Sebutkan dan jelaskan petugas di bagian laundry?

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan tersebut. Sebutkan dan jelaskan petugas di bagian laundry? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:3 Kursus: B. Indonesia Bab: Bab 5 – Ketenagakerjaan

Sebutkan dan jelaskan petugas di bagian laundry?

Menjawab :

Pengikut petugas di bagian laundry beserta tugasnya:

  • Bagian Kantor Binatu atau Laundry Officememiliki tanggung jawab atas kelancaran tugas dan administrasi di laundry laundry.
  • Bagian Kontramemiliki tanggung jawab atas kelancaran penerimaan dan pengembalian cucian bersih kepada tamu diluar hotel yang mencuci loket cucian luar.
  • Antarkan Valet atau Laundry Collectormemiliki tanggung jawab untuk mengantarkan cucian kotor ke laundry dan mengirimkan cucian bersih ke tamu di kamar dan semua cucian yang diantarkan harus sesuai dengan daftar cucian atau laundry list.
  • Pengambil Pesanan atau Pengambil Pesananmemiliki tanggung jawab untuk memesan permintaan cuci dari tamu melalui telepon, dan setelah menerima permintaan dari tamu, order taker mencatat order taker, mencatat buku order taker dan memberitahu valet untuk mengambil cucian
  • Checker atau Checkermemiliki tanggung jawab untuk mengecek jumlah dan jenis cucian agar sesuai dengan daftar cucian.
  • Penanda atau Penyortirmemiliki tanggung jawab untuk membubuhkan tanda atau kode pada cucian agar cucian mudah ditangani saat dikembalikan tanpa kesalahan.
  • Washer atau Mesin Cucimemiliki tanggung jawab untuk mencuci pakaian yang dilakukan dengan cara laundry menggunakan air dan obat pencuci.
  • Dry Cleaning atau Cuci Keringmemiliki tanggung jawab untuk mencuci dry cleaning .
  • Setrika atau setrika linenmemiliki tanggung jawab menyetrika laundry yang berupa sprei, seperti sprei, sarung bantal, taplak meja, dan serbet.
  • Finisher atau Finishermemiliki tanggung jawab menyelesaikan penyetrikaan dan penyetrikaan pakaian tamu setelah selesai dijemur dan jika ada cucian yang kurang bersih dan tidak sempurna akan dikembalikan oleh bagian finisher untuk dicuci kembali.
  • Presser atau Ironermemiliki tanggung jawab untuk menyetrika cucian baik menggunakan setrika biasa maupun setrika pres.

Diskusi

cucian sendiri merupakan bagian dari hotel yang bertugas mencuci pakaian tamu, seragam karyawan dan linen hotel. Penataan struktur organisasi laundry sendiri tergantung dari besar kecilnya hotel dan kebutuhan dari hotel itu sendiri. Di departemen laundry ada sebuah organisasi yang dipimpin oleh manajer binatu dan diwakili oleh asisten manajer laundry yang tugasnya mengawasi dan bertanggung jawab penuh terhadap bagian-bagian yang ada di laundry. Bagian laundry ini memiliki tugas yang detail namun dalam menjalankan tugasnya saling bekerjasama untuk menghasilkan pelayanan yang terbaik kepada tamu. Bahkan ada kalanya seseorang dapat melakukan beberapa tugas sekaligus jika hotel tersebut memiliki personel yang terbatas

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain