Posisikan raket telentang, ibu jari dan telunjuk menempel pada pangkal batang raket yang permukaannya rata, permukaan sebaliknya untuk meletakkan telapak tangan. Grip adalah cara memegang raket dengan cara ini

Di bawah ini pembahasan terkait posisi raket terlentang, ibu jari dan telunjuk menempel pada pangkal batang raket yang permukaannya rata, permukaan yang berlawanan untuk meletakkan telapak tangan. Pegangan adalah cara memegang raket dengan cara yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas: 9 Kursus: Pendidikan Jasmani Bab: Bab 13 – Permainan Bulu Tangkis

Posisikan raket telentang, ibu jari dan telunjuk menempel pada pangkal batang raket yang permukaannya rata, permukaan sebaliknya untuk meletakkan telapak tangan. Grip adalah cara memegang raket dengan cara ini

Menjawab :

Pegang raket pada ibu jari dan telunjuk yang menempel pada pangkal batang raket, termasuk cara ini teknik genggaman amerika. Berikut beberapa teknik memegang raket dalam bulutangkis :

  1. Pegangan depan.
  2. Pegangan punggung.
  3. genggaman Amerika.
  4. Kombinasi.

Diskusi

Bulu tangkis merupakan olahraga yang pemainnya menggunakan raket dan harus bergerak dengan cepat, tentunya olahraga ini banyak dimainkan di Asia karena bulu tangkis banyak ditemukan di India. Berikut penjelasan teknik memegang raket bulutangkis diatas :

  1. Pegangan depan. Pada teknik ini pegang raket dengan cara berjabat tangan, mulai dari jari tengah, manis sampai kelingking, pegang raket seperti berjabat tangan sehingga seolah-olah ibu jari membentuk huruf V. Oleh karena itu pegangan raket ini akan berdampak pada daya dorong penuh saat mengayunkan raket.
  2. Pegangan punggung. Pada saat memegang raket dengan teknik backhand grip ini lebih ditekankan pada ibu jari yang menekan permukaan gagang raket, dari sini akan terjadi posisi sejajar dari jari telunjuk, jari tengah hingga kelingking. Hal ini akan menghasilkan ibu jari yang aktif memegang raket sehingga akan mahir melakukan gerakan backhand untuk pegangan ibu jari yang kuat.
  3. genggaman Amerika. American grip berupa gerakan menempel pada permukaan grip raket yang lebar sehingga seperti membersihkan matras dengan kekuatan penuh. Maka dari ini akan menghasilkan smash hit yang dahsyat.
  4. Kombinasi. Pada teknik ini terdapat kombinasi antara forehand dan backhand sehingga gerakan tangan berubah saat bermain bulu tangkis, hal ini akan menghasilkan pukulan yang relatif lengkap namun sulit diketahui kelemahannya. Nah disinilah pentingnya teknik bulu tangkis.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain