Sebutkan dan jelaskan aspek-aspek yang mempengaruhi bentuk keragaman suku bangsa di Indonesia

Berikut adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan tersebut Sebutkan dan jelaskan aspek-aspek yang mempengaruhi bentuk keragaman suku bangsa di Indonesia yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas: 7 Kursus:PPKn Bab: Hidup rukun di tengah perbedaan

Sebutkan dan jelaskan aspek-aspek yang mempengaruhi bentuk keragaman suku bangsa di Indonesia

Menjawab :

Banyak aspek yang mempengaruhi bentuk keragaman etnis di Indonesia​seperti aspek perbedaan letak geografis yang strategis, perbedaan kondisi alam dan perbedaan bentuk kepulauan. Selain itu terdapat pula aspek perbedaan faktor transportasi dan komunikasi. Perbedaan aspek sosial lainnya juga mempengaruhi keberagaman di Indonesia, seperti karena keberagaman ras, agama, dan pengaruh budaya.

Diskusi

keberagaman di Indonesia sudah menjadi rahasia umum karena masyarakat Indonesia majemuk karena memiliki latar belakang yang beragam. Keanekaragaman ini akan memberikan dampak yang baik dalam kehidupan sehari-hari seperti:

  • Keanekaragaman dapat menciptakan negara yang kaya.
  • Kebhinekaan dapat menjadi salah satu identitas bangsa.
  • Kebhinekaan dapat membuat kehidupan suatu bangsa menjadi lebih berwarna.
  • Kebhinekaan dapat membuat suatu bangsa jauh lebih maju karena lahirnya kreativitas dan inovasi.
  • Kebhinekaan dapat menjadi kekuatan tersendiri karena kekurangan satu kelompok dapat ditutupi oleh kelebihan kelompok lain.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain