Sebutkan 10 seni tari islami dan asal muasalnya?

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan Sebutkan 10 seni tari islami dan asal muasalnya? Untuk Kelas: – Mata Pelajaran : Seni Budaya, Bab : Tari Islami

Sebutkan 10 seni tari islami dan asal muasalnya?

Menjawab:

tarian islami di Indonesia dan asal adalah

1. Tari Zapin (Riau)

2. Tari Rabbani Wahed (Bireuen, Aceh)

3. Tari Rudat (Lombok)

4. Tari Saman (Aceh)

5. Tari Seudati (Pidie, Aceh)

6. Tari Laweut (Aceh)

Seni tari yang ada hanya enam yang merupakan seni tari yang bernafaskan Islam.

Diskusi

Islam memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan seni rupa di Indonesia, termasuk seni tari. Namun, tidak banyak tarian islami di Indonesia sejak masuknya Islam. Tarian Islam berkembang pesat di kerajaan-kerajaan Islam, seperti di Aceh dan Riau.

Salah satu seni tari islami yang berasal dari Aceh adalah Tari Laweut. Tari Lawet berasal dari kata selawat, yaitu berupa sanjungan yang ditujukan kepada junjungan nabi Muhammad Saw. Syair yang mengiringi tarian ini memang banyak memberikan shalawat kepada Nabi. Fungsi utama tarian ini yaitu sebagai media dakwah yang memberikan pengetahuan tentang agama Islam. Tari Laweut ini diiringi oleh suara-suara yang berasal dari tubuh penari itu sendiri, seperti tepuk dada, tepuk tangan, hentakan kaki, dan vokal shahi melantunkan syair.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain