Pengertian Proposal Beserta Fungsi, Tujuan, Ciri, Bentuk, Jenis, dan Langkah Pembuatannya

Rangkaberita, proposal adalah rencana yang dibuat secara sistematis dan terperinci untuk kegiatan yang akan diadakan. Jadi, proposal adalah rencana kegiatan yang diwujudkan dalam sebuah desain. Oleh karena itu, proposal sering disebut sebagai usulan kegiatan atau rencana kerja.

Adanya proposal harus mampu meyakinkan pembaca untuk menyetujui dan mendukung rencana yang dibuat. Untuk mendukung pemahaman Anda, pada artikel kali ini Rangkaberita akan mempelajari bagian-bagian penting dari sebuah proposal.

Apa yang dimaksud dengan proposal?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rencana kerja yang sistematis, matang, dan matang yang disusun oleh peneliti sebelum melakukan penelitian, baik penelitian di lapangan (penelitian lapangan) serta penelitian literatur di perpustakaan (penelitian perpustakaan).

Sementara itu, Jay (2006:1) memberikan pengertian proposal adalah standar alat manajemen untuk berfungsi secara efisien.

Hasnun Anwar (2004:73) juga menjelaskan pengertian proposal adalah rencana yang disusun untuk suatu kegiatan tertentu.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian proposal adalah laporan rencana kerja yang sistematis yang diajukan kepada seseorang, suatu badan, atau pihak lain, sebagai alat untuk melaksanakan suatu kegiatan.

Apa fungsi dan tujuan proposal?

Fungsi Usulan

Berikut ini adalah fungsi proposal:

  1. Melakukan penelitian yang berkaitan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi dan lain-lain.
  2. Untuk mendirikan bisnis.
  3. Mengajukan tender dari berbagai instansi.
  4. Menyelenggarakan acara-acara kegiatan tertentu, seperti acara hajatan, pelatihan, perlombaan, seminar, dan lain-lain.
  5. Mengajukan dana kepada lembaga bantuan untuk suatu acara atau pembangunan daerah.

Tujuan Usulan

Tujuan pembuatan proposal pada umumnya adalah untuk mendapatkan izin atau persetujuan dari pihak yang berkepentingan, untuk diajak bekerja sama melancarkan rencana atau rancangan kegiatan yang akan dilakukan.

Selain itu, pengajuan proposal juga dapat digunakan sebagai pengajuan hibah (sponsor) melalui kerjasama dengan pihak lain. Nantinya, pihak-pihak tersebut akan bekerja sama dengan memberikan bantuan dana untuk pelaksanaan kegiatan.

Apa saja ciri-ciri teks proposal?

Ciri-ciri teks proposal adalah sebagai berikut.

  1. Proposal dibuat sebagai rencana kerja dari suatu kegiatan yang akan dilaksanakan.
  2. Sebagai notifikasi pertama dari suatu kegiatan.
  3. Berisi tentang latar belakang dan tujuan kegiatan.
  4. Usulan tersebut dalam bentuk lembaran pemberitahuan yang dijilid.

Apa isi proposal secara umum?

Isi proposal secara umum yaitu berupa proposal kegiatan yang terdiri dari rincian kegiatan yang akan dilaksanakan, siapa pesertanya, fasilitas apa saja yang dibutuhkan, serta waktu dan lokasi kegiatan. Isi spesifik dari proposal dapat bervariasi, tergantung pada jenis kegiatan yang diusulkan.

Mengenai isi proposal, ada aspek-aspek yang harus kita perhatikan, antara lain:

  1. Berdasarkan strukturnya, kita perlu memperhatikan bagian-bagian proposal yang perlu disusun sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam penyusunan proposal.
  2. Berdasarkan kelengkapannya, kita perlu memperhatikan bagian-bagian yang dianggap penting dan kurang penting untuk ditambahkan agar proposal lebih efektif memuat kelengkapannya.
  3. Berdasarkan kepentingannya, kita perlu memperhatikan bagian-bagian penting yang akan dituangkan dalam proposal. Jika ada informasi atau data yang tidak penting, tidak perlu dicantumkan.
  4. Berdasarkan kesesuaiannya, kita perlu memperhatikan bagian-bagian proposal yang telah dikemukakan sebelumnya, dengan harapan proposal yang kita buat koheren; tidak bertentangan satu sama lain.
  5. Berdasarkan kejelasan tersebut, kita perlu memperhatikan bagian-bagian proposal yang belum jelas, seperti data yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, bagian ini perlu kami lengkapi dengan data yang lebih lengkap dan detail.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, kita dapat melengkapi isi proposal menjadi teks yang lengkap.

Struktur Proposal

Sistematika atau struktur proposal secara umum terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut.

  1. Latar belakang
  2. Masalah dan Tujuan
    1. Masalah
    2. Objektif
  3. Lingkup Kegiatan
    1. obyek
    2. Jenis kegiatan
  4. Kerangka Teoritis dan Hipotesis
    1. Kerangka teoritis
    2. hipotesa
  5. metode
  6. Penyelenggara acara
    1. Orang yang bertanggung jawab
    2. Tata letak komite
  7. Fasilitas yang Tersedia
    1. Cara
    2. Peralatan
  8. Keuntungan dan kerugian
    1. Keuntungan
    2. Kemungkinan kerugian
  9. Lama Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    1. Waktu
    2. Tempat
  10. Anggaran
  11. Bibliografi
  12. Lampiran

Bagaimana bentuk proposalnya?

Berdasarkan bentuknya, ada 3 (tiga) bentuk proposal, yaitu:

  • Proposal Resmi
    Proposal formal umumnya dilengkapi dengan tiga bagian utama:
    • Pendahuluan, meliputi sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan lembar pengesahan.
    • Isi proposal meliputi latar belakang, batasan masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu dan biaya.
    • Data pelengkap proposal yaitu lampiran, tabel, daftar pustaka, dan lain-lain.
  • Proposal Semiformal
    Proposal semi formal umumnya tidak selengkap proposal formal, namun masih menggunakan konvensi bahasa yang baku. Proposal semi formal biasanya mencakup informasi mengenai masalah, saran, solusi, dan permintaan.
  1. Proposal Informal
    Proposal informal umumnya hampir sama dengan proposal semi formal dan disampaikan dalam bentuk surat atau memorandum. Namun, dalam proposal nonformal ada beberapa hal yang membedakannya dengan bentuk proposal lain, seperti masalah, saran, solusi, dan permintaan.

Jenis Proposal

Secara umum, jenis-jenis proposal antara lain sebagai berikut.

Proposal bisnis

Proposal bisnis atau business proposal tentunya merupakan jenis proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis, atau bisa juga kita artikan sebagai rancangan rencana kerja yang diajukan oleh individu atau kelompok kepada investor.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah rencana kerja atau rancangan suatu kegiatan, baik perorangan maupun kelompok. Contoh proposal kegiatan yaitu proposal pertunjukan seni budaya, proposal kegiatan perpisahan sekolah, proposal kegiatan perkemahan, dan sebagainya.

Proposal penelitian

Proposal penelitian adalah referensi/gagasan atau gagasan/proposal yang ditujukan kepada instansi, lembaga, atau lembaga lain untuk melakukan penelitian terhadap suatu masalah. Proposal ini memuat uraian singkat mengenai penelitian, latar belakang dan maksud dan tujuan penelitian, alasan mengapa isi atau topik penelitian terus diangkat, waktu yang dibutuhkan, lokasi penelitian, dan sebagainya.

Proposal Kewirausahaan

Dalam proposal wirausaha, hal utama yang harus dipahami adalah kepada siapa proposal ini akan ditujukan. Aktif pemilik (Magang yang memiliki posisi lebih tinggi), atau Mitra (mitra yang akan diundang untuk berkolaborasi), kepada lembaga pemberi lisensi, dan/atau kepada sponsor.

Langkah-langkah dalam membuat proposal

Agar kegiatan Anda dapat terlaksana dengan baik, berikut adalah langkah-langkah penyusunan kerangka usulan kegiatan.

  1. Menentukan jenis kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Menyusun garis besar proposal.
  3. Menentukan data untuk setiap komponen kegiatan yang telah ditentukan.
  4. Menyusun proposal kegiatan berdasarkan kerangka kerja dan data yang telah disiapkan.
  5. Lakukan pengeditan pada konten dan bahasa.

Rangkaberita, itulah penjelasan singkat mengenai proposal tersebut. Untuk memperdalam pemahaman Anda tentang proposal, Anda bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan.

Selain bahasa Indonesia, Rangkaberita juga bisa mempelajari materi dari mata pelajaran lain, seperti Ekonomi, Geografi, Kimia, Biologi, Fisika, dan Bahasa Inggris. Yuk, gabung sekarang supaya kamu makin pintar dengan belajar bersama Quipper!