Sumber Energi Tak Terbarukan – Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Awal Januari 2022, pemerintah melarang ekspor batu bara ke negara lain, agar kita tidak kehabisan stok batu bara. Mungkin Quipperian bertanya-tanya “Beneran, apa dampaknya kalau terjadi kekurangan stok batu bara dalam negeri?” Dampaknya pasokan energi listrik juga akan berkurang. Akibatnya sering terjadi pemadaman listrik. Mengapa? Karena batu bara merupakan sumber energi tak terbarukan untuk pembangkit listrik di Indonesia. Jadi, apa itu sumber energi tak terbarukan? Yuk, belajar bersama Quipper Blog.

Pengertian Energi Tak Terbarukan

Energi tak terbarukan atau energi tak terbarukan merupakan energi yang proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Keberadaan energi ini sangat terbatas. Oleh karena itu, manusia harus sangat bijak dalam menggunakannya.

Jika tidak digunakan dengan bijak, manusia akan sulit mendapatkan energi serupa karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Contohnya adalah batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Sumber Energi Tak Terbarukan

Ada tiga jenis sumber energi tak terbarukan. Setiap sumber memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Contoh energi tak terbarukan adalah sebagai berikut.

1. Batubara

Siapa Bagaimanapun Siapa sih yang tidak mengenal batu hitam ini? Batubara merupakan komoditas ekspor utama Indonesia. Hal ini dikarenakan ketersediaan batubara di Indonesia cukup melimpah.

Namun, tidak semua tempat di Indonesia memiliki ketersediaan batubara. Daerah yang menjadi pusat eksplorasi batubara di Indonesia adalah Pulau Kalimantan. Tak heran jika banyak perusahaan tambang batu bara di sana. Jadi, apa itu batu bara?

Batubara merupakan bahan bakar fosil berupa mineral berupa endapan. Sedimen ini merupakan hasil pembusukan tanaman ratusan juta tahun yang lalu yang berlangsung secara biokimia, kimiawi, dan fisika pada suhu dan tekanan tertentu.

Unsur utama dalam batubara adalah karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. Jenis-jenis batubara yang ada hingga saat ini adalah sebagai berikut.

  • Antrasit, memiliki kandungan karbon paling tinggi.
  • Bituminous, batubara umum yang ditambang di Australia.
  • Sub-bituminus, memiliki kandungan karbon yang cukup rendah.
  • Lignite, batubara yang tergolong lunak karena kandungan airnya cukup tinggi.
  • Gambur, batu bara berpori karena kadar airnya mencapai 75%.

2. Minyak bumi

Minyak bumi adalah sumber energi tak terbarukan yang terbentuk melalui pembusukan tumbuhan dan hewan jutaan tahun yang lalu.

Komponen utama minyak bumi adalah senyawa hidrokarbon. Negara dengan cadangan minyak terbesar adalah Amerika Serikat dan Arab Saudi. Manfaat energi tak terbarukan (minyak bumi) dalam kehidupan adalah sebagai berikut.

A. bahan bakar kendaraan bermotor

Bahan bakar yang biasa Anda beli di SPBU merupakan salah satu hasil olahan dari minyak bumi. Untuk dapat digunakan sebagai bahan bakar, minyak bumi harus melalui tahap pemurnian hingga terbentuk sisa bahan bakar. Nah, sisa bahan bakar tersebut bisa berupa bensin, solar, hingga minyak tanah.

B. Bahan baku bangunan

Minyak mentah tidak hanya diolah menjadi bahan bakar kendaraan bermotor. Ternyata, beberapa bahan bangunan juga terbuat dari minyak bumi, misalnya cat, pipa, atap (selain genteng), hingga aspal.

C. Bahan baku untuk beberapa keperluan medis

Beberapa obat dalam bidang medis membutuhkan aspirin sebagai bahan bakunya. Nah, aspirin adalah senyawa kimia yang mengandung hidrokarbon.

Hidrokarbon adalah senyawa yang menyusun minyak bumi. Tidak hanya aspirin, beberapa peralatan medis juga membutuhkan minyak bumi, misalnya produk pembersih dan alat pelindung tenaga medis.

D. Bahan baku produk kecantikan

Produk kecantikan juga tak luput dari keberadaan minyak bumi. Dalam bidang kecantikan, minyak bumi biasa digunakan sebagai bahan cat kuku, pewarna rambut, dan pewarna rambut dandan. Dengan adanya minyak bumi, cat kuku akan terlihat mengkilat.

3. Gas alam atau gas alam

Jika sebelumnya Quipperian telah mempelajari tentang minyak bumi, kali ini tentang gas alam. Gas alam adalah bahan bakar fosil berupa gas yang terbentuk jutaan tahun yang lalu akibat pembusukan tumbuhan dan hewan purba.

Hasil penguraian tersebut akan menghasilkan zat-zat organik yang terperangkap di antara bebatuan dan laut. Komponen utama gas alam adalah metana (CH4).

Manfaat (energi tak terbarukan) gas alam adalah sebagai berikut.

A. Sebagai bahan bakar pembangkit listrik

Gas bumi dapat digunakan sebagai bahan bakar PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas). Pembangkit listrik merupakan salah satu pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

B. Bahan baku pupuk

Gas alam juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk. Namun penggunaannya harus sesuai anjuran agar tidak merusak lingkungan.

C. Bahan bakar memasak

LPG merupakan salah satu bahan bakar untuk memasak sebagai pengganti minyak tanah yang digunakan oleh ibu rumah tangga. LPG dapat digunakan jika disambungkan ke kompor gas. LPG yang biasa dijual berukuran 3 kg dengan tabung berwarna hijau. Gas ini memiliki bau yang cukup menyengat.

D. bahan bakar industri pengolahan kertas

Dalam industri pengolahan kertas, gas alam tidak digunakan sebagai bahan baku melainkan sebagai bahan bakar mesin pabrik. Melalui pemanfaatan ini diharapkan industri pembuatan kertas dapat lebih ramah lingkungan.

e. Bahan baku industri

Gas alam juga digunakan sebagai bahan baku di beberapa industri, misalnya dalam pembuatan plastik, pengolahan baja, dan produksi alat pemadam kebakaran.

Ternyata dibalik pro dan kontra penggunaannya, energi tak terbarukan memberikan manfaat yang cukup besar bagi manusia. Oleh karena itu, Quipperian harus bijak dan selektif dalam menggunakannya.

Itulah pembahasan Quipper Blog kali ini. Semoga bisa bermanfaat, ya. Jangan lupa gabung dengan Quipper Video agar belajarmu lebih seru dan menyenangkan. Salam Quippers!