8 Contoh Teks Eksposisi Berbagai Tema Beserta Strukturnya

Apa itu teks eksposisi? Teks eksposisi adalah teks nonfiksi yang menjelaskan sebuah informasi atau pengetahuan secara singkat, padat, akurat, dan jelas disertai dengan pendapat penulis.

Penulis teks eksposisi ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena pendapat yang diungkapkan harus disertai dengan fakta yang sesuai dengan di lapangan sehingga lebih meyakinkan pembaca.

Agar lebih jelas, mari simak beberapa contoh teks eksposisi beserta strukturnya berikut ini. 

Apa Itu Teks Eksposisi? 

Sebelum kita masuk ke pembahasan contoh teks eksposisi, yuk kita bahas dulu pengertian teks eksposisi, struktur, ciri, dan lainnya. 

Jadi, teks eksposisi adalah jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang berisi penjelasan mengenai suatu informasi atau pengetahuan secara singkat, padat, jelas, dan akurat disertai dengan pendapat dari penulis. Teks ini bertujuan untuk menjelaskan suatu isu atau permasalahan tertentu secara rinci kepada pembaca. 

Harapannya, setelah membaca teks eksposisi ini, pengetahuan dan wawasan pembaca mengenai suatu isu atau permasalahan menjadi lebih luas. Selain itu, pembaca juga mendapatkan sudut pandang baru mengenai suatu isu atau permasalahan tertentu. 

Teks ini memiliki ciri-ciri tersendiri yang menjadikannya berbeda dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya, yaitu:

  • Terdapat penulisan yang menjelaskan isu, permasalahan, atau kejadian secara objektif dan netral (tidak memihak).
  • Memiliki gaya penyampaian yang lugas dan menggunakan bahasa baku. 
  • Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan.
  • Tidak mengandung unsur subjektif dan emosional, serta tidak membangkitkan emosi pembaca. 
  • Bersifat informatif dan setiap objek dijelaskan secara detail.
  • Tidak memaksa pembaca untuk mengikuti kemauan penulis. 

Penulisan teks eksposisi tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena harus sesuai dengan struktur penulisannya. Berikut struktur teks eksposisi. 

  • Pernyataan pendapat (tesis), merupakan bagian di mana penulis mengemukakan gagasan, ide, opini, pikiran, anggapan, atau argumentasi tanpa dipengaruhi pihak manapun. 
  • Argumentasi, merupakan bagian pada teks eksposisi yang mengandung unsur penjelas untuk mendukung tesis atau pendapat yang disampaikan.
  • Penegasan ulang pendapat, merupakan bagian di mana penulis menegaskan kembali pendapat awalnya disertai dengan rekomendasi atau saran. 

Selaim struktur, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis teks eksposisi agar lebih mudah saat ingin menulis teks ini. Ada tujuh jenis teks eksposisi, yaitu eksposisi definisi, pertentangan, ilustrasi, berita, perbandingan, proses, dan laporan. 

Contoh Teks Eksposisi beserta Strukturnya

Agar kamu semakin paham dengan teks ini, simak beberapa contoh teks eksposisi beserta strukturnya berikut ini, ya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Covid-19

Mencuci Tangan Dengan Sabun Efektif Cegah Covid-19

Pernyataan pendapat

Sabun memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan kemudian membunuh berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit. 

Dengan hadirnya kandungan tersebut, maka sabun juga efektif untuk membunuh virus Corona (COVID-19). 

Argumentasi 

Salah satu gejala virus Covid 19 yang dialami para korban terinfeksi adalah sesak nafas. 

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin, maka dapat meminimalisir masuknya virus ke dalam saluran pernapasan melalui tangan. Sehingga bisa mencegah virus masuk dan merusak saluran pernafasan. 

Bahkan seorang ahli, Dr. Dan Corbett dari Queen’s School of Chemistry and Chemical Engineering menjelaskan bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membunuh virus Covid 19.

Beliau menjelaskan bahwa struktur sabun terdiri dari susunan gabungan antarmolekul yang bentuknya pin. Terdapat kepala hidrofilik yang mudah terikat dengan air pada masing-masing pin tersebut. 

Dan juga ekor hidrofobik yang bersifat lebih menghindari air dan lebih terhubung dengan lemak atau minyak. 

Susunan molekul-molekul ini akan mengapung secara bergantian sebagai unit soliter ketika mereka tersuspensi di dalam air.

Selanjutnya kumpulan molekul itu akan berinteraksi dengan molekul lain sehingga membentuk gelembung-gelembung kecil (misel). 

Gelembung-gelembung tersebut mempunyai kepala yang mengarah ke luar dan ekor yang terselip di dalam. 

Virus merupakan partikel berukuran nano yang mempunyai kelemahan berupa lipid bilayer (lemak).

Sabun mempunyai kemampuan untuk melarutkan membran lemak. Sehingga virus akan hancur dan mati atau lebih tepatnya tidak aktif karena kandungan lemak dalam sabun tersebut.

Hal tersebut juga berlaku untuk virus Covid 19. Maka bisa disimpulkan bahwa cara kerja sabun ampuh untuk menonaktifkan virus Covid 19.

Penegasan ulang pendapat

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa sabun berkemampuan mematikan (menonaktifkan) virus Covid 19 atau Corona. 

Cukup cuci tangan menggunakan air mengalir dan gunakan sabun ke seluruh bagian tangan. Dan pastikan minimal cuci tangan selama 20 detik. 

Cara tersebut sudah ampuh untuk menonaktifkan virus dan bakteri yang ada di tangan sehingga dapat mencegah masuknya virus Covid 19 ke dalam tubuh.

Contoh Teks Eksposisi Definisi tentang Pembelajaran Daring

Pendidikan di Masa Pandemi

Pernyataan pendapat

Pandemi COVID-19 yang berlangsung mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasanya berjalan secara langsung atau tatap muka harus berhenti. Kegiatan belajar mengajar pun akhirnya berganti dengan proses pembelajaran daring atau online dari rumah masing-masing.

Namun, kenyataannya terdapat banyak kendala dan masalah yang dihadapi siswa maupun guru ketika melaksanakan proses pembelajaran daring. Masalah dan kendala tersebut tentu saja membuat proses belajar mengajar berjalan kurang efektif dan efisien.

Argumentasi

Banyak kendala dan masalah yang dikeluhkan oleh guru, siswa, maupun orang tua ketika pembelajaran daring dimulai di masa pandemi. Masalah paling utama yang sering dihadapi adalah kendala jaringan internet. Hal ini karena masih banyak daerah di Indonesia yang tidak dapat mengakses internet dengan lancar.

Selain itu, keterbatasan fasilitas yang dimiliki para siswa atau orang tua juga menjadi salah satu permasalahan. Kenyataannya banyak siswa yang tidak memiliki HP, laptop, atau komputer. Beberapa siswa juga mengeluhkan tidak dapat memahami materi pembelajaran dengan baik yang disampaikan melalui media digital.

Hal ini karena mereka lebih terbiasa mendapat penjelasan secara langsung dari guru. Selain beberapa kendala dan masalah tersebut, kenyataannya masih banyak hambatan lain yang membuat pembelajaran daring tidak efektif dilakukan.

Oleh karena itu, diperlukan tindakan nyata untuk mengatasi setiap permasalahan pembelajaran dari selama masa pandemi COVID-19 ini. Tindakan perbaikan proses pembelajaran daring harus diupayakan oleh semua pihak, baik itu pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan para siswa.

Penegasan ulang pendapat 

Proses pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19 memiliki banyak kendala, masalah, dan tantangan. Proses pembelajaran daring pun berjalan kurang efektif dan efisien. Diperlukan tindakan perbaikan yang nyata untuk setiap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran daring. Peran seluruh pihak diperlukan untuk mewujudkan perbaikan pembelajaran daring.

Contoh Teks Eksposisi 3 Paragraf tentang Sekolah

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Pernyataan pendapat

Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

Argumentasi

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

Penegasan ulang pendapat

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

Contoh Teks Eksposisi Proses tentang Alam

Proses Hujan

Pernyataan pendapat

Hujan merupakan salah satu contoh proses presipitasi. Hujan juga termasuk ke dalam salah satu bentuk proses siklus hidrologi. 

Argumentasi

Proses hujan terjadi dimulai dari proses evaporasi di mana sinar matahari membawa energi panas.

Kemudian dalam proses ini, air yang ada di bumi (sungai, danau, atau laut) menguap karena meningkatnya suhu dari sinar matahari. 

Selanjutnya menghasilkan uap air. Melalui proses kondensasi, uap air akan terangkat ke udara. 

Setelah proses kondensasi selesai, akibat suhu di sekitar uap air lebih rendah daripada titik embun air maka uap air tadi berubah menjadi embun. 

Suhu udara yang semakin meningkat membuat titik embun semakin banyak hingga terbentuklah sebuah awan. 

Penegasan ulang pendapat

Begitulah proses terjadinya hujan mulai dari awal sampai menjadi awan dan kembali turun ke bumi sebagai air. 

Saat musim kemarau tiba, air kembali menguap dan menjadi awan. Demikian siklus hujan.

Contoh Teks Eksposisi Berita tentang Banjir

Jakarta Kota yang Rawan Banjir

Pernyataan pendapat

Pada bulan Februari tahun 2016 merupakan puncaknya musim hujan. Pada saat ini terdapat beberapa wilayah Jakarta yang mulai menggenangkan air atau banjir saat terjadi hujan. Oleh karena itu, warga harus tetap siap menghadapi banjir jika terjadi, terlebih untuk masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

Argumentasi

Berdasarkan data Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, terdapat sekitar 134 RW yang harus waspada menghadapi banjir yang akan datang. Wilayah tersebut merupakan 34 wilayah kelurahan yang tersebar di Jakarta, khususnya Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Beberapa wilayah diantaranya adalah, kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bukit Duri, Kelurahan Srengseng Sawah, Cipinang Melayu, Kelurahan Cawang, Kelurahan Rajawati, Kelurahan Bidara Cina, dan Kelurahan Pondok Labu yang diketahui mengalami terendam air dengan tinggi sekitar 10-50 cm saat hujan deras terjadi pada hari Minggu, 14 Februari 2016

Setelah itu, permasalahan ini direspon jajaran Musyawarah Pimpinan Kota (Muspikot) Jakarta Timur. Apel siaga banjir dilakukan sebagai langkah upaya mengantisipasi musim hujan pada tahun ini. Apel ini dilakukan di halaman parkir PGJ Jatinegara. Muspikot juga mengirimkan sekitar 347 personel dari jajaran Polresta Jakarta Timur, BPDB DKI Jakarta, Kodim 0505, dan Satpol PP Jakarta Timur untuk menghadapi bencana banjir.

Penegasan ulang pendapat

Segala perlengkapan bencana siaga banjir juga diperlihatkan dalam kegiatan apel tersebut. Diantaranya seperti, 2 kano, 2 kayak, 2 perahu karet dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi tentang Kesehatan

Efek Demam Panggung

Pernyataan Pendapat

Setiap orang pasti pernah merasakan gugup atau grogi saat tampil di hadapan banyak orang. Hal itu dikenal dengan “demam panggung”.

Fenomena demam panggung seperti ini biasa terjadi sebab seseorang tidak terbiasa tampil di hadapan publik. Maka nantinya akan muncul perasan jika apa yang disampaikan akan terasa salah sehingga membuat perasaan seakan ditertawakan orang.

Perasaan takut itu akan muncul juga disebabkan akan rasa kurangnya percaya diri. Oleh karena itu, kalian harus bisa menguasai serta mengalahkan efek demam panggung.

Argumentasi

Efek yang disebabkan dari demam panggung pada umumnya, yaitu badan terasa lemas pada saat berbicara maupun ketika melakukan pertunjukkan di hadapan umum.

Lalu suasana hati berdebar-debar serta wajah nampak pucat. Walau sebelumnya kita sudah mempersiapkan hal semua secara matang karena terkena demam panggung maka konsentrasi akan pecah dan terganggu.

Apabila diilustrasikan secara sederhana, apa pun yang akan kita lakukan akan terasa salah sebab efek dari demam panggung satu ini.

Solusinya yaitu dengan cara membuat tubuh terasa serileks mungkin. Tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan secara perlahan.

Hal tersebut akan membuat oksigen masuk ke otak serta membuatnya dapat bekerja lebih baik yang akan membuat konsentrasi tetap terjaga.

Bayangkan saja jika semua orang yang ada di hadapan itu adalah teman serta mereka akan senang mendengar kalian berbicara. Jika kalian merasa takut untuk menatap mereka, kalian lihat pada bagian dahinya saja.

Penegasan ulang pendapat

Dengan membuat tubuh kalian terasa serileks mungkin, hal tersebut akan membantu dalam menguasai sera mengelola efek dari demam panggung.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan tentang Pendidikan

Perbandingan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Pernyataan pendapat

Ilmu pengetahuan alam adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang bermacam-macam objek empiris yang berada pada alam semesta dan isinya. 

Tak hanya mempelajari makhluk hidup, ilmu pengetahuan alam juga mempelajari komponen alam dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan seperti perubahan musim, hujan dan proses perubahan siang-malam.

Sementara itu, ilmu pengetahuan sosial adalah cabang ilmu yang mempelajari hubungan, pola dan kehidupan manusia. 

Ilmu ini mempelajari hubungan antarmanusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. 

Argumentasi 

Kedua bidang ilmu pengetahuan ini mempunyai perbedaan masing-masing sehingga tak dapat disatupadukan. Hal tersebut disebabkan karena objek ilmu alam dan objek ilmu sosial tidak sama. 

Material objek di dalam ilmu pengetahuan alam merupakan seluruh kehidupan dalam alam semesta beserta proses perkembangan dan pertumbuhan yang ada di dalamnya.

Sedangkan material objek ilmu sosial merupakan tingkah laku dan tindakan manusia yang khas, bebas dan tak deterministik. 

Penegasan ulang pendapat 

Perbedaan antara ilmu pengetahuan alam dan sosial terletak pada bagian prosedur ilmiah. 

Ilmu pengetahuan alam mempelajari hal-hal yang bersifat objektif, dunia fisik dan tidak hidup sehingga tidak akan mengalami perubahan dalam periode waktu tertentu. 

Sementara ilmu pengetahuan sosial merupakan hasil pemikiran manusia, emotif dan subjektif. 

Meski begitu kedua cabang ilmu tersebut sama-sama penting dan mempunyai manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Analisis tentang Lingkungan

Penyebab Tanah Longsor

Pernyataan pendapat

Tanah longsor merupakan proses terjadinya perpindahan material dalam pembentukan lereng yang berupa tanah, bahan rombakan, bahan batuan. Proses tersebut bergerak ke bawah maupun keluar lereng. Tanah longsor termasuk salah satu bencana alam yang berdampak buruk bagi kehidupan di sekitarnya.

Argumentasi

Beberapa faktor terjadinya tanah longsor penyebabnya dari faktor manusia dan faktor alami. Perubahan musim dari kemarau ke musim hujan adalah salah satu faktor alami penyebab tanah longsor. Saat musim kemarau tiba tanah menjadi kering karena proses penguapan. Hal ini menyebabkan keluarnya pori-pori tanah. Lalu, saat hujan turun, air mulai masuk ke dalam retakan hingga terjadilah longsor. Terdapat pula beberapa faktor non alami karena perbuatan manusia. Misalnya, adanya beban tambahan di bagian lereng dan beban kendaraan yang membuat gaya dorong semakin besar. Tanah lorong sering kita jumpai di daerah gundul karena fungsi penyerapan air yang mengalami kerusakan. 

Penegasan ulang pendapat

Bencana tanah longsor merugikan makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Hal ini juga disebabkan oleh faktor manusia dan faktor alami. Faktor dari alam, seperti pergantian musim, lereng yang terjal dan batuan yang kurang kuat. Sedangkan faktor manusia, seperti pembuangan sampah, beban tambahan tanah akibat kendaraan dan bangunan. Oleh karena itu, kita harus mencegah terjadinya bencana alam dengan mengurangi faktor yang disebabkan oleh manusia.