asas wawasan nusantara yang menyatakan adanya kesesuaian pembagian hasil dengan jerih payah yang adil dan kegiatan baik perseorangan, golongan, kelompok maupun daerah adalah

Di bawah ini adalah pembahasan terkait asas wawasan nusantara yang menyatakan adanya kesesuaian pembagian hasil secara adil dan kegiatan individu, kelompok, kelompok dan daerah telah terjawab dan terverifikasi untuk Kelas: 6 Kursus:PPKn Bab: 2

asas wawasan nusantara yang menyatakan adanya kesesuaian pembagian hasil dengan jerih payah yang adil dan kegiatan baik perseorangan, golongan, kelompok maupun daerah adalah

Menjawab :

Asas yang berisi tentang pembagian hasil secara adil antara orang dan kelompok adalah prinsip keadilan. Berikut beberapa prinsip wawasan nusantara:

  1. Minat yang sama.
  2. Kejujuran.
  3. Solidaritas.
  4. Kerja sama.

Diskusi

Prinsip wawasan nusantara adalah ketentuan tertentu yang memuat dasar-dasar penting yang harus dipatuhi hingga dipertahankan karena dibuat oleh bangsa Indonesia sendiri. Maka berikut adalah penjelasan dari beberapa prinsip wawasan nusantara di atas:

  1. Minat yang sama. Atas asas kesamaan kepentingan yang mengandung tujuan yang sama oleh suatu bangsa untuk mencapai kemerdekaan kemerdekaan, hal ini terjadi karena Indonesia pernah dijajah oleh banyak bangsa sehingga perlu mengutamakan kepentingan bersama untuk melawan penjajah. Oleh karena itu, pentingnya kepentingan bersama untuk menghilangkan keegoisan satu sama lain sehingga dapat mencapai harapan suatu negara dalam jangka panjang.
  2. Kejujuran. Kejujuran menjadi landasan penting karena menghasilkan tindakan yang sesuai dengan fakta dan peraturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan berbagai kerugian atau informasi jangka panjang di masyarakat. Maka dari sinilah pentingnya kejujuran dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Solidaritas. Pada asas solidaritas terdapat sikap rendah hati, mau bekerja sama satu sama lain, mencapai kerja sama antara individu dan kelompok dalam jangka panjang, besar dan kecil, sehingga kerjasama jangka panjang menjadi penting dalam masyarakat bernegara.
  4. Kesetiaan. Loyalitas merupakan landasan penting bagi suatu masyarakat agar tidak mengkhianati negaranya sendiri dalam menjalankan tugasnya menuju masyarakat yang baik.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain