Pengertian Teks Ulasan Novel – Tujuan, Struktur & Contoh

Mengenal Teks Ulasan Novel dan Cara Membuatnya

Rangkaberita, kalian pasti sering membaca novel berdasarkan ulasan atau rekomendasi pembaca lainnya, bukan? Rekomendasi tersebut tentunya merupakan sebuah teks ulasan novel atau yang dikenal juga dengan resensi novel.

Teks ulasan novel biasanya berisi rincian mengenai keunikan dari cerita yang terdapat di sebuah novel. Paparan rincian tersebut, kemudian digunakan untuk mendukung penilaian atas kualitas novel yang diulas, sehingga Rangkaberita bisa memutuskan untuk membaca novel yang mana. Kalian juga dapat menulis ulasan novel sendiri dengan mempelajari teks ulasan novel, untuk memberi informasi yang bermanfaat kepada pembaca lain dengan informasi yang objektif.

Pengertian teks ulasan novel

Teks ulasan novel (resensi novel) merupakan salah satu jenis teks ulasan yang digunakan untuk menilai bagus tidaknya sebuah novel, melalui hasil penilaian terhadap kelebihan dan kelemahan isi novel yang diulas, disajikan secara detail, serta dapat dipertanggung-jawabkan. Ulasan yang dimuat dalam resensi novel dapat berupa penjelasan terkait ringkasan cerita, rincian keunikan, penafsiran, dan penilaian atas kualitas suatu novel.

Tujuan teks ulasan novel

Tujuan dan manfaat teks ulasan novel secara umum, yaitu dapat memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan suatu novel. Selain itu, melalui sebuah ulasan atau resensi, setiap orang akan dapat dipengaruhi minat bacanya terhadap sebuah novel atau karya itu sendiri. Adapun tujuan teks ulasan novel menurut S. Daniel dalam Dalman (2014: 231), yaitu sebagai berikut.

  1. Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang terlihat dan terungkap dalam sebuah novel.
  2. Mengajak pembaca untuk ikut serta dalam memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh mengenai fenomena atau masalah yang muncul dalam sebuah novel.
  3. Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah novel yang diulas pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.
  4. Menjawab pertanyaan yang timbul jika seseorang melihat novel yang baru saja terbit, seperti siapa pengarangnya, mengapa novel itu ditulis, dan bagaimana hubungannya dengan novel-novel sejenis karya pengarang yang sama.

Struktur teks ulasan novel

Karena teks ulasan novel merupakan salah satu jenis teks ulasan, maka teks ulasan novel juga menggunakan struktur teks ulasan, yaitu sebagai berikut.

  • Orientasi, yaitu bagian pengenalan tentang gambaran umum berupa latar belakang bagi pembaca mengenai sebuah novel yang akan diulas.
  • Tafsiran, yaitu gambaran detail mengenai sebuah novel, seperti bagian-bagian dari hasil karya atau keunikan dari buku tersebut.
  • Evaluasi, yaitu berisi hasil pandangan atau penilaian dari pengulas novel. Pada bagian ini, pengulas biasanya menyebutkan kelebihan dan kekurangan dari suatu novel.
  • Rangkuman, yaitu bagian penutup dari ulasan suatu novel. Bagian ini memuat komentar dari pengulas tentang berkualitas atau tidaknya novel tersebut untuk dibaca.

Contoh teks ulasan novel hujan

Orientasi (Pendahuluan)

Novel Hujan karya Tere Liye berhasil menjadi salah satu novel yang menyentuh hati masyarakat Indonesia.

Tafsiran (Isi Ulasan)

Novel Hujan bercerita mengenai kisah cinta, persahabatan, sekaligus dilema dalam perpisahan dan perpecahan para tokohnya. Hujan sendiri merupakan sub-tema yang menyelubungi keseluruhan isi novel berupa ungkapan yang disisipkan melalui majas alegori yang apik.

Pembaca akan merasa memiliki banyak persamaan dengan novel ini. Mulai dari rasa tentang bagaimana masalah terus-menerus menerpa, tapi harus dilalui secara seksama dan bersama-sama. Rasa cinta, amarah, suka dan duka pun tercermin dari kisah keseharian yang terjadi dalam novel Hujan.

Novel Hujan memiliki jumlah tokoh yang sedikit, tapi dibuat kuat pribadinya. Tokoh utamanya, Lail, seorang perempuan yang menjadi yatim piatu karena kedua orangtuanya meninggal dalam bencana alam di wilayah tempat tinggal mereka. Lail menyaksikan sendiri bagaimana ibu dan ayahnya tidak selamat dari kejamnya bencana itu.

Dari situlah cerita Novel Hujan dimulai. Lail dengan pendiriannya yang kuat, memiliki motivasi lebih untuk selalu bisa membantu menyelamatkan orang lain. Dia pun memutuskan untuk menjadi seorang perawat.

Tere Liye ternyata masih tidak bosan pula dalam memberikan kejutan pada setiap novelnya. Novel Hujan juga dipenuhi kejutan pemutarbalikan alur (plot twist) yang khas ala sang penulis.

Evaluasi

Pemutarbalikan alur khas ala Tere Liye masih menjadi salah satu keunggulan dalam Novel Hujan. Dapat dipastikan para pembaca nantinya tidak akan menduga berbagai plot twist yang ada di dalamnya. Ceritanya yang sangat menarik, serta menggunakan bahasa yang sederhana nan indah, membuat novel ini mudah dipahami oleh pembaca.

Namun, ada peristiwa-peristiwa yang terkesan terlalu dipaksakan. Salah satunya saat terjadinya bencana alam yang besar, tapi masih terdapat bangunan yang tidak rusak, bahkan utuh. Padahal, seharusnya bangunan dan rumah-rumah itu ikut runtuh, mengingat skala bencana alamnya yang sangat besar

Rangkuman (Penutup)

Cerita dalam Novel Hujan sangatlah menarik. Ditambah dengan penokohan yang memiliki ciri khas masing-masing, karakter yang kuat, dan terfokus, dapat membuat pembacanya semakin merasa terkait dan ikut terhanyut dalam ceritanya. Belum lagi melalui plot twist ala Tere Liye, pembaca akan dibuat semakin penasaran dan merasa berdebar-debar dengan akhir kisah novel ini.

Contoh teks ulasan novel laskar pelangi

Orientasi

Laskar Pelangi adalah salah satu novel karya Andrea Hirata bergenre roman yang diterbitkan tahun 2005 oleh Bentang Pustaka. Novel yang terdiri dari 259 halaman ini merupakan buku pertama yang diterbitkan dari tetralogi Laskar Pelangi, dengan tiga buku berikutnya, yaitu Sang Pemimpin, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi adalah Ikal, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun asli Belitung yang terlahir dari keluarga miskin. Tokoh lainnya yang menjadi teman-teman Ikal adalah Lintang, Saharan, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani dan Harun. Mereka disebut sebagai kelompok Laskar Pelangi dari SD Muhammadiyah di pulau Belitung.

Keterbatasan yang dimiliki ke-10 anak-anak Belitung ini pun tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap bersekolah. Novel ini juga menceritakan kisah senang dan sedih dari setiap anggota Laskar Pelangi.

Tafsiran

Latar lokasi cerita pada novel Laskar Pelangi, yaitu berlatar di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Diawali dengan kisah SD Muhammadiyah yang diancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak memiliki 10 orang siswa.

Pada awalnya, hanya ada 9 orang anak saja yang mendaftar. Namun, saat Pak Harfan, kepala sekolah SD Muhammadiyah hendak berpidato menutup sekolah, datanglah seorang anak laki-laki bernama Harun bersama ibunya untuk mendaftar dan menyelamatkan sekolah tersebut.

Pendaftaran Harun lah yang memulai cerita novel Laskar Pelangi, yang selanjutnya diikuti kisah perkenalan setiap siswa di kelas, pemilihan ketua kelas, kisah cinta pertama Ikal, hingga kemenangan Lintang dalam lomba cerdas cermat. Kisah ke-10 anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah ini sangatlah kocak dan mengharukan.

Evaluasi

Novel ini memiliki kelemahan dari segi penggunaan nama ilmiah dengan glosariumnya yang terdapat pada bagian belakang, bukan pada catatan kaki, sehingga pembaca merasa kurang nyaman, bahkan kesulitan untuk memahami istilah yang digunakan. Bagian ini kerap menghambat proses imajinasi saat membaca.

Ditambah lagi, perpindahan alur ceritanya juga kurang jelas, karena ada begitu banyak cerita yang secara mendalam mengisahkan hampir setiap tokoh di novel ini. Maka dari itu, benang merah dalam novel ini pun jadi kurang jelas dan sedikit membuat bingung.

Namun, secara keseluruhan cerita sangatlah baik, terlebih dari segi persahabatan dan pendidikan. Kisah yang dikemas dengan kalimat-kalimat puitis membuat pembaca terharu.

Rangkuman

Ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari kisah dalam novel Laskar Pelangi. Salah satunya, yakni agar kita pandai bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Tuhan. Tak hanya itu, tapi juga mengajari kita untuk tidak pantang menyerah dalam meraih impian kita.

Contoh teks ulasan sang pemimpi

Orientasi

Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata merupakan buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Ceritanya mengisahkan lika-liku perjalanan hidup sang penulis yang digambarkan dalam tokoh bernama Ikal, bersama teman-temannya yang sedang dilanda jerat kemiskinan. Di tengah kenakalan saat masa-masa SMA, ia dan teman-temannya pun tetap berjuang mengejar mimpi untuk bisa bersekolah ke luar negeri dan meraihnya.

Tafsiran

Novel ini menggunakan bahasa yang sangat puitis dan mampu menyihir pembacanya untuk ikut serta merasakan kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat dari setiap tokohnya. Selain itu, dalam novel ini juga tersurat lelucon-lelucon cerdas yang dapat menggelitik pola pikir para pembacanya.

Evaluasi

Meskipun novel Sang Pemimpi merupakan buku kedua dari Laskar Pelangi, tapi novel ini tidak memiliki kaitan sama sekali dengan buku pertamanya. Namun, novel ini juga memberikan pesan yang sama, yaitu jangan sampai kemiskinan menjadi penghalang untuk meraih dan mewujudkan impian kita.

Orientasi

Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata merupakan buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Ceritanya mengisahkan lika-liku perjalanan hidup sang penulis yang digambarkan dalam tokoh bernama Ikal, bersama teman-temannya yang sedang dilanda jerat kemiskinan. Di tengah kenakalan saat masa-masa SMA, ia dan teman-temannya pun tetap berjuang mengejar mimpi untuk bisa bersekolah ke luar negeri dan meraihnya.

Tafsiran

Novel ini menggunakan bahasa yang sangat puitis dan mampu menyihir pembacanya untuk ikut serta merasakan kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat dari setiap tokohnya. Selain itu, dalam novel ini juga tersurat lelucon-lelucon cerdas yang dapat menggelitik pola pikir para pembacanya.

Evaluasi

Meskipun novel Sang Pemimpi merupakan buku kedua dari Laskar Pelangi, tapi novel ini tidak memiliki kaitan sama sekali dengan buku pertamanya. Namun, novel ini juga memberikan pesan yang sama, yaitu jangan sampai kemiskinan menjadi penghalang untuk meraih dan mewujudkan impian kita.

Rangkuman

Secara keseluruhan, kisah dalam novel Sang Pemimpi sangat serat akan wawasan baru mengenai kehidupan para remaja daerah, terutama di Pulau Belitung. Novel ini pun mengajarkan pembaca betapa pentingnya kerja keras dan tetap semangat untuk tidak pantang menyerah.

Secara keseluruhan, kisah dalam novel Sang Pemimpi sangat serat akan wawasan baru mengenai kehidupan para remaja daerah, terutama di Pulau Belitung. Novel ini pun mengajarkan pembaca betapa pentingnya kerja keras dan tetap semangat untuk tidak pantang menyerah.

Teknik menulis ulasan novel

Setelah melihat beberapa contoh teks ulasan novel di atas, kalian bisa mulai menulis ulasan novel dengan teknik berikut ini.

  1. Cari dan temukan novel fiksi maupun nonfiksi baru yang akan dibuat ulasannya.
  2. Catatlah identitas novel yang akan diulas, seperti jenis novel, judul novel, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, hingga harga novel.
  3. Catat dan pahami tujuan dan latar belakang penulisan novel, dengan cara membaca kata pengantar atau prolog novel.
  4. Buatlah daftar yang berisi pokok-pokok isi novel secara keseluruhan.
  5. Buatlah kerangka teks ulasan novel sesuai strukturnya.
  6. Tuliskan paragraf pembuka yang menjelaskan tentang novel yang diulas.
  7. Tuliskan rangkaian paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/keberpihakan penulis.
  8. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi novel yang diulas.
  9. Tulis ringkasan cerita dari novel yang diulas secara jelas dan sistematis.
  10. Terakhir, berilah saran dan kesimpulan, apakah novel yang kita ulas tersebut layak dibaca atau tidak dengan evaluasi berupa perbandingan, antara novel yang diulas dengan novel lain yang mirip.

Hal-hal yang harus dipersiapkan ketika mengulas novel

Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan ketika mengulas novel, antara lain:

  1. Judul ulasan harus menarik dan menjiwai inti teks ulasan.
  2. Data-data novel, yaitu berisi informasi tentang novel yang diulas.
  3. Pada bagian pendahuluan, berisi latar belakang novel yang diulas (penulis novel, keunikan novel, dll).
  4. Isi ulasan mencakup ringkasan/sinopsis dan evaluasi/penilaian terhadap novel yang diulas.
  5. Kesimpulan ulasan berisi penegasan ulang/penilaian terhadap novel yang diulas dan pertimbangan apakah novel tersebut layak dibaca atau tidak.

Langkah-langkah menulis ulasan novel

Dalam menulis teks ulasan novel, Rangkaberita dapat mencoba langkah-langkah berikut dengan menerapkan teknik penulisan ulasan novel dan memuat hal-hal yang harus dipersiapkan dalam sebuah teks ulasan novel

  1. Mencatat identitas novel yang akan diulas, meliputi judul, nama penulis, nama penerbit, tahun terbit, hingga dimensi dan harga novel.
  2. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi novel yang diulas.
  3. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi novel yang diulas.
  4. Merumuskan kesimpulan mengenai isi dan kesan-kesan novel yang diulas secara keseluruhan.
  5. Membuat saran-saran untuk pembaca.

Rangkaberita, itulah pengertian, tujuan, struktur, dan contoh teks ulasan novel, serta langkah-langkah penulisannya yang dapat membantu kalian lebih paham tentang materi ini. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai teks ulasan novel, kalian bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Ayo, bergabung sekarang juga!