1 ……..sebagai bangunan sosial yang terdiri dari dimensi horizontal akan menumbuhkan diferensiasi sosial sedangkan dimensi vertikal akan melahirkan stratifikasi sosial

Di bawah ini adalah diskusi tentang pertanyaan yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:SMA, Mata Pelajaran :Sosiologi

1 …….. sebagai bangunan sosial yang terdiri dari dimensi horizontal akan menumbuhkan diferensiasi sosial sedangkan dimensi vertikal akan menimbulkan stratifikasi sosial
2 ……. timbul karena ketidakseimbangan distribusi barang-barang yang dibutuhkan, yang persediaannya terbatas
3 ……. atau pembagian kerja muncul karena orang melakukan pekerjaan yang berbeda
4 ……. muncul karena aturan perilaku yang tepat berbeda sesuai dengan situasi tertentu
5 ……..itulah peran yang dimainkan oleh seseorang dengan status ganda

Menjawab :

1. Tatanan sosial sebagai konstruksi sosial yang terdiri dari dimensi horisontal akan menumbuhkan diferensiasi sosial sedangkan dimensi vertikalakan melahirkan stratifikasi sosial.

2. Diferensiasi sosial muncul karena ketidaksetaraan distribusi sesuatu yang dibutuhkan dalam persediaan yang terbatas.

3. Diferensiasi fungsional atau pembagian kerja muncul karena orang melakukan pekerjaan yang berbeda.

4. Diferensiasi budaya muncul karena aturan perilaku yang sesuai berbeda sesuai dengan situasi tertentu.

5. Stratifikasi sosial itu adalah peran yang dilakukan seseorang status ganda satu.

Diskusi

Terdapat berbagai kategori sosial dalam masyarakat yang menjadi kriteria terjadinya diferensiasi sosial.

1. Diferensiasi tingkat (diferensiasi peringkat) timbul karena adanya ketidakseimbangan distribusi barang atau jasa di suatu daerah. Hal ini menyebabkan barang atau jasa memiliki harga yang berbeda. Selisih harga tersebut terjadi karena pendistribusian harus melalui berbagai tangan untuk sampai ke tujuan.

2. Diferensiasi fungsional (diferensiasi fungsional) atau pembagian kerja yang timbul karena orang melakukan pekerjaan yang berbeda. Hal ini dapat dilihat pada lembaga sosial. Adanya perbedaan pembagian kerja yang menyebabkan setiap orang menjalankan tanggung jawab sesuai dengan fungsinya masing-masing.

3. Diferensiasi budaya (diferensiasi budaya) muncul karena aturan perilaku yang tepat berbeda sesuai dengan situasi tertentu. Ini disebut juga norma yang bertujuan untuk mengatur ketertiban umum, yang mungkin berbeda di setiap daerah.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain