Penyakit jantung koroner dapat diobati dengan memasukkan stent (cincin jantung) ke dalam arteri koroner yang menyempit. Gambar berikut menunjukkan stent di arteri koroner. Darah dapat mengalir bebas melalui stent. Pengaruh stent pada laju aliran darah melalui arteri koroner adalah

A.menambah panjang kapal
B. untuk meningkatkan diameter kapal
C. mengurangi hambatan
D.memblokir aliran darah

Di bawah ini adalah diskusi tentang pertanyaan yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:11 Kursus : Pendidikan Jasmani Bab : 12

Menjawab :

Penyakit jantung koroner dapat diatasi dengan memasukkan stent atau cincin jantung ke dalam pembuluh darah koroner yang menyempit. Efek dari stent itu sendiri terhadap laju aliran darah melalui arteri koroner adalah B. Menambah diameter bejana.

Diskusi

Penyakit jantung koroner adalah penyakit dimana terdapat plak (kombinasi lemak, kolesterol, kalsium, dan bahan lain di dalam darah) yang menyumbat pembuluh darah. Penyakit jantung koroner menyebabkan suplai darah ke jantung berkurang. Darah akan dapat mengalir bebas kembali melalui stent. Stent itu sendiri adalah kawat baja tahan karat berbentuk tabung yang digunakan untuk membuka arteri koroner yang tersumbat dalam prosedur angioplasti. Stent itu akan dikurangi menjadi diameter terkecil di mana ada kateter balon. Kemudian stent dan balon akan diarahkan ke area yang tersumbat. Saat balon mengembang, maka Stent akan membesar sesuai ukuran dan bentuknya dan menempel pada dinding bagian dalam pembuluh darah. Ini akan membuat arteri tetap terbuka saat balon dipompa dan dilepaskan. Stent akan tetap berada di dalam arteri secara permanen dan tetap terbuka, serta meningkatkan aliran darah ke otot jantung dan menyembuhkan gejala penyakit jantung koroner.

Sehingga dapat diketahui bahwa B. Menambah diameter bejana adalah jawaban yang paling benar.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain