Sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan. Oleh karena itu, Indonesia disebut sebagai negara

Di bawah ini adalah pembahasan terkait masalah bahwa sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan. oleh karena itu, Indonesia disebut sebagai negara yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas: 11 Kursus: Bab Geografi : 1

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan. Oleh karena itu, Indonesia disebut sebagai negara

Menjawab :

Sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan. Oleh karena itu, Indonesia disebut sebagai Negara Maritim karena wilayah perairan di Indonesia lebih luas daripada wilayah daratan.

Diskusi

Negara maritim merupakan negara yang memiliki wilayah laut teritorial yang sangat luas. Pada umumnya perairan di suatu negara maritim lebih luas daripada luas daratannya. Indonesia disebut sebagai negara maritim karena memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada wilayah daratannya. Indonesia memiliki sekitar 17.999 pulau, dengan garis pantai sepanjang 81.000KM (terpanjang kedua setelah Kanada). Berikut ini adalah ciri negara maritim itu adalah:

  • Negara-negara maritim memiliki lebih banyak perairan teritorial. Wilayah perairan atau lautnya memiliki luas sekitar 2/3 dari luas daratannya.
  • Negara maritim memiliki banyak pulau yang dikelilingi oleh air laut atau perairan.
  • Negara maritim memiliki sumber daya alam di bidang kelautan yang sangat besar. Sumber daya alam tersebut dapat berupa air mineral, energi, pangan dan sandang dan lain-lain.
  • Sebagian besar negara maritim adalah nelayan. Selain nelayan, masyarakatnya bekerja di sektor kelautan.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain