Sebutkan dan jelaskan 4 jenis dekorasi

Di bawah ini adalah pembahasan terkait pertanyaan Sebutkan dan jelaskan 4 jenis ragam hias yang sudah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas: 8 Kursus: Seni Budaya Bab : Bab 9 – Penerapan Variasi Dekoratif pada Material Keras

Sebutkan dan jelaskan 4 jenis dekorasi

Menjawab :

Berikut ini adalah jenis dekoratif:

  1. Ragam flora hias (tanaman).
  2. Hewan hias (fauna).
  3. Dekorasi geometris.
  4. Dekorasi figuratif.

Diskusi

Secara umum, Varietas dekoratif adalah sebuah karya seni yang memiliki tujuan mempercantik suatu objek dengan menyisipkan gambar dekoratif. Varietas dekoratif juga dapat diartikan sebagai bentuk dasar ragam hias yang akan digunakan untuk menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu kerajinan atau karya seni. Berikut ini adalah jenis dekoratif:

  1. Berbagai flora hias merupakan ragam hias yang menggunakan bentuk tumbuhan atau yang disebut flora sebagai objek dalam pembuatan berbagai motifnya. Contohnya yaitu motif bunga, daun, buah dan lain-lain.
  2. Fauna dekoratif merupakan ragam hias yang menggunakan bentuk binatang atau disebut fauna sebagai objek dalam pembuatan motifnya yang beraneka ragam. Misalnya yaitu motif ular, motif singa, motif burung dan lain-lain.
  3. Dekorasi geometris adalah hiasan yang menggunakan titik atau garis sebagai objek dalam membuat berbagai motifnya. Misalnya garis lengkung, segitiga, persegi panjang, lingkaran dan lain-lain.
  4. Dekorasi figuratif adalah ragam hias yang menggunakan bentuk atau figur manusia sebagai objek dalam membuat berbagai motifnya. Misalnya topeng.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain