10 Contoh Teks Diskusi Singkat Berbagai Tema Lengkap dengan Strukturnya

Rangkaberita pasti sudah pernah mempelajari materi teks diskusi di sekolah, bukan? Namun, buat kalian yang masih bingung mengenai teks diskusi. Berikut beberapa contoh teks diskusi beserta strukturnya, untuk membantu kalian lebih mudah memahami teks diskusi.

Apa yang dimaksud teks diskusi?

Teks diskusi adalah teks yang menyediakan informasi dan opini terhadap sebuah isu, yang dapat dilihat dari dua sudut pandang yang berimbang (pro dan kontra), sehingga menjadi bahan diskusi atau debat. Adapun ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan teks diskusi secara umum sebagai berikut.

Ciri-ciri Teks Diskusi

  • Strukturnya terdiri dari isi, argumen pendukung, argumen penentang, dan kesimpulan.
  • Memuat informasi yang bersifat informatif-argumentatif.
  • Menggunakan kata hubung perlawanan, seperti tetapi, sedangkan, dan sebagainya.

Struktur Teks Diskusi

  • Isu, yaitu bagian pembuka yang memuat isu (masalah) untuk didiskusikan.
  • Argumen yang mendukung (pro) pernyataan terkait topik diskusi.
  • Argumen yang menentang (kontra), yaitu bagian yang memutar bukti, alasan, dari argumen pendukung.
  • Kesimpulan/saran, yaitu pandangan akhir berupa jalan tengah dari isu yang dibahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

  • Menggunakan istilah-istilah umum terkait dengan topik diskusi.
  • Menggunakan kata hubung yang menunjukkan suatu perlawanan, seperti sedangkan, tetapi, namun, bukan … melainkan, tidak … tetapi, dan akan tetapi.
  • Menggunakan kalimat yang mendukung atau menolak argumen, seperti:
  • Saya sependapat dengan ….
  • Pendapat Saudara kurang relevan karena…, sehingga saya tidak setuju.
  • Menggunakan kalimat pernyataan.
  • Terdapat kohesi leksikal dan kohesi gramatikal.
  • Menggunakan modalitas.

Untuk penjelasan selengkapnya, Rangkaberita bisa membaca artikel tentang Teks Diskusi di Quipper Blog.

Contoh teks diskusi beserta strukturnya

Contoh teks diskusi tentang kesehatan

Kebiasaan Minum Teh, Baik atau Tidak Baik?

Isu

Kebiasaan minum teh telah dilakukan dan ada sejak dulu. Bahkan, hingga menjadi bagian wajib dari sebuah tradisi.

Biasanya, teh akan disajikan ketika ada tamu, menjadi bagian dari sarapan pagi, dan sebagai minuman untuk bersantai pada malam hari. Teh telah dikenal sejak 5000 tahun lalu dan dinyatakan khasiatnya, bahwa dengan meminum teh dapat menaikkan kekebalan tubuh.

Argumen Pendukung

Teh merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Aroma dan cita rasanya yang khas lah, yang menjadikan minuman ini sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat. Meskipun banyak manfaat dari meminum teh, tapi kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan.

Beberapa kandungan aktif pada teh yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang berperan membantu memperkuat daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung. Kemudian ada pula kandungan ß-carotene (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4, dua mg/L) yang berfungsi membantu pencegahan tumbuhnya karies pada gigi, juga dapat memperkuat gigi.

Argumen Penentang

Di balik manfaat-manfaat tersebut, kebiasaan minum teh yang rancu juga memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Kafein yang terdapat dalam teh jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengakibatkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Selain itu, kafein juga memiliki sifat ketergantungan, sehingga tubuh akan merasa tidak fit jika tidak mengkonsumsinya.

Pada seorang ibu yang tengah menyusui, kafein dapat menghipnotis kelenjar ASI, yang kemudian merusak kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat kafein yang tersalur ke dalam tubuh bayi pun dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral pada teh juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Kesimpulan

Adapun rekomendasi cara mengonsumsi teh yang sehat, adalah dengan maksimal konsumsi sebanyak lima cangkir berukuran 200 ml setiap hari. Sebab, jumlah tersebut masih termasuk dalam batas normal kadar kafein yang bisa dikonsumsi, yaitu setara 750 mg/ hari.

Usahakan juga untuk menyeduh teh menggunakan air yang tidak terlalu panas dan tidak dibubuhi terlalu banyak gula, agar tidak merusak zat-zat yang dikandung teh dan menghilangkan manfaatnya. Terakhir, hindarilah meminum teh ketika perut kosong, karena bisa menaikkan produksi asam lambung, sehingga berpengaruh pada pencernaan dan memicu kambuhnya penyakit maag bagi pengidap penyakit tersebut.

Contoh teks diskusi tentang Pendidikan

Perlukah Seragam Sekolah?

Isu

Penggunaan seragam sekolah menjadi topik diskusi terhangat antara orang tua dan pengelola sekolah. Tak sedikit pula masyarakat yang memperdebatkan manfaat seragam sekolah, dan sebagian mempercayai kerugian yang jauh lebih banyak dari penggunaan seragam sekolah.

Argumen Pendukung

Pada pihak-pihak pendukung, mereka berpendapat bahwa seragam sekolah bisa mengurangi adanya tekanan pada anak dari teman sebayanya. Seragam juga dapat memberikan jalan keluar bagi anak-anak miskin, agar tidak menerima ejekan dari anak-anak yang hidupnya serba berkecukupan. Selain itu, seragam pun terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dirawat.

Argumen Penentang

Sementara itu, pihak-pihak yang kontra terhadap penggunaan seragam sekolah berpendapat, bahwa seragam sekolah bisa menghalangi pengekspresian diri melalui pakaian. Menggunakan seragam sama saja memaksa anak-anak mencari cara lain untuk menempatkan diri tentang siapa mereka. Ekspresi diri dan individualitas merupakan dua hal penting untuk perkembangan anak.

Kesimpulan

Seiring penerapan konsep Manajemen Berbasis Sekolah, ada kecenderungan sekolah negeri mulai menentukan kebijakan seragam sekolahnya masing-masing. Berseragam atau tidak berseragam memang menjadi pilihan. Hal yang terpenting adalah potensi siswa dapat dikembangkan secara optimal, sehingga mampu menunjukkan prestasi dalam proses pendidikannya.

Contoh teks diskusi tentang lingkungan

Kebersihan Lingkungan Tanggung Jawab Siapa?

Isu

Lingkungan merupakan sumber daya alam paling penting bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Oleh sebab itu, tanpa lingkungan yang terjaga dan terawat, maka tidak akan ada sebuah kehidupan.

Namun, masih banyak orang yang tidak paham cara melestarikan lingkungannya, sehingga lingkungan menjadi kotor dan kumuh. Kemudian memicu alasan-alasan, seperti tidak adanya fasilitas pengangkut sampah dan tempat pembuangan sampah yang belum jelas. Dengan demikian, permasalahan kebersihan lingkungan sampai sekarang masih menuai perdebatan karena banyak warga yang membuang sampah di jalan dan sungai.

Argumen Pendukung

Orang-orang yang membuang sampah di jalan dan sungai dikarenakan mereka tidak memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungannya. Hal itu terlihat dari pernyataan mereka yang selalu mengatakan tidak adanya fasilitas yang mendukung kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Selain itu, mereka juga tidak paham dengan konsep kebersihan merupakan sebagaian dari iman. Akibatnya, mereka tidak merasa bersalah saat membuang sampah di mana saja, dengan mengatakan kalau semua ini tanggung jawab pemerintah, dan bukan kita sebagai warga.

Argumen Penentang

Sementara itu, masyarakat yang turut menjaga kebersihan lingkungan berpendapat, jika cepat atau lambat sumber penyakit akan semakin banyak. Bahkan akan dengan sangat cepat menyerang seluruh masyarakat dengan berbagai macam penyakit.

Kesadaran yang minim akan kebersihan lingkungan inilah yang menjadi penyebab adanya sampah di sudut-sudut rumah dan tempat-tempat umum. Apabila sudah seperti itu, lingkungan akan menjadi tidak menarik, kotor dan kumuh, hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kesimpulan

Adapun cara mengatasi masalah kebersihan lingkungan tersebut dapat diawali dari diskusi antara ketua RT dan RW agar menghasilkan keputusan yang tepat. Kemudian mengajak warga bermusyawarah untuk menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih.

Contoh teks diskusi tentang sampah

Daur Ulang Sampah untuk Gaya Hidup Hijau

Isu

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah menerapkan gaya hidup hijau (green living style). Mereka telah memfasilitasi tong sampah dengan warna yang berbeda, agar masyarakat mengetahui tempat sampah yang tepat untuk membuang sampah. Tak hanya itu, tong sampah berwarna tersebut juga diberi gambar yang menunjukkan benda mana yang boleh dibuang pada masing-masing tong sampah.

Argumen Pendukung

Langkah tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan daur ulang limbah rumah tangga, dan membantu melindungi lingkungan. Pada setiap kesempatan, berbagai komunitas daerah juga melakukan gerakan kebersihan di masing-masing wilayahnya di Indonesia. Gerakan-gerakan positif ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Argumen Penentang

Namun, tak sedikit pula orang-orang yang menganggap gagasan daur ulang itu hanya membuang-buang waktu. Mereka tidak mau direpotkan dengan aktivitas memilah sampah, dan Iebih mudah membuang semuanya ke satu tempat sampah. Dapat dikatakan, mereka tidak berpikir dengan apa yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun kemudian, saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan sampah.

Padahal, benda yang didaur ulang merupakan bonus bagi Iingkungan. Kita juga jadi belajar untuk menggunakan sumber daya dengan lebih efisien, sehingga dapat digunakan hingga bertahun-tahun lagi.

Kesimpulan

Daur ulang merupakan aktivitas yang tidak sulit dilakukan, jika kita memikirkan manfaatnya secara serius. Hampir semua benda yang kita gunakan di rumah dapat didaur ulang, mulai dari plastik hingga gelas. Dengan demikian, kita dapat mulai menerapkan gaya hidup hijau hanya dengan melakukan daur ulang sampah.

Contoh teks diskusi tentang teknologi

Larangan Menggunakan Telepon Seluler (Ponsel) di Kelas

Isu

Penggunaan ponsel dalam dunia pendidikan masa kini masih mengundang pro dan kontra, baik dari kalangan pelajar, guru, maupun pemerintah. Sebagian sekolah pun melarang siswa-siswinya untuk tidak membawa ponsel ke sekolah, dengan alasan demi menghindari peredaran video asusila.

Argumen Pendukung

Pada dasarnya, ponsel hanya berguna untuk menelepon, menyampaikan dan menerima SMS, mendengarkan musik, menonton tayangan audiovisual pembelajaran, dan bermain game. Dengan begitu, ponsel tidak memiliki manfaat yang berarti dalam dunia Pendidikan.

Oleh sebab itu, siswa dilarang membawa dan menggunakan ponsel di lingkungan sekolah. Menerima telepon atau SMS ketika siswa sedang belajar di kelas, hanya akan mengganggu dan menghentikan aktivitas belajar.

Argumen Penentang

Akan tetapi, ponsel diperlukan siswa untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Misalnya, untuk memastikan kapan akan dijemput. Selain itu, siswa dapat mencari informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui internet di ponsel, serta dapat memperluas jaringan pertemanan.

Kesimpulan

Hal yang mungkin harus dilakukan oleh pihak sekolah adalah tidak melarang siswa membawa ponsel, tapi juga tidak membebaskan siswa dalam menggunakan ponsel selama di sekolah. Pihak sekolah bias menyosialisasikan kepada para siswanya mengenai etika penggunaan ponsel, agar tidak mengganggu proses belajar, dan dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh teks diskusi tentang pembelajaran online

Keputusan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh

Isu

Proses pembelajaran secara daring telah dilaksanakan selama dua semester sejak pandemi Covid-19 melanda. Namun, memasuki era new normal pihak Kemendikbud mulai mempertimbangkan pertemuan tatap muka di sekolah-sekolah.

Pemerintah pun kemudian memberikan wewenang kepada pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua siswa terkait keputusan diadakannya kembali pembelajaran tatap muka. Apabila para pemegang wewenang telah sepakat, maka pembelajaran jarak jauh akan dihentikan, dan pembelajaran tatap muka pun dapat dilanjutkan kembali dengan syarat, serta mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Argumen Pendukung

Keputusan pemerintah untuk menggelar pembelajaran jarak jauh ketika Covid-19 melanda, sudah menjadi opsi yang tepat dalam rangka menekan penyebaran virus corona secara lebih luas. Khususnya dikalangan anak-anak.

Selain itu, keputusan untuk menghentikan pembelajaran jarak jauh, dan menggantinya dengan belajar tatap muka juga merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai kembali kegiatan dunia pendidikan. Mengingat sudah dua semester para siswa menerima pembelajaran secara online. Proses pembelajaran secara daring dinilai kurang efektif, serta memberatkan para siswa dengan banyaknya tugas online yang dibebankan guru dan sekolah.

Argumen Penentang

Akan tetapi, pelaksanaan pertemuan tatap muka dalam skala 100% masih belum tepat mengingat angka infeksi covid-19 yang tinggi. Apalagi ada banyak varian virus baru yang bisa menyerang banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Meskipun wilayah sekolah tersebut sudah masuk ke zona hijau, tapi hal tersebut tetap tidak menjamin perhentian penyebaran virus.

Kesimpulan

Pemerintah mengizinkan kembali pembelajaran tatap muka dengan beberapa syarat. Mengingat banyaknya beban tugas yang diterima siswa selama pembelajaran online. Sudah seharusnya Kemendikbud merumuskan kurikulum pembelajaran jarak jauh, agar bisa menjadi acuan setiap sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan secara daring.

Contoh teks diskusi tentang narkoba

Hukuman Mati Untuk Para Pengedar Narkoba

Isu

Perkembangan peredaran narkoba yang cukup pesat sekarang ini dapat mengakibatkan dampak buruk pada masyarakat, terutama pelajar, hingga pejabat negara. Pemberian hukuman mati bagi pengedar sekaligus pemakai narkoba pun menjadi topik yang banyak diperbincangkan.

Argumen Pendukung

Banyak masyarakat yang setuju bahwa pengedar sekaligus pemakai narkoba, pantas untuk dihukum mati. Banyak alasan logis yang mendukung gagasan tersebut.

Pertama, narkoba mampu mempengaruhi dan mengubah pola pikir penggunannya, sehingga membahayakan dirinya dan orang lain, bahkan hingga menyebabkan kematian. narkoba bisa merusak generasi muda yang merupakan calon penerus bangsa. Ketiga, narkoba membuat calon penggunanya merasa penasaran, yang mengakibatkan munculnya rasa ketagihan dan kecanduan.

Dengan diadakannya hukuman mati bagi penikmat dan pengedar narkoba, tentu akan memberikan efek jera pada mereka. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang setuju bahwa hukuman untuk para pengedar narkoba adalah hukuman mati.

Argumen Penentang

Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang menolak hukuman mati bagi para pengedar narkoba dan penikmatnya. Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Diantaranya, pemberian hukuman mati sama saja melanggar hak asasi manusia yang telah tercantum dalam UUD 1945 dan juga dianggap kurang manusiawi.

Selain itu, menghukum mati para pengedar dan penggunaa narkoba hanya menambah anggaran negara, karena untuk melaksanakan eksekusi memerlukan biaya yang besar dan dianggap pemborosan. Uang negara seharusnya lebih baik digunakan untuk pembangunan bangsa dan infrastruktur.

Kesimpulan

Pada dasarnya, setiap orang telah diberikan hak oleh Yang Maha Kuasa untuk hidup bebas. Namun, masih ada manusia yang mempergunakan hidupnya untuk merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Maka dari itu, adanya hukuman mati bagi pengedar narkoba memang harus ditinjau, karena narkoba memang berdampak negatif pada perkembangan generasi muda penerus bangsa.

Contoh teks diskusi tentang kenakalan remaja

Dampak Buruk Kenakalan Remaja

Isu

Permasalahan terkait kenakalan remaja haruslah menjadi salah satu perhatian publik. Tidak hanya menjadi perhatian keluarga, tapi juga sekolah, dan lingkungan masyarakat sebagai tempat belajar kedua setelah keluarga. Sekolah dan masyarakat juga harus berperan aktif dalam mengatasi kenakalan remaja.

Argumen Pendukung

Adanya kenakalan remaja dapat berdampak buruk bagi berbagai kelompok. Mulai dari dampak negatif terhadap keluarga, dimana remaja tersebut akan menyakiti hati orang tuanya.

Mencoreng nama baik sekolah dan mempengaruhi teman seusianya untuk melakukan aktivitas negatif bersama. Kenakalan remaja juga dapat memberikan masalah kepada masyarakat, apabila terjadi aksi tawuran antar daerah.

Argumen Penentang

Sebagai salah satu bagian dari masyarakat, alangkah baiknya permasalahan mengenai kenakalan remaja ini diatasi secara bersama-sama. Oleh karena itu, harus ada kerjasama antara Pemerintah dengan masyarakat untuk melakukan musyawarah dan membuat program-program pemberdayaan, demi mengatasi permasalahan kenakalan remaja ini.

Kesimpulan

Pemerintah dapat melakukan penyuluhan kepada orang tua tentang cara mendidik anak. Selain itu, masyarakat setempat juga dapat mengadakan kegiatan membangun remaja yang positif, seperti karang taruna dan kegiatan positif lainnya, sehingga pergaulan remaja di lingkungan setempat dapat tetap terjaga.

Contoh teks diskusi tentang game online

Dampak Game Online bagi Pelajar

Isu

Dalam era globalisasi ini, game online semakin marak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan hingga kalangan orang dewasa. Game online juga semakin mudah ditemukan dan memiliki beragam jenis permainan, sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Argumen Pendukung

Memainkan game online ternyata juga memiliki dampak positif bagi pelajar. Beberapa di antaranya, yaitu game online menjadi suatu aktivitas refreshing yang mudah untuk dilakukan, meningkatakan kreativitas, melatih konsentrasi, membantu mengatur strategi, serta melatih kesabaran anak agar tidak pantang menyerah.

Selain itu, game online pun bisa menambah pengetahuan anak dalam kosakata berbahasanya. Sebab, tak sedikit game online yang menggunakan bahasa-bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Dengan begitu, anak harus berlatih bahasa Inggris agar bisa memahami berbagai ketentuan dalam game yang dimainkannya.

Argumen Penentang

Akan tetapi, game online juga memiliki dampak negatif. Terutama dapat kita lihat dampaknya pada anak-anak dan remaja, karena kebanyakan peminat game online berasal dari kalangan pelajar.

Game online dapat berdampak negatif apabila dimainkan secara terus-menerus, sehingga menyebabakan pemainnya menjadi kecanduan untuk terus memainkannya. Tanpa adanya timer, anak-anak bisa jadi lupa waktu untuk melakukan aktivitas penting yang harus dilakukannya, seperti belajar, makan, mandi, beribadah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Kesimpulan

Dari berbagai pernyataan di atas dapat disimpulkan, bahwa game online memiliki dampak positiif dan negatif bagi pelajar. Hal itu tergantung pada masing-masing pemainnya.

Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk melakukan hal yang dapat mencegah dampak negatif dari game online, seperti bekerjasama dengan guru dalam memantau perkembangan anaknya di sekolah.

Contoh teks diskusi anti tawuran

Tawuran Antar Pelajar yang Memakan Korban

Isu

Tawuran merupakan bentuk kekerasan yang sering terjadi ditengah kehidupan pelajar sekolah di Indonesia. Tidak jarang pula terdapat korban yang tewas akibat kegiatan terlarang ini. Bentrokan antar kelompok pelajar di berbagai wilayah, biasanya selain menimbulkan korban yang luka dan meninggal, juga bisa merusak fasilitas umum dan mengganggu masyarakat sekitar.

Argumen Pendukung

Tawuran antar pelajar bisa menewaskan seorang pelajar sekolah, melalui luka dari senjata sajam (sajam) yang dipakai. Kasus tawuran antar pelajar pun masih terus menjadi persoalan serius di tengah ruwetnya masalah pendidikan nasional di Indonesia.

Hal ini juga menuai keprihatinan dari Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Kepemudaan. Terkait tawuran pelajar di beberapa kota besar, yang memakan korban hingga tewas. Ormas dan Kepemudaan sangat prihatin dan berduka atas kehilangan satu generasi muda yang meninggal karena tawuran pelajar.

Argumen Penentang

Ormas dan Kepemudaan pun mengajak semua pihak dan segenap masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kondusifitas diberbagai kota dari tawuran pelajar, yang sudah sampai di tingkat yang sangat memprihatinkan.

Kesimpulan

Pihak Ormas dan Kepemudaan meminta semua elemen masyarakat terkait, baik Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pendidikan, kepolisian, pihak sekolah, dan orangtua untuk ikut bertanggung jawab, serta mencari solusi yang terbaik demi mengatasi masalah tawuran pelajar di kota-kota besar ini. Pihak sekolah juga harus tegas dalam membina anak-anak didiknya, agar generasi muda sekarang tidak rusak karena masalah tawuran.

Rangkaberita, itulah 10 contoh teks diskusi yang dapat membantu kalian lebih paham terhadap teks diskusi. Untuk memperdalam pemahaman mengenai teks diskusi, kalian bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Ayo, bergabung sekarang juga!