Surat al Luqman ayat 12

Di bawah ini adalah pembahasan mengenai pertanyaan surat al Luqman ayat 12 yang telah terjawab dan teruji kebenarannya Kelas:3 Kursus : Agama Bab : 1

Surat al Luqman ayat 12

Menjawab :

Berikut ini adalah Bacaan dan Arti Surat Al-Luqman Ayat 12 :

Tuan لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗ pangg dengan ِنْ اح Perّ اح uali اح ا memp kepada ف £

Bacaan: Wa laqad aatainaa Luqmaanal hikmata anishkur lillaah; wa many yashkur fa innamaa yashkuru linafsihii wa man kafara fa innal laaha Ghaniyyun Hamiid.

Itu berarti: “Dan sesungguhnya Kami telah memberikan hikmah kepada Lukman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Diskusi

Surat Al Luqman merupakan salah satu surat yang terdapat dalam Al-Qur’an. Surat Al-Luqman termasuk dalam golongan surat Makiyyah karena diturunkan di Mekkah. Beranjak dari penjelasan tentang itikad buruk kaum musyrik dan tirani mereka, selanjutnya Surat Al-Luqman ayat 12 Allah menjelaskan nasehat Lukman kepada anak-anaknya yang salah satunya berisi larangan syirik. Dan sesungguhnya Kami telah memberikan hikmah, yaitu kemampuan untuk memperoleh ilmu, pemahaman, dan mengamalkannya, kepada Lukman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah atas nikmat dan karunia-Nya! mensyukuri dirinya sendiri; dan sebaliknya, barang siapa yang tidak bersyukur kemudian mengingkari nikmat Allah, maka sesungguhnya hal itu tidak akan merugikan Allah sedikitpun, karena Allah Maha Kaya dan tidak membutuhkan penyembahan hamba-hamba-Nya, Maha Terpuji sekalipun tidak seorang pun memuji Dia.”

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain