Tuliskan dan jelaskan unsur-unsur dasar konsep wawasan nusantara

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan tersebut. Tuliskan dan jelaskan unsur-unsur dasar konsep wawasan nusantara yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:9 Kursus : IPS Bab: Bab 15 – Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Globalisasi

Tuliskan dan jelaskan unsur-unsur dasar konsep wawasan nusantara

Menjawab :

Unsur dasar konsep wawasan nusantara diantara yang lain:

  • Wadahyaitu sebagai wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat kepulauan dengan kekayaan alam dan penduduk serta keragaman budaya.
  • Mengisiartinya sebagai cita-cita bangsa yang berkembang dalam masyarakat serta cita-cita dan tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Kode etikartinya merupakan hasil interaksi antara wadah dan isi dalam elemen Wawasan Nusantara.

Diskusi

Wawasan Nusantara Hal ini secara umum merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan. .

Wawasan Nusantara juga merupakan visi bangsa yang bersangkutan terhadap masa depan. Pada hakekatnya, Wawasan Nusantara ini adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. Garis Besar Haluan Negara atau GBNH menyatakan bahwa hakikat dari unsur-unsur Wawasan Nusantara diwujudkan dengan mendeklarasikan nusantara sebagai kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Tujuan dari unsur Wawasan Nusantara keluar, yaitu menjamin kepentingan nasional dalam menghadapi era globalisasi yang semakin mengglobal. Selain itu bangsa Indonesia juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan kerjasama untuk dapat saling menghormati

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain