Sumber Energi Terbarukan dan Manfaatnya bagi Manusia dan Lingkungan Hidup

Pernahkah Anda mendengar istilah panel surya? China merupakan salah satu negara yang gencar membangun panel surya sebagai sumber energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap batu bara. Jadi, panel surya adalah salah satu bentuk energi terbarukan. Kamu tahu. Ingin tahu lebih banyak tentang energi terbarukan? Yuk, belajar bersama Quipper Blog.

Definisi Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah energi alternatif yang dihasilkan melalui pemanfaatan kondisi alam dan dapat diperbarui secara bebas dan tidak terbatas. Artinya, sumber energi dapat diperoleh dengan mudah dan jumlahnya tidak terbatas. Namun, diperlukan teknologi canggih untuk menghasilkan energi ini. Misalnya pemanfaatan angin sebagai sumber pembangkit listrik dengan menggunakan kincir angin.

Manfaat Energi Terbarukan

Negara-negara maju sudah mulai beralih menggunakan energi baru terbarukan (EBT). Manfaat energi terbarukan yang harus diketahui Quipperian adalah sebagai berikut.

1. Lebih ramah lingkungan

Seperti yang diketahui Quipperian, penggunaan energi tak terbarukan secara berlebihan akan menyebabkan suhu bumi memanas akibat pemanasan global. Hal ini karena energi tak terbarukan menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida.

Sedangkan energi terbarukan tidak menghasilkan emisi yang membahayakan bumi. Itu sebabnya energi ini ramah lingkungan.

2. Meningkatkan kesehatan manusia

Kesehatan manusia merupakan aset terpenting yang harus selalu dijaga. Kesehatan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal dalam dirinya, tetapi juga faktor eksternal. Misalnya udara bersih.

Selama ini pencemaran udara disebabkan oleh pencemaran gas-gas yang tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, para pemimpin dunia telah sepakat untuk mulai beralih ke energi ramah lingkungan.

BACA JUGA  Memahami Momen Gaya dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika emisi gas pencemar berkurang, kualitas udara juga akan meningkat. Dengan demikian, kualitas kesehatan manusia juga akan lebih baik pula.

3. Hemat uang untuk sumber energi

Sumber energi terbarukan mudah ditemukan dan melimpah. Untuk menggunakannya, tidak membutuhkan biaya yang besar.

Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi terbarukan yang telah berhasil diimplementasikan adalah sebagai berikut.

1. Matahari

Matahari adalah sumber energi yang tidak ada habisnya. Sehingga energi dari matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif melalui panel surya. Panel surya adalah rangkaian sel surya yang sedemikian rupa sehingga dapat efektif dalam menyerap sinar matahari.

Kemudian, energi yang berasal dari sinar matahari akan diubah menjadi energi listrik. Untuk memanfaatkannya, Quipperian hanya perlu menempatkan panel surya di genteng atau atap rumah.

Jika sudah menggunakannya, Quipperian tidak perlu repot membayar tagihan listrik setiap bulan. Sangat ramah di kantong dan lingkungan kan?

2. Angin

Angin merupakan sumber daya alam yang akan selalu ada di bumi. Saat ini, angin dapat digunakan sebagai sumber penggerak turbin. Nantinya, turbin tersebut akan menggerakkan generator listrik.

Untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga angin, harus dipilih lokasi yang anginnya konstan dan kuat, misalnya di daerah yang dekat dengan pantai. Pembangkit listrik tenaga angin terbesar di Indonesia terletak di Sidrap, Sulawesi Selatan.

3. Gelombang

Ternyata, ombak juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik, Kamu tahu. Namun, untuk mengimplementasikannya diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai. Potensi daya yang bisa dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga ombak ini bisa mencapai 2 juta megawatt.

4. Pasang surut air laut

Bukan hanya ombak, Quipperian. Pasang surut laut juga dapat digunakan sebagai energi untuk menghasilkan listrik. Pemanfaatan pasang surut untuk pembangkit listrik dapat ditemukan di lepas pantai timur Amerika dan Eropa.

BACA JUGA  Pengertian Besaran Vektor dan Ciri-cirinya

Namun pemanfaatannya masih terbatas pada energi alternatif pada penggilingan gandum. Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga pasang surut hampir sama dengan pembangkit listrik tenaga air. Hanya saja air yang digunakan dipengaruhi oleh gravitasi bulan sehingga menyebabkan pasang surut.

5. Air

Apakah Quipperian pernah mendengar istilah PLTA? PLTA adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Air. Artinya, air digunakan sebagai energi utama untuk menggerakkan turbin. Nah, turbin itulah yang akan menggerakkan generator.

Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk memanfaatkan air sebagai pembangkit listrik. Potensi daya yang dihasilkan bisa mencapai 45.379 megawatt.

Prinsip kerjanya juga sederhana, yaitu air yang jatuh dari ketinggian tertentu memiliki energi potensial dan energi kinetik. Kedua energi tersebut berfungsi untuk menggerakkan turbin sehingga menghasilkan energi listrik.

6. Panas bumi

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi panas bumi yang cukup besar. Saat ini, Indonesia telah berhasil membangun PLTP (pembangkit listrik tenaga panas bumi) terbesar di dunia.

Lokasi PLTP berada di Tapanuli Utara, Sumatera Utara dan diberi nama PLTP Sarulla. Panas bumi adalah energi panas yang berasal dari kerak bumi dan terperangkap di dalam batuan bersama dengan mineral lainnya. Energi panas bumi muncul dalam bentuk uap.

Nah, uap itulah yang akan diarahkan ke turbin untuk menghasilkan listrik. Jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil, panas bumi lebih ramah lingkungan karena hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca.

Dari pembahasan di atas, ternyata Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk memanfaatkan energi tak terbarukan. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah yang mulai beralih ke energi ramah lingkungan dan energi baru terbarukan (EBT).

Demikian pembahasan Quipper Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi para Quipperians. Jika Quipperian ingin melihat materi lainnya secara lengkap, jangan lupa untuk bergabung di Blog Quipper. Bersama Video Quiper, belajar anda menjadi lebih seru dan menyenangkan. Salam Quippers!

BACA JUGA  Perubahan Bentuk Energi – Pengertian, Bentuk dan Contoh