Sumber Radiasi Elektromagnetik, Sifat dan Pemanfaatannya

Saat bepergian ke luar ruangan, Quipperian biasanya akan disarankan untuk menggunakan lotion pelindung kulit, seperti sunblock atau tabir surya. Menurut Anda apa tujuan penggunaan losion tersebut? Baik sunblock atau tabir surya merupakan zat yang dapat melindungi kulit dari paparan atau radiasi ultraviolet (sinar UV).

Tahukah Anda bahwa radiasi UV adalah salah satu radiasi elektromagnetik? Lalu, apa yang dimaksud dengan radiasi elektromagnetik? Daripada penasaran, yuk simak selengkapnya!

Memahami Radiasi Elektromagnetik

Radiasi elektromagnetik adalah paparan atau radiasi yang berasal dari gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak membutuhkan medium untuk merambat. Gelombang ini terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang saling tegak lurus.

Contoh gelombang elektromagnetik adalah sinar UV, sinar tampak, sinar infra merah, dan sebagainya.

Sifat Radiasi Elektromagnetik

Sebagian besar pemanfaatan gelombang elektromagnetik diterima dalam bentuk radiasi. Sifat-sifat radiasi elektromagnetik adalah sebagai berikut.

  1. Kecepatannya dalam ruang hampa adalah konstan, yaitu 3 × 108 m/s.
  2. Tidak terpengaruh oleh medan listrik atau medan magnet.
  3. Termasuk gelombang transversal, yaitu gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya.
  4. Dualisme sifatnya, yaitu dapat dicirikan sebagai partikel dan gelombang.
  5. Dapat menyebar bahkan dalam ruang hampa.
  6. Energi gelombang elektromagnetik sebanding dengan frekuensinya.
  7. Lintasan perambatannya adalah jalan lurus.

Sumber Radiasi Elektromagnetik

Berdasarkan spektrumnya, sumber radiasi elektromagnetik dibedakan menjadi tujuh yaitu sinar gamma, sinar X, sinar UV, sinar tampak, sinar infra merah, gelombang mikro, dan gelombang radio.

Dari urutan tersebut, sinar gamma merupakan gelombang yang memiliki energi paling tinggi, sedangkan gelombang radio merupakan gelombang dengan energi paling rendah. Tinggi rendahnya energi dipengaruhi oleh frekuensi gelombang.

Semakin besar frekuensinya, semakin besar energi gelombangnya. Artinya, frekuensi tertinggi dimiliki oleh sinar gamma dan frekuensi terendah dimiliki oleh gelombang radio. Adapun sumber radiasi dari ketujuh spektra tersebut adalah sebagai berikut.

Sinar gamma

Sinar gamma adalah sinar yang dihasilkan oleh aktivitas unsur radioaktif, seperti ketidakstabilan atom penyusun inti dalam reaksi nuklir. Karena frekuensi sinar gamma sangat tinggi, sinar ini memiliki daya tembus logam yang cukup kuat.

Bahkan sinar gamma mampu menembus logam setebal beberapa sentimeter. Makanya, lampu ini tidak boleh digunakan sembarangan, terutama pada makhluk hidup.

Manfaat Sinar Gamma

Sinar gamma biasanya digunakan untuk hal-hal berikut.

  • Rekayasa genetika, seperti membuat benih varietas unggul.
  • Mensterilkan peralatan medis.
  • Sterilkan makanan kaleng untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  • Pengobatan beberapa jenis penyakit.

sinar-X

Sinar-X menempati posisi kedua sebagai spektrum dengan frekuensi paling tinggi, setelah sinar gamma. Sinar ini dihasilkan oleh elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi saat mengenai logam di tabung katoda. Sinar-X biasanya digunakan dalam peralatan sinar-x. Itu karena sinar ini mampu menembus struktur tulang makhluk hidup.

Manfaat Sinar X

Spektrum sinar-X dapat digunakan untuk hal-hal berikut.

  • Memotret struktur tulang makhluk hidup melalui sinar X.
  • Mendeteksi retakan logam.
  • Menganalisa struktur kristal.
  • Mendeteksi bagasi di bandara atau pelabuhan.

Sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet atau biasa disebut sinar UV memiliki frekuensi 1015 – 1016 Hz. Salah satu sumber sinar UV adalah sinar matahari. Pada tingkat tertentu, sinar ini dapat digunakan untuk membunuh bakteri atau mikroorganisme patogen lainnya. Selain membunuh bakteri, sinar UV dapat digunakan tubuh sebagai penghasil vitamin D.

Manfaat Sinar Ultraviolet

Manfaat sinar ultraviolet dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  • Membantu proses fotosintesis pada tumbuhan.
  • Membantu penyerapan vitamin D pada tulang manusia.
  • Sebagai desinfektan alami.
  • Mensterilkan peralatan medis.
  • Mendeteksi keaslian tanda tangan.

Cahaya Tampak

Cahaya tampak merupakan satu-satunya spektrum gelombang elektromagnetik yang masih dapat dijangkau oleh mata manusia, misalnya cahaya biru, merah, ungu, kuning, dan sebagainya.

Cahaya ini dihasilkan oleh pergerakan elektron dalam filamen panas. Cahaya tampak memiliki rentang panjang gelombang 400 nm – 800 nm.

Spektrum cahaya tampak jika diurutkan dari frekuensi tertinggi ke terendah adalah ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga, dan merah. Artinya, ungu memiliki energi tertinggi sedangkan merah memiliki energi terendah.

Manfaat Cahaya Tampak

Manfaat cahaya tampak dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  • Laser untuk memotong logam seperti baja.
  • Laser untuk mendeteksi berbagai penyakit di bidang kedokteran.
  • Sumber cahaya untuk lampu, kembang api, api kompor, televisi berwarna, dan sebagainya.
  • Susunan warna pelangi.

Sinar Inframerah

Cahaya inframerah adalah cahaya yang dihasilkan oleh getaran elektron dalam atom. Getaran tersebut memiliki frekuensi 1011 Hz – 1015 Hz. Sinar ini sulit dihamburkan oleh partikel udara. Dalam bidang militer, sinar infra merah biasanya digunakan sebagai sumber penerangan di tempat yang gelap atau berkabut.

Manfaat Sinar Inframerah

Dalam kehidupan sehari-hari, sinar infra merah digunakan untuk hal-hal berikut.

  • Terapi penyembuhan asam urat.
  • Sumber energi untuk remote control.
  • Mempercepat pengeringan cat pada mobil atau kendaraan lainnya.
  • Membantu mendeteksi kegelapan atau tempat berkabut.

Microwave

Siapa di antara Quipperian yang pernah menggunakan microwave untuk memanaskan makanan? Tahukah Anda bahwa microwave adalah alat yang bekerja berdasarkan prinsip penggunaan gelombang mikro?

Gelombang mikro dihasilkan oleh tabung klystron atau tabung vakum berdaya tinggi. Gelombang ini memiliki frekuensi 3×109 Hz dengan panjang gelombang 1 mm. Salah satu aplikasi gelombang mikro adalah sebagai alat pendeteksi pada radar.

Manfaat Microwave

Manfaat gelombang mikro dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  • Sumber pemanas gelombang mikro.
  • Sebagai sumber gelombang pada radar.
  • Mendeteksi struktur atom dan molekul.
  • Menentukan kedalaman laut melalui sistem sonar.
  • Mengarahkan kecepatan pergerakan pesawat.

Gelombang radio

Gelombang radio adalah gelombang yang dihasilkan oleh pergerakan elektron dalam konduktor untuk membentuk arus bolak-balik. Di antara semua spektrum gelombang elektromagnetik, gelombang radio termasuk gelombang dengan energi paling kecil. Gelombang ini dapat dipancarkan melalui antena penyiaran stasiun sebagai pembawa informasi.

Manfaat gelombang radio adalah bahwa mereka membawa pesan suara jarak jauh melalui frekuensi termodulasi atau termodulasi amplitudo.