Sebutkan jumlah tulang yang dimiliki masing-masing tangan

Di bawah ini adalah pembahasan mengenai pertanyaan Sebutkan jumlah tulang yang dimiliki masing-masing tangan yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:11 Kursus: Biologi Bab : 4

Sebutkan jumlah tulang yang dimiliki masing-masing tangan

Menjawab :

Tulang terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran serta tidak merata di seluruh tubuh. Pada setiap tangan memiliki 27 tulang.

Diskusi

Tangan merupakan salah satu alat gerak dalam tubuh manusia yang sangat vital digunakan untuk beraktivitas. Tangan terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

  1. Tulang dan Sendi. Tulang di tangan terdiri dari 27 tulang di pergelangan tangan dan telapak tangan manusia. Pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang kecil yang disebut karpal. Carpals didukung oleh dua tulang lengan bawah, ulna dan ulna.
  2. Ligamen dan Tendon. Ligamen adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya. Ligamen dapat diklasifikasikan dalam tiga kategori utama – Ligamen Artikular, Ligamen Sisa Janin, dan Ligamen Peritoneal. Sedangkan Tendon adalah jaringan ikat yang memiliki kekuatan tarik sangat tinggi yang menghubungkan otot dengan tulang. Mirip dengan ligamen, tendon juga sebagian besar terdiri dari serat kolagen.
  3. Otot merupakan kumpulan sel otot yang membentuk jaringan. Otot juga dapat diartikan sebagai alat gerak yang berfungsi untuk menggerakkan tulang. Sel otot memiliki kemampuan untuk berkontraksi (bentuk sel otot memendek) dan mengendur (kembali ke ukuran semula). Oleh karena itu, jaringan otot juga dikenal sebagai alat gerak yang aktif.
  4. Saraf merupakan sistem organ yang berperan dalam mengatur dan mengkoordinasikan seluruh aktivitas tubuh. Sistem saraf manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi.
  5. Pembuluh darah adalah organ yang memiliki struktur seperti tabung, bertanggung jawab untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Organ ini memainkan peran penting dalam sistem peredaran darah

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain