Peralatan yang terbuat dari baja biasanya tahan lama karena kuat. Apa saja komponen logam? jelaskan pengelompokannya!

Dibawah ini adalah pembahasan mengenai peralatan yang terbuat dari baja yang biasanya tahan lama karena kuat. Apa saja komponen logam? jelaskan pengelompokannya! yang telah dijawab dan diverifikasi

Peralatan yang terbuat dari baja biasanya tahan lama karena kuat. Apa saja komponen logam? jelaskan pengelompokannya!

Menjawab :

Komponen menulis baja sehingga logam Yang awet dan kuat adalah besi dan karbon. Sedangkan komponen lainnya adalah Karbon (C), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Silikon (Si), Nikel (Ni), dan Besi (Fe).

Diskusi

Baja adalah logam paduan berbasis besi. Besi murni memiliki sifat kurang kuat dan mudah berkarat, namun memiliki tingkat keuletan yang tinggi. logam besi dalam baja digabungkan dengan beberapa unsur lain, termasuk unsur karbon untuk memodifikasi karakteristiknya. Beberapa logam umum yang digunakan sebagai paduan adalah Nikel, Mangan, Aluminium, dan Bismut. Elemen lain yang lebih jarang digunakan termasuk Titanium, Vanadium, Chromium, Tungsten, Molybdenum, Boron, dan Niobium. Perbandingan unsur penyusun baja akan mempengaruhi sifat dan karakteristik dari baja itu sendiri.

Unsur karbon (C) biasanya ditambahkan pada baja untuk meningkatkan kekuatannya. Karbon menyala baja menyebabkan kekuatan baja meningkat tetapi karbon juga menyebabkan elastisitas baja menurun. Konten unsur karbon dalam baja berkisar antara 0,2% sampai 2,1% dari berat total. Persentase karbon yang terlalu besar akan menyebabkan baja menjadi rapuh atau mudah patah

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain