Perang gamelan blebekan yaiku….

Di bawah ini adalah pembahasan terkait isu perang gamelan bentuk kang, yang sudah terjawab dan terverifikasi Kelas: SMA Kursus : Seni budaya

Peperangan gamelan adalah salah satu bentuk blebekan yaiku

A.Kendhang

B.Bonang

C.Demung

D.Kethuk

E. Gong​

Menjawab :

Perang gamelan kang ada blebekan yaitu Bonang (B). Makna dari pertanyaan tersebut adalah “set gamelan yang berbentuk blebekan adalah Bonang”.

Diskusi

Gamelan adalah seperangkat alat musik. Pada dasarnya gamelan ricikan terbagi menjadi tiga macam, menurut bentuk dan wujudnya, yaitu:

1. Bilah, bentuk dan bentuknya menyerupai bilah. Yang termasuk bilah ricikan antara lain: slenthem, saron barung, saron penerus, demung, gender barung, gender penerus, dan gambang (bilah kayu).

2. Pencon, bentuk dan wujud seperti pencon atau pencu, yang termasuk pencon ricikan antara lain kenong, kempul, gong besar, gong suwukan, bonang barung, selamat menjadi peneruskethuk, kempyаng, dan engkuk kemong.

3. Bentuk lain, bentuk dan bentuknya berbeda dengan bentuk di atas. Bentuk lainnya antara lain rebab, kendhang siter, suling, dan kemanak.

Bonang barung, termasuk pencon atau pencu ricikan. Nada-nada ricikan bonang dibuat dari dua gembyang atau dua oktaf secara berurutan. Fungsi bonang adalah sebagai pembuka lagu, tugasnya membuka atau memulai penyajian bagian tertentu dan penghias lagu.

Penerus Bonans, termasuk pencon ricans. Nada-nada pada bonang penerus terbuat dari dua gembyang. Fungsi bonang penerus adalah sebagai pengisi lagu, tugasnya adalah penghias lagu

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain