Soal Ujian Seni Budaya Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Berikut contoh soal ujian Seni Budaya untuk siswa kelas 5 SD dengan judul “Mengenal Seni Budaya Indonesia” :

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kesenian tradisional!

Jawab: Kesenian tradisional merupakan karya seni yang sudah ada sejak lama dan diwariskan secara turun-temurun. Kesenian tradisional sering dikaitkan dengan adat istiadat, kepercayaan dan budaya suatu daerah atau suku.

  1. Sebutkan tiga contoh kesenian tradisional indonesia dan daerah asalnya!

Menjawab:

  • Tari Saman (Aceh): Tarian yang dibawakan oleh sekelompok penari dengan gerakan yang lincah dan ditampilkan sebagai bentuk ekspresi kebersamaan dan semangat gotong royong.
  • Wayang kulit (Jawa): Pertunjukan wayang kayu yang menggunakan bayangan dan diceritakan dalam bahasa Jawa. Wayang kulit menceritakan kisah Ramayana dan Mahabharata.
  • Batik (Yogyakarta dan Solo): Seni menghias kain dengan corak dan motif tertentu dengan menggunakan lilin dan malam, kemudian diwarnai. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO.
  1. Apa yang anda ketahui tentang angklung?

Jawab: Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan suara yang indah. Angklung sering dimainkan dalam pertunjukan musik dan tari tradisional.

  1. Sebutkan tiga jenis tarian daerah indonesia dan daerah asalnya!

Menjawab:

  • Tari Piring (Minangkabau): Tarian yang menggunakan piring keramik sebagai alat peraga. Gerakan tarian ini menampilkan kepiawaian memainkan piring dengan ceria dan lincah.
  • Tari Tor-Tor (Batak): Tarian yang dilakukan oleh suku Batak di Sumatera Utara. Tari Tor-Tor biasanya ditampilkan dalam upacara adat sebagai ungkapan rasa syukur dan suka cita.
  • Tari Reog Ponorogo (Jawa Timur): Tarian yang menggunakan topeng dan kepala singa sebagai atribut utamanya. Tarian ini menggambarkan keberanian dan kekuatan seorang pahlawan legendaris.
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan melukis!
BACA JUGA  Kunci Jawaban Tema 5 Keseimbangan Ekosistem Kelas 5 SD

Jawaban: Melukis adalah kegiatan menggambar atau melukis dengan menggunakan berbagai media seperti pensil, cat air atau cat minyak. Lukisan dapat mengekspresikan ekspresi, keindahan, dan ide melalui penggunaan warna, bentuk, dan komposisi.

  1. Sebutkan tiga alat musik tradisional indonesia beserta penjelasannya!

Menjawab:

  • Gamelan : Sekelompok alat musik yang terbuat dari logam dan terdiri dari berbagai jenis gong, kenong, saron, dan lain-lain. Gamelan dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul.
  • Kendang: Alat musik perkusi yang terbuat dari kulit yang direntangkan pada kedua sisi gendang. Kendang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan.
  • Suling : Alat musik tiup yang terbuat dari bambu dan berlubang-lubang yang mengeluarkan nada-nada ketika ditiup. Seruling dimainkan dengan cara menutup dan membuka lubang.
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pahatan!

Jawaban: Patung adalah seni rupa yang menghasilkan karya dengan menggunakan bahan-bahan seperti kayu, batu, atau logam. Patung menghasilkan bentuk tiga dimensi yang dapat menggambarkan manusia, hewan, atau benda lainnya.

  1. Sebutkan tiga jenis tarian Indonesia beserta penjelasannya!

Menjawab:

  • Tari Pendet (Bali): Tari penyambutan yang dibawakan oleh sekelompok penari dengan gerakan yang indah dan dibawakan dengan mangkuk berisi bunga.
  • Tari Topeng (Jawa): Tarian yang menampilkan penari yang mengenakan topeng dengan berbagai karakter. Tarian ini menggambarkan berbagai cerita dan legenda Jawa.
  • Tari Serimpi (Jawa): Tarian yang memadukan gerak lemah gemulai dan gerak kuat. Tarian ini menggambarkan keanggunan dan kebangsawanan.
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan seni teater!

Jawaban: Seni teater adalah seni pertunjukan yang melibatkan aktor dan aktris dalam memainkan peran dan dialog di atas panggung. Seni teater dapat menggambarkan berbagai cerita dan emosi menggunakan unsur-unsur seperti dialog, gerakan, dan musik.

  1. Sebutkan tiga contoh senjata tradisional indonesia dan tempat asalnya!
BACA JUGA  Contoh Soal dan Jawaban Geografi Kelas XII SMA

Menjawab:

  • Keris (Jawa): Senjata tradisional yang terbuat dari logam dan memiliki bilah yang dilengkapi dengan goresan yang khas. Keris adalah simbol keberanian dan kekuatan.
  • Mandau (Kalimantan): Senjata tradisional suku Dayak yang memiliki bilah lebar dengan ornamen dan ukiran yang khas. Pedang digunakan untuk berburu dan sebagai senjata pertahanan.
  • Rencong (Aceh): Senjata tradisional yang terbuat dari besi atau kuningan dengan bentuk bilah melengkung. Rencong adalah senjata simbolik Aceh yang digunakan dalam upacara adat.