungan dan kepada siapakah penanaman etika lingkungan itu harus diberikan?

Menjawab :

Mengikuti jawaban dari pertanyaan di atas:

  1. Cara umum menanamkan etika dalam lingkungan adalah dengan memberikan bimbingan pendidikan kepada orang-orang disekitarnya untuk peduli terhadap lingkungan, seperti keluarga menanamkan perilaku pada anggotanya untuk menjaga kebersihan dan guru mengajarkan siswanya untuk membersihkan dengan benar.
  2. Penanaman etika lingkungan dapat diberikan kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari anggota keluarga sendiri, pelajar hingga anggota masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Berikut adalah beberapa unsur etika lingkungan:

  1. Pentingnya peran keunggulan etika dalam perilaku dalam menjaga lingkungan.
  2. Perilaku etis normatif ada untuk menjaga kearifan lingkungan.
  3. Tujuan untuk lingkungan itu sendiri dengan baik.
  4. Memiliki ciri etika lingkungan dari partisipasi hingga tanggung jawab.

Diskusi

Dalam etika lingkungan menjadi salah satu pandangan penting terhadap kesejahteraan alam sekitar yang akan berdampak baik bagi kesehatan diri sendiri maupun masyarakat. Kemudian berikut adalah penjelasan dari beberapa unsur etika lingkungan di atas:

  1. Pentingnya peran keunggulan etika dalam perilaku dalam menjaga lingkungan. Lingkungan hidup memegang peranan penting dalam kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang, hal ini terjadi karena adanya timbal balik yang harus dijaga agar manusia dapat memperoleh kehidupan dan sumber pangan yang baik, dan alam juga membutuhkan kehidupan agar terpelihara dengan baik. . Oleh karena itu peran penting etika keunggulan dalam menjaga lingkungan.
  2. Perilaku etis normatif ada untuk menjaga kearifan lingkungan. Kearifan lokal merupakan cerminan penting guna tercapainya kesejahteraan masyarakat yang baik, dari menjaga alam dan budaya sekitarnya akan berdampak pada kesejahteraan lingkungan melalui etika normatif perilaku yang ada.
  3. Tujuan untuk lingkungan itu sendiri dengan baik. Pentingnya menjaga lingkungan dari kerusakan, maka peran manusia sebagai makhluk berakal menjadi penting dalam menjaga anugerah alam dari Tuhan ini.
  4. Memiliki ciri etika lingkungan dari partisipasi hingga tanggung jawab. Etika lingkungan ada karena ada partisipasi terhadap tanggung jawab penting untuk mencapai kesejahteraan sosial dan lingkungan jangka panjang.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain