Pengertian Artikel Lengkap dengan Ciri, Contoh, dan Langkah Membuatnya

Pengertian Artikel Lengkap dengan Ciri, Contoh dan Langkah Membuatnya

Apakah kamu tahu bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar agar bisa mengundang banyak pembaca? Sejatinya, menulis sebuah artikel yang baik tidak terlalu sulit, itu semua tergantung dari topik yang akan ditulis. Maka dari itu, di pembahasan kali ini kami akan membahasnya secara detail.

Di sini kita akan membahas apa itu artikel, format atau struktur penulisan artikel, topik dan contoh penulisan artikel yang baik. Kemudian ada tata cara bagaimana menulis artikel yang benar dan aturan penulisan artikel. Cara ini bertujuan untuk membuat artikel yang unik, menginspirasi, dan berpengaruh.

Dengan membaca ulasan ini, kamu akan memahami dan pelajari ide lengkap tentang cara menulis artikel yang sempurna tentang berbagai topik seperti orang, tempat, benda, isu yang sedang tren, hingga kemajuan teknis dan non-teknis.

Agar tidak membuat kamu semakin bingung dan penasaran, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karya tulis yang diterbitkan dalam media cetak atau elektronik. Artikel bisa dibuat untuk tujuan penyampaian berita, hasil penelitian, analisis akademis, atau debat.

Biasanya, artikel merupakan bentuk tulisan yang diterbitkan di surat kabar atau majalah untuk menjelaskan pada khalayak luas tentang topik atau subjek tertentu.

Tujuan utama menulis artikel adalah untuk membuat beberapa perubahan pada dunia dengan menyajikan fakta, statistik, atau pandangan.

Ada begitu banyak tujuan penulisan artikel tentang berbagai topik seperti masyarakat, figur, lokasi, isu yang sedang naik daun, dan perkembangan teknis yang semakin berkembang.

Ini mempengaruhi beberapa pembaca dan beberapa orang lain mungkin saja gagal memahaminya karena kekacauan dalam penulisan artikel.

Jadi, mengikuti format penulisan artikel yang benar akan membantu kamu menyampaikan pandangan, fakta, atau statistik kepada pembaca.

Struktur Penulisan Artikel

Untuk menulis artikel yang sempurna, seseorang harus memiliki pengetahuan mendalam tentang topik tersebut untuk memberikan 100% informasi mengenai produk, layanan, merek, dan lainnya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan riset dan juga perencanaan sebelum mulai menulis artikel.

Untuk membuat artikel kamu menonjol dari yang lain dan bisa menarik minat pembaca secara maksimal, ada beberapa format dasar untuk menulis artikel diperlukan. Simak, format penulisan artikel yang perlu kamu ketahui berikut ini.

  • Judul/Heading
  • By Line
  • Body (bagian utama artikel, 3-4 paragraf)
  • Kesimpulan (paragraf penutup artikel dengan opini atau rekomendasi, antisipasi, atau banding)

Setelah mengetahui semua format artikel yang baik dan benar, kini saatnya kamu harus tahu lebih dulu tentang pengertiannya.

1. Judul

Ketika ingin menulis sebuah artikel, kamu harus bisa membuat judul yang menarik untuk audiens. Judul yang menarik ini harus berhubungan dengan kata pencarian pembaca atau biasa disebut dengan keyword. Panjang judul tidak boleh melebihi 5-6 kata agar bisa dibaca dengan enak.

Maka dari itu, berpikirlah kreatif dan buat audiens atau pembaca terkesan dengan satu baris paragrafnya. Jangan lupa tingkatkan rasa penasaran mereka untuk melanjutkan membaca artikel kamu.

2. By Line

By line dalam penulisan artikel artinya nama orang yang menulis artikel. Hal ini umumnya diberikan dalam pertanyaan. Jika kamu sedang menjawab pertanyaan dalam bentuk artikel, maka kamu cukup menulis beberapa informasi pribadi.

3. Body

Body adalah bagian utama dari penulisan artikel yang lebih banyak mengandung konten. Biasanya, bodi artikel terdiri atas setidaknya 3 hingga 4 paragraf.

4. Kesimpulan

Paragraf terakhir dari sebuah artikel harus berbentuk seperti rekomendasi, antisipasi, pandangan, dan lainnya di mana pembaca akan merasa puas dengan artikel kamu.

Topik dan Contoh Penulisan Artikel

Bagian ini adalah inti dari artikel ini yang mana kamu dapat melihat konten yang paling ditunggu tentang penulisan artikel yaitu, topik dan contoh artikel.

Mencari topik penulisan artikel terbaik yang bisa mendatangkan banyak trafik sangat bergantung pada riset. Di bawah ini adalah salah satu contoh artikel yang ramai dibaca orang.

Misalnya saja topik tentang, Iguana Biru yang Langka: Fakta, Ciri-ciri, Perilaku, Habitat, Makanan, dan Status.

Iguana biru adalah spesies kadal yang saat ini terancam punah. Hewan ini asli pulau Grand Cayman. Dengan jari-jari kaki kadal ini yang unik, iguana biru dapat menggali sesuatu dengan cepat dan memanjat pohon.

Bila pejantan dewasa bisa berwarna abu-abu gelap hingga pirus, betina lebih berwarna hijau zaitun hingga biru pucat.

Fakta Iguana Biru

Iguana biru muda memiliki warna yang jauh berbeda yang jauh lebih gelap, menampilkan rona coklat tua atau hijau dengan pita yang lebih gelap secara seragam.

Iguana biru dewasa dapat mengubah warna mereka menjadi biru ketika mereka berada di sekitar iguana lain untuk menandai wilayah mereka, tetapi mereka sering lebih memilih untuk tetap berada di tanah.

Fakta Iguana Biru yang Menakjubkan

Bahkan dengan banyak keunikan yang dimiliki spesies reptil lainnya, iguana biru masih memiliki banyak fakta menariknya tersendiri yang membuatnya menonjol. Berikut adalah beberapa ciri yang dipancarkan iguana biru.

1. Iguana biru adalah axanthic, yang berarti mereka tidak memiliki pigmen biru atau kuning di kulit mereka. Sebaliknya, mereka hanya dapat menciptakan warna abu-abu, hitam, dan coklat pada kulit mereka.

2. Iguana biru mencapai panjang maksimal 75 cm dengan berat mencapai 14 kg (termasuk iguana terbesar di dunia).

3. Iguana biru biasanya tidak suka hidup bersama; mereka memilih kehidupan yang lebih menyendiri. Namun tetap saja, mereka akan mencari pasangan ketika akan kawin.

4. Dalam hal waktu tidur, iguana biru lebih suka tidur di kegelapan malam, sama seperti spesies iguana lainnya.

5. Iguana biru sangat teritorial, menunjukkan agresi terhadap setiap ancaman terhadap habitat mereka bahkan sejak berumur beberapa bulan.

Nama Ilmiah Iguana Biru

Iguana biru memiliki nama ilmiah Cyclura lewisi. Mereka anggota kerajaan Animalia dan filum Chordata. Kelas mereka disebut Reptilia, dan ordonya disebut Squamata. Subordonya adalah Iguania dan familinya disebut Iguanidae. Genusnya disebut Cyclura dan spesiesnya disebut C. lewisi.

Penampilan Iguana Biru

Iguana biru biasanya memiliki kulit yang berkisar dari biru kehitaman hingga abu-abu. Mereka memiliki pita silang di atas tubuh mereka. Namun pita itu hampir tidak terlihat. Warna kulit pejantan dewasa berkisar dari abu-abu gelap hingga biru pirus, sedangkan betina lebih hijau zaitun hingga biru pucat. Sementara itu, iguana biru muda berwarna coklat tua atau hijau yang seragam.

Pewarnaan semacam ini memberikan keuntungan kamuflase yang bagus untuk kadal ini. Selama musim kawin, iguana biru menjadi biru cerah. Seperti banyak spesies lain, warna cerah lebih menonjol dan jelas pada pejantan daripada betina. Pejantan juga dikenal lebih besar dari betina. Mereka memiliki puncak punggung yang lebih menonjol serta pori-pori femoralis yang lebih besar di paha mereka. Pori-pori ini digunakan untuk melepaskan feromon.

Iguana biru axanthic biasanya berukuran sekitar 50 hingga 75 cm dan beratnya sekitar 14 kg. Sedangkan bayi iguana biru hanya berukuran 25 hingga 35 cm.

Perilaku Iguana Biru

Iguana ini biasanya soliter dan berkumpul hanya untuk berkembang biak. Mereka dikenal aktif di siang hari dan biasanya menikmati tidur sepanjang malam. Mereka suka tidur di rongga pohon serta lubang batu.

Kadal ini bersifat terestrial yang berarti mereka suka tinggal di tanah, tetapi mereka dapat memanjat pohon setinggi 4,5 meter atau lebih tinggi. Iguana biru muda lebih arboreal.

Meskipun kadal ini dikenal soliter, di penangkaran mereka dapat berubah menjadi sangat agresif satu sama lain sejak usia yang sangat muda. Mereka dikenal menjadi lebih berani dan lebih terlihat seiring bertambahnya usia.

Iguana betina hidup menyendiri hampir di sepanjang tahun. Mereka tinggal di rumah dekat dengan lubang batu favorit mereka. Betina dikenal mempertahankan wilayah kecil termasuk tempat untuk makan serta berjemur.

Tidak ada iguana betina dewasa lainnya yang diizinkan masuk ke wilayah mereka. Pesan agar menjauh dikomunikasikan melalui anggukan kepala yang kuat. Jika itu tidak berhasil, penyusup kemudian akan diserang.

Pejantan di sisi lain kurang terikat pada satu tempat dan sering tidur di lubang alternatif yang biasanya tersebar di wilayah yang jauh lebih besar.

Selama musim non-kawin, pejantan akan malas dan bangun terlambat. Mereka makan banyak selama waktu ini dan tidak bergerak selama berjam-jam.

Iguana biru bisa menjadi hewan peliharaan yang bagus. Mereka dijual dengan harga tinggi, terkadang hingga 1000 dolar AS harganya. Mereka adalah salah satu kadal paling populer yang dijadikan hewan peliharaan.

Namun mereka membutuhkan banyak perhatian dan perawatan manusia. Di bawah perawatan yang baik, mereka dapat hidup selama 69 tahun. Biasanya, jika tidak, umur mereka sekitar 25 hingga 40 tahun.

Habitat Iguana Biru

Iguana ini berasal dari pulau Grand Cayman. Mereka suka tidur di rongga pohon dan lubang batu. Mereka lebih suka tinggal di hutan kering dan berbatu yang terletak di daerah pesisir. Hutan berbatu yang mereka sukai bisa berisi kaktus dan tanaman berduri lainnya.

Selain itu, kadal ini juga dapat ditemukan di hutan semi-gugur, hutan semak belukar, hutan lembab, serta hutan kering hingga subtropis yang lembab. Tidak hanya itu, iguana biru juga dapat beradaptasi dan dapat ditemukan di habitat yang dimodifikasi manusia.

Makanan Iguana Biru

Iguana ini terutama herbivora dan kebanyakan memakan batang dan daun. Mereka juga makan buah dan bunga. Namun terkadang Anda dapat melihat kadal ini memakan kotoran, jamur, tanah, dan serangga.

Laporan menunjukkan bahwa di beberapa kebun binatang, kadal ini diberi makan wortel, ubi jalar, sayuran berdaun hijau, dan pelet kadal herbivora. Mereka mungkin juga memakan kepiting dan siput sesekali.

Predator dan Ancaman Iguana Biru

Iguana biru menghadapi ancaman predasi dari hewan liar. Selain itu, anjing dan kucing yang berkeliaran bebas juga memburu kadal ini. Mereka diketahui membunuh dan memangsa iguana dewasa maupun iguana muda.

Bayi iguana biru dan kelompok anakannya menghadapi ancaman predator dari tikus Norwegia. Aktivitas manusia seperti penggundulan hutan, industrialisasi, dan urbanisasi juga menjadi ancaman bagi kadal iguana yang menakjubkan ini.

Reproduksi dan Siklus Hidup Iguana Biru

Iguana biru diketahui masuk sesi kawin pada bulan Mei hingga Juni. Iguana jantan mengawini betina dengan anggukan. Setelah itu, pejantan melingkari betina dan memegang tengkuknya.

Empat puluh hari setelah kawin, betina menggali sarang di kantong tanah. Sarang-sarang ini berada di tanah yang terkena sinar matahari.

Betina kemudian bertelur di sana. Jumlah anakan dapat bervariasi antara satu hingga 20 dalam sekali bertelur. Telur biasanya dikeluarkan pada bulan Juni atau Juli.

Para peneliti mengatakan bahwa sarang mempertahankan suhu 32 derajat Celcius selama masa inkubasi. Masa inkubasi berkisar antara 65 hingga 90 hari.

Bayi iguana menjadi agresif teritorial sejak mereka berusia sekitar tiga bulan. Mereka diketahui mencapai kematangan seksual pada usia empat tahun di penangkaran.

Iguana biru dikatakan hidup selama 25 sampai 40 tahun biasanya. Namun dalam satu kasus, seekor iguana jantan yang dipelihara dalam perawatan manusia bisa bertahan selama sekitar 69 tahun secara total.

Populasi Iguana Biru

Daftar Merah IUCN menyebutkan bahwa ada sekitar 443 ekor iguana biru dewasa di dunia. Spesies ini saat ini dikategorikan sebagai terancam punah di Daftar Merah IUCN. Namun jumlah populasi sekarang dinyatakan meningkat di seluruh dunia.

Juga disebutkan bahwa pada tahun 2003 silam, hanya ada kurang dari 15 ekor iguana biru yang tersisa di alam liar, dan pada dekade pertama abad ke-21, populasi liar dikatakan punah.

Iguana biru terutama herbivora di alam dan kebanyakan memakan batang dan daun. Mereka juga makan buah dan bunga. Terkadang mereka memakan serangga, tanah, kepiting, dan juga siput.

Dibandingkan iguana hijau, iguana biru memiliki fitur fisik yang lebih berat dan lebih besar. Oleh karena itu, iguana biru lebih menyukai lingkungan luar ruangan daripada iguana hijau.

Nah, itulah berbagai fakta menarik tentang iguana biru yang bisa kami bagikan untuk Anda.

=================================

(diterbitkan di sibinatang.com)

Unsur Keabsahan Artikel

Unsur keabsahan sebuah artikel biasanya terdapat dalam bentuk artikel atau karya ilmiah yang memiliki persamaannya dalam penyajian isi artikel. Penyajian isi artikel ini didasarkan pada fakta yang akurat dalam opini, bukan imajinasi atau fiksi.

Agar semakin detail dan paham berikut ini, beberapa unsur keabsahan artikel yang harus kamu ketahui.

Adverbia

Unsur adverbia adalah suatu bahasa artikel yang mampu mengekspresikan sikap eksposisi penulis. Supaya artikel kamu lebih meyakinkan pembaca, dianjurkan adanya ekspresi kepastian.

Ekspresi ini dapat dipertegas dengan menggunakan kata adverbia atau keterangan frekuentif, seperti sering, selalu, biasanya, kadang-kadang, jarang, dan sebagian besar.

Konjungsi

Kemudian ada unsur konjungsi yang artinya adalah kata sambung atau sebuah ungkapan yang menghubungan satu atau dua bahasa yang sederajat. Misalnya seperti, klausa dengan klausa, kata dengan kata, dan kalimat dengan kalimat.

Kata konjungsi juga harus digunakan dengan tepat agar dapat memperkuat pembahasan yang dapat digunakan dalam sebuah artikel. Berikut ini adalah jenis-jenis konjungsi yang sering ada di artikel.

1. Konjungsi yang digunakan untuk argumentasi, misalnya selain itu, seperti, sebagai contoh, padahal, dan justru.

2. Konjungsi untuk menata sebuah argumentasi penulis, diantaranya pertama, kedua, selanjutnya, dan berikutnya.

3. Konjungsi yang menyatakan sebuah harapan, misalnya sebagainya dan supaya.

4. Konjungsi yang menyatakan sebuah hubungan sebab-akibat, seperti sebelumnya, sejak, dan sebagainya.

Kosakata

Kemudian ada kosakata yang artinya perbendaharaan kata. Agar artikel yang kamu tulis selalu menarik perhatian pembaca, kamu perlu menggunakan sebuah kosakata yang luas dan menarik audiens.

Bagaimana Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar?

Langkah-langkah berikut akan menjelaskan tentang cara menulis artikel dengan cara yang terstruktur dengan baik untuk membantumenarik perhatian audiens pada artikel yang diterbitkan di website.

  • Pilih topik yang sesuai untuk menarik audiens target kamu.
  • Lakukan riset dan kumpulkan informasi yang diperlukan untuk topik yang kamu pilih.
  • Atur semua fakta dan statistik terkait topik penting dengan cara yang logis.
  • Tulis semua kebutuhan pembaca untuk mempengaruhi dan membantu mereka.
  • Jadikan pandangan kamu unik dan spesifik.
  • Baca, revisi, dan ulangi.
  • Periksa ulang kesalahan tata bahasa dan hindari baris yang tidak perlu dan berulang.

Langkah atau Aturan Penulisan Artikel yang Baik

  • Aturan 1: Kuasai topik
  • Aturan 2: Lakukan riset mendalam
  • Aturan 3: Jaga struktur dan bentuk
  • Aturan 4: Jaga agar paragraf tetap pendek dan teksnya menarik secara visual
  • Aturan 5: Jaga artikel tetap padat, ringkas, berisi
  • Aturan 6: Selalu koreksi tulisan kamu

Itulah berbagai hal yang perlu kamu pahami tentang artikel, cara penulisannya, dan contoh yang bisa kamu pelajari. Semoga pembahasan tentang artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!