Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Dibawah ini pembahasan terkait dengan pertanyaan Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:7 Kursus : PPKn Bab : 1

Sebutkan dan jelaskan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Menjawab :

Nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa, Sila pertama Pancasila mengandung pengakuan akan adanya Tuhan sebagai alam semesta dan segala isinya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang beriman harus percaya akan adanya Tuhan. Selain itu, kita harus mencerminkan sikap yang sesuai dengan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab, sila kedua pancasila berisi acuan sikap menyeluruh sebagai manusia indonesia. Nilai Pancasila ini menuntut kita untuk mengakui kedudukan yang sama dan sederajat di antara manusia. Sebagai warga negara Indonesia, kita memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain.
  3. Persatuan Indonesia, sila ketiga ini merupakan bentuk nasionalisme Indonesia yang mengatasi pemahaman individu, kelompok dan etnis. Melalui Pancasila ini diharapkan kita dapat mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak mudah terpecah belah.
  4. Demokrasi yang Dipimpin oleh Kebijaksanaan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dalam prinsip ini Indonesia disebut sebagai negara demokrasi. Oleh karena itu, kita harus mendasarkan asas musyawarah dan asas kekeluargaan. Pada kedua asas tersebut berguna untuk mengambil suatu keputusan, agar keputusan yang diambil merupakan keputusan yang terbaik bagi semua pihak.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sila kelima Pancasila memuat salah satu tujuan negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pemerintahan masyarakat Indonesia, yaitu keadilan dan kemakmuran berdasarkan Pancasila. Kita harus menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup dalam kelima sila pancasila secara utuh dan tidak terpisah-pisah. Hal ini karena setiap Pancasila memiliki makna yang saling terkait.

Diskusi

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang terdiri dari lima sila. Pancasila dilambangkan dalam ruang perisai yang tertanam di elang. Sebagai ideologi negara Indonesia, Pancasila memiliki fungsi dalam kehidupan warga negara. Salah satu fungsi Pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain