Sebutkan dan jelaskan kategori fungsi dalam pemrograman dasar

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Sebutkan dan jelaskan kategori fungsi dalam pemrograman dasar yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:10 Kursus : TIK Bab : Bab 6 – Mengenal Pemrograman Komputer

Sebutkan dan jelaskan kategori fungsi dalam pemrograman dasar

Menjawab :

Fungsi dalam pemrograman dasar dibagi menjadi beberapa kategoriitu adalah:

  • Deklarasi dan definisi.
  • Parameter
  • Nilai pengembalian.
  • rekursif
  • pointer
  • Fungsi penunjuk
  • Modularisasi

Diskusi

Fungsi adalah blok program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu. A fungsi diperlukan untuk membuat program yang akan kita buat lebih modular dan mudah dipahami. Berikut ini adalah kategori fungsi dalam pemrograman dasar:

  1. Data harus masuk pernyataan agar kompiler mengetahui berapa banyak byte memori yang dapat dicadangkan untuk data dan fungsi yang relevanpernyataansehingga kompiler dapat memeriksa keakuratan pemanggilan fungsi yang sesuai.
  2. Parameter merupakan data yang dimasukkan untuk suatu subprogram yang nantinya akan diproses dalam subprogram tersebut.
  3. Nilai pengembalian adalah fungsi yang dapat mengembalikan nilai ke fungsi utama.
  4. rekursif adalah proses yang dilakukan dengan memanggil dirinya sendiri dan biasanya dilakukan oleh fungsi atau prosedur dalam pemrograman prosedural seperti bahasa pemrograman C atau berorientasi objek seperti C++ dan Java.
  5. pointer adalah variabel yang berisi alamat dari variabel lain.
  6. Fungsi penunjuk adalah fungsi yang digunakan untuk menyimpan alamat memori dari variabel lain.
  7. Modularisasi adalah kemampuan untuk mengelompokkan beberapa jenis baris kode menjadi satu kesatuan yang dapat disertakan dalam program kita.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain