Sebutkan tiga keuntungan dan kerugian penjajahan Jepang di Indonesia bagi bangsa Indonesia

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Sebutkan tiga keuntungan dan kerugian penjajahan Jepang di Indonesia bagi bangsa Indonesia yang telah dijawab dan dibuktikan untuk Kelas:11 Kursus: Bab Sejarah: Bab 4 – Penjajahan Jepang di Indonesia

Sebutkan tiga keuntungan dan kerugian penjajahan Jepang di Indonesia bagi bangsa Indonesia

Menjawab :

Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian penjajahan jepang di indonesia bagi bangsa indonesia :

  1. Jepang mengizinkan bahasa Indonesia menjadi bahasa komunikasi nasional dan membiarkan bahasa Indonesia memantapkan dirinya sebagai bahasa nasional.
  2. Pendirian koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama.
  3. Terbentuknya strata sosial sehingga birokrasi di Indonesia mulai tertata.
  4. Jepang melatih pemuda Indonesia dan mempersenjatai mereka untuk kepentingan Jepang. Namun hal ini dimanfaatkan oleh para pemuda untuk dijadikan modal perang.
  1. Penghapusan organisasi politik.
  2. Terjadinya kekacauan dan kondisi yang parah seperti perampokan, pemerkosaan dan lain-lain.
  3. Banyaknya guru yang dipekerjakan sebagai pejabat pada masa itu menyebabkan pendidikan pada masa itu mengalami kemerosotan yang tajam.

Diskusi

Jepang resmi mengambil alih Indonesia dari Belanda setelah ditandatanganinya Perjanjian Kalijati. Perjanjian Kalijati adalah perjanjian yang dibubarkan pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, dekat Subang, Jawa Barat. Perjanjian Kalijati merupakan tanda resmi penyerahan Belanda kepada Jepang dalam Perang Asia Timur Raya atau yang menjadi rangkaian Perang Dunia II. Pada tanggal 1 September 1939, Perang Dunia II dimulai. Jepang dan Belanda berada di kubu yang berseberangan. Jepang di blok fasisme bersama dengan Jerman dan Italia, sedangkan Belanda menjadi bagian dari Sekutu yang digerakkan oleh Amerika Serikat dan Inggris.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain