Sebutkan alat pernapasan pada – cacing – serangga – ikan – amfibi – ular – burung – mamalia (pilih salah satu) Tuliskan juga fungsinya masing-masing.

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Sebutkan alat pernafasan pada – cacing – serangga – ikan – Amfibi – ular – Burung – Mamalia (pilih salah satu) Tuliskan juga fungsinya masing-masing yang sudah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:11 Kursus: Biologi Bab : 3

Sebutkan alat pernafasan pada cacing – serangga – ikan – amfibi – ular – burung – mamalia (pilih salah satu) Tuliskan juga fungsinya masing-masing.

Menjawab :

Berikut ini adalah pernafasan beberapa binatang:

  • Cacing: Alat pernapasan yang dimiliki cacing adalah kulit tubuh. Ini karena cacing tidak memiliki alat pernapasan khusus. Sehingga cacing menggunakan kulitnya untuk bernafas dengan menggunakan kulitnya yang basah dan berlendir untuk mendapatkan oksigen dari udara.
  • Serangga: Alat pernapasan pada serangga adalah trakea. Fungsi trakea adalah menjadi saluran tempat aliran gas yang kaya akan oksigen dan berasal dari luar tubuh mengalir ke seluruh tubuh. Trakea juga memiliki tugas mengangkut karbon dioksida ke luar tubuh.
  • Ikan: Alat pernapasan pada ikan adalah insang. Fungsi insang adalah untuk mengeluarkan garam dan menyaring makanan.
  • Amfibi: Organ pernapasan pada amfibi adalah paru-paru. Fungsi paru-paru adalah untuk menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Pada beberapa jenis hewan lain seperti katak bernafas menggunakan paru-paru dan kulit.
  • Ular: Alat pernapasan pada ular adalah paru-paru. Mirip dengan fungsi paru-paru lainnya, yaitu untuk menukar oksigen di udara dengan karbondioksida di dalam darah. Secara keseluruhan alat pernapasan ular terdiri dari lubang hidung, bronkus, dan paru-paru.
  • Burung: Alat pernapasan pada burung adalah paru-paru dan kantung udara tipis. Kantung udara berfungsi untuk menahan udara yang akan keluar saat burung sedang terbang. Sistem pernapasan burung terdiri dari trakea, bronkus, paru-paru dan kantung udara.
  • Sapi: Organ pernapasan pada kucing adalah hidung, rongga hidung, sinus, faring, laring, trakea, paru-paru, bronkus dan diafragma. Sama dengan jenis hewan yang menggunakan paru-paru yang berfungsi untuk menukar oksigen di udara dengan karbondioksida di dalam tubuh.

Diskusi

Sistem pernapasan adalah sistem yang terbentuk dari organ dan struktur yang akan dimanfaatkan dalam melakukan pertukaran gas pada makhluk hidup. Sistem pernapasan sendiri dapat diklasifikasikan secara berbeda antara satu jenis makhluk dengan makhluk hidup lainnya sehingga masing-masing akan memiliki keunikan tersendiri dalam bernafas

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain