Perbedaan antara perdagangan pulau dan perdagangan antar negara terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Apa yang terjadi pada perdagangan antar negara adalah

Di bawah ini pembahasan terkait soal perbedaan perdagangan antar pulau dan perdagangan antar negara terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Apa yang terjadi pada perdagangan antar negara adalah apa yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas: 8 Kursus: PPKn Bab: Bab 5 – Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia

Perbedaan antara perdagangan pulau dan perdagangan antar negara terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Apa yang terjadi pada perdagangan antar negara adalah

A. Regulasi yang ketat karena menyangkut kedaulatan negara
B. Peraturan yang longgar karena mengutamakan keuntungan
C. Regulasi yang ketat sebagai upaya menekan impor
D. Regulasi yang longgar sebagai upaya peningkatan ekspor

Menjawab :

Salah satunya yang terjadi adalah perdagangan antar negara adalah A. Regulasi yang ketat karena menyangkut kedaulatan negara. Pilihan selain a adalah salah karena kegiatan warga negara lain yang masuk ke suatu negara, seperti menjelajahi laut atau berdagang, harus meminta izin terlebih dahulu kepada suatu negara karena mencakup wilayah negara tersebut.

Diskusi

Kedaulatan persatuan, persatuan nasional memiliki peran penting dalam perdamaian suatu negara dalam jangka panjang. Maka inilah beberapa manfaat persatuan, kesatuan bangsa Indonesia :

  1. Menjadi landasan penting untuk mencapai tujuan bangsa. Tujuan nasional akan mudah tercapai jika ada upaya dalam suatu negara untuk bersatu padu mencapai tujuan tersebut, persatuan ditandai dengan toleransi dan perdamaian antar warga negara. Dari sinilah pentingnya tujuan negara dilandasi kerendahan hati dan persatuan agar dapat mencapai tujuan negara sehingga dapat terus meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam jangka panjang.
  2. Mencegah diskriminasi. Persatuan, kesatuan merupakan landasan penting agar dapat hidup berdampingan bersama di atas banyaknya perbedaan manusia. Dari sini penting untuk merasa tenang, rendah hati dan mau menerima perbedaan orang lain di sekitar kita. Oleh karena itu, penting untuk saling menjaga demi menghasilkan persatuan, persatuan jangka panjang dalam suatu negara.
  3. Ciptakan perdamaian. Banyak negara di dunia telah mengalami pergantian pemerintahan dan penggulingan pemerintahan karena perilaku masyarakatnya yang tidak damai. Dari sinilah pentingnya perilaku damai, menghargai perbedaan agar dapat hidup berdampingan dalam suatu negara. Maka dari itu pentingnya manfaat persatuan, kesatuan suatu negara.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain