Pahami Teks Diskusi dari Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Mengenal Teks Diskusi

Rangkaberita, gagasan atau pemikiran antara dua orang atau lebih terhadap suatu isu seringkali berbeda. Untuk mencapai tujuan yang sama terhadap isu atau hal yang berbeda tersebut, maka perlu dilakukan diskusi. 

Dengan diskusi, nantinya akan muncul argumen-argumen, baik yang mendukung (pro) maupun yang menolak (kontra) isu yang didiskusikan, dan hasilnya akan membuahkan kesepakatan atas perbedaan terhadap isu tersebut. Dalam diskusi diperlukan teks diskusi yang tersusun atas isu, argumen pro dan kontra, dan simpulan untuk memperjelas dan mengatur jalannya diskusi.

Pengertian teks diskusi

Teks diskusi adalah sebuah teks yang menyediakan informasi dan memberikan dua pendapat berbeda (pro dan kontra) mengenai suatu isu, yang menyebabkan kedua belah pihak menjadi saling membicarakan masalah yang sedang dipersoalkan dan dijadikan bahan diskusi atau debat.

Kata diskusi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti sebagai pertemuan ilmiah untuk melakukan tukar pikiran suatu permasalahan. Dengan begitu, maka dapat diketahu bahwa teks diskusi menurut KBBI dimaknai sebagai wacana tertulis yang berisi suatu masalah untuk dibahas dalam suatu pertemuan ilmiah, sehingga terjadi pertukaran pikiran dan kesepakatan bersama.

Tujuan teks diskusi

Adapun tujuan dari adanya teks diskusi, yaitu:

  1. Untuk melakukan pengujian bukti suatu sistem nilai, opini, dan respons dari suatu gagasan atau orang lain.
  2. Untuk saling tukar pikiran dan ide.
  3. Untuk mempelajari, mengungkapkan, dan juga menanggapi suatu keterangan yang searah.
  4. Untuk menghubungkan data dan kondisi dari berbagai pandangan/pendapat orang lain dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Ciri-ciri teks diskusi

  1. Menggunakan konjungsi perlawanan guna mempertegas perbedaan argumen, dari dua atau lebih narasumber dalam suatu diskusi.
  2. Menggunakan tiga jenis verba (kata kerja) secara proporsional, yaitu verba relasional, verba mental, dan verba material.
  3. Teks ini strukturnya terdiri dari isu, argumen pendukung, argumen penentang, dan kesimpulan atau saran.
  4. Memuat informasi yang bersifat informatif-argumentif.
  5. Dalam membentuk kesimpulan di akhir teks, digunakan teknik modalitas, yaitu klasifikasi pernyataan pro dan kontra atas keharusan atau kemungkinan.

Jenis-jenis teks diskusi

Menurut Dina Ramadhanti dan Dian Permata Yanda (2022) dalam bukunya yang berjudul Pembelajaran Menulis Teks Suatu Pendekatan Kognitif, jenis-jenis teks diskusi terdiri atas:

  1. Komentar radio,
  2. Wawancara terkini,
  3. Debat, dan
  4. Negosiasi.

Namun, pada beragam buku Bahasa Indonesia yang dapat kita temukan lebih banyak mengemukakan jenis-jenis diskusi, seperti:

  1. Seminar,
  2. Diskusi Panel,
  3. Simposium,
  4. Lokakarya,
  5. Kongres,
  6. Konferensi,
  7. Sarasehan,
  8. Muktamar, dan masih banyak lagi jenis diskusi lainnya.

Kaidah kebahasaan teks diskusi

Sama halnya dengan jenis-jenis teks lainnya, teks diskusi juga memiliki kaidah kebahasaannya sendiri. Berikut kaidah kebahasaan teks diskusi.

  1. Menggunakan Konjungsi Perlawanan
    Konjungsi perlawanan/pertentangan adalah konjungsi yang mempertentangkan suatu kata maupun kalimat dengan kata atau kalimat lainnya. Kata-kata yang termasuk dalam konjungsi ini, antara lain tetapi, sedangkan, akan tetapi, sebaliknya, meskipun, walaupun, sekalipun, melainkan, padahal, tidak demikian, dan namun.
  1. Terdapat Istilah Umum
    Adanya istilah umum dalam teks diskusi adalah penggunaan kata-kata sesuai topik yang dituliskan. Misalnya, dalam diskusi bertopik “Handphone dan Anak-anak”, maka istilah umum yang digunakan dapat berupa gawai, kuota, sinyal, paket data, internet, dan sebagainya.
  1. Menggunakan Kalimat Persuasif
    Kalimat persuasif merupakan kalimat yang bersifat ajakan atau bujukan secara halus, agar orang lain merasa yakin. Kalimat persuasif di antaranya bercirikan sebagai berikut “ayo, mari, -lah, dan jangan”.
  1. Menggunakan Kalimat Sudut Pandang
    Kalimat sudut pandang merupakan kalimat yang menyatakan sudut pandang/pendapat seseorang mengenai suatu masalah. Ciri kalimat sudut pandang dalam teks diskusi, biasanya terdapat penggunaan kata, seperti “Menurut saya …, menurut pihak yang mendukung …, pihak yang kontra berargumen….” dan sebagainya.
  1. Terdapat Kohesi Leksikal
    Kohesi merupakan keserasian hubungan dari suatu unsur dengan unsur lainnya dalam sebuah wacana, hingga terbentuk sebuah pengertian yang koheren. Kohesi leksikal adalah kohesi yang menandakan keterpaduan dalam pemilihan kata pada suatu teks. Bentuk kohesi leksikal, antara lain pengulangan, antonim, hiponim, dan sinonim.
  1. Terdapat Kohesi Gramatikal
    Kohesi gramatikal merupakan kohesi yang melibatkan struktur bentuk atau struktur wacana. Penanda kohesi gramatikal, yaitu (1) kohesi pengacuan, (2) substitusi, (3) pelepasan (elipsis), dan (4) konjungsi.
  1. Menggunakan Kata Modalitas/derajat kepastian
    Modalitas merupakan kata yang memiliki makna seperti, kemungkinan, dan kenyataan, yang dituliskan dalam sebuah kalimat. Biasanya, modalitas dinyatakan dengan kata-kata: harus, akan, ingin, mungkin, pasti, tentu, dll.

Struktur teks diskusi

Teks diskusi mempunyai 4 struktur, yaitu isu, argumen pendukung, argumen penentang, dan kesimpulan.

  1. Isu, bagian pembuka teks diskusi yang berisi suatu masalah untuk didiskusikan lebih lanjut.
  2. Argumen pendukung (pro), berisi rgument (rgumen) mendukung hal yang menjadi pokok masalah diskusi.
  3. Argumen penentang (kontra), berisi rgument yang bertentangan dengan rgument yang mendukung.
  4. Kesimpulan, berisi simpulan dan saran berupa jalan tengah dari isu yang dibahas.

Contoh teks diskusi beserta strukturnya

Contoh teks diskusi tentang Pendidikan

Seragam Sekolah, Perlukah Dihapus?

Isu

Mantan Mendiknas (Menteri Pendidikan Nasional) terdahulu, Bambang Sudibyo memiliki rencana penghapusan adanya seragam sekolah. Artinya, tidak ada lagi ketentuan wajib bagi siswa SD hingga SMA untuk berseragam saat sekolah. 

Kita pun masih menunggu, apakah rencana tersebut akan terwujud dan ditaati oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Mengingat seragam sekolah merupakan sebuah identitas, baik dari sisi tingkat jenjang pendidikan maupun indentitas sekolah.

Argumen Pendukung

Sebagai identitas siswa SD mengenakan seragam baju putih dan bawahan merah, siswa SMP menggunakan baju putih dengan bawahan biru, dan siswa SMA/K berseragam baju putih dan bawahan abu-abu. 

Kita juga sudah mengetahui, bahwa masing-masing sekolah bebas menentukan seragam sekolahnya. Misalnya, sepatu harus berwarna hitam dan bertali,  menggunakan ikat pinggang hitam dan kaos kaki putih. Motif seragam pun telah menjadi identitas sekaligus kebanggan sekolah.

Penggunaan seragam sekolah dimaksudkan untuk menghilangkan perbedaan antarsiswa. Dengan begitu, seorang siswa tidak bisa bergaya dan memamerkan baju-baju mewah miliknya di sekolah. Seorang siswa dipaksa tampil dengan seragam yang sama seperti siswa lainnya.

Tak hanya itu, terdapat pula pengajaran disiplin terhadap siswa dalam kebijakan berseragam. Pada sekolah tertentu, siswa dapat dikenai hukuman jika melanggar ketentuan seragam disekolahnya.

Argumen Penentang

Kebijakan Mendiknas menghapus seragam sekolah patut dipertimbangkan. Kita tidak perlu khawatir penghapusan seragam sekolah akan menimbulkan efek negatif terhadap siswa, seperti akan terjadi perang pamer kekayaan, sehingga menimbulkan kecemburuan siswa lain.

Kesimpulan

Kedisiplinan sendiri diajarkan tidak secara formal, seperti di dalam pendidikan militer, tapi pada kerangka pola dan perilaku masyarakat secara lebih luas. Disiplin harus dimulai dari keluarga yang merupakan tingkat paling dasar. Artinya, orang tua dan anggota keluarga harus menjadi teladan utama bagi siswa, untuk bersikap disiplin bagi diri sendiri dan orang lain.

Di sekolah, disiplin harus dilakukan sebagai tanggung jawab, bukan hanya sekadar formalitas melalui seragam sekolah saja. Sebab, seragam sekolah tidak termasuk unsur elementer dalam sistem pendidikan nasional.

Contoh teks diskusi tentang covid 19

Bahaya Virus Corona

Isu

Covid-19 merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Corona. Orang yang mengidap covid-19 akan mengalami berbagai gejala, seperti merasa sakit di tenggorokan, sesak napas, sakit kepala, dan parahnya bisa mengakibatkan pengidapnya meninggal dunia.

Virus covid-19 mudah menular dari satu orang ke orang lain, melalui droplet yang dapat tersebar dari pasien ke orang sehat saat mereka bersin, berbicara dalam jarak terlalu dekat, dan lain sebagainya.

Argumen Pendukung

Virus corona penyebab Covid-19 memang sangatlah berbahaya. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pasien positif di dunia dalam kurun waktu satu bulan, yang angkanya menembus jutaan. Angka pasien meninggal akibat virus ini juga sangat tinggi. 

Contoh bahaya yang disebabkan oleh Covid-19 juga sudah banyak buktinya. Mulai dari membuat tenggorokan terasa kering, gangguan pernapasan yang mengakibatkan sesak untuk bernapas, dan gangguan fungsi pada paru-paru.

Argumen Penentang

Akan tetapi, Covid-19 tidak akan bisa menyerang apabila pola hidup kita terjaga dengan baik. Kita bisa memulainya dengan selalu menjaga kebersihan badan, tempat, pakaian, lingkungan dan makanan, serta mematuhi seruan dari pemerintah.

Kesimpulan

Jika sudah diketahui bahaya yang ditimbulkan oleh virus Corona. Maka, sebaiknya kita menghindari penularannya dan bersama-sama melakukan aksi pencegahan dengan melaksanakan pola hidup bersih, serta mematuhi aturan pemerintah demi kebaikan bersama.

Contoh teks diskusi tentang sampah

Kebersihan dan Sampah

Isu

Sampah menjadi satu hal yang dianggap sangat meresahkan, karena dampaknya yang buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk akan menyebabkan berbagai penyakit, bahkan hingga menyebabkan banjir. 

Cara menanggulangi sampah sendiri masih dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah. Padahal, pemecahan masalah mengenai sampah sudah menjadi perdebatan sejak lama.

Argumen Pendukung

Sebagian orang memiliki pandangan, bahwa sampah telah menjadi sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi. Maka dari itu, sampah seharusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. 

Namun, bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut dianggap bukan sebagai solusi, melainkan hanya menjadi sebuah bencana baru. Sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap, serta asap pembakaran yang ditimbulkan dapat menipiskan lapisan ozon.

Argumen Penentang

Orang yang cinta lingkungan tentunya lebih memilih penyelesaian pengolahan sampah berupa komposting dan daur ulang. Contohnya, seperti sampah organik daun kering, batang pohon, dan sebagainya bisa dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses komposting. Sedangkan sampah non-organik yang tidak dapat mengalami pembusukan, maka sampah tersebut bisa didaur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, berbagai jenis sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Dengan melakukan pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan, merupakan cara paling tepat dalam menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

Cara membuat kesimpulan dalam teks diskusi

Dalam membuat kesimpulan dalam teks diskusi, terdapat poin-poin penting yang perlu diperhatikan. Adapun poin penting dari kesimpulan teks diskusi, yaitu:

  1. Memuat kesimpulan argumen dari sisi pro dan kontra.
  2. Memperlihatkan evaluasi argumen yang paling efektif.
  3. Memuat saran atau jalan tengah yang tidak memihak terhadap isu yang didiskusikan.

Selain itu, perlu diingat pula kriteria kesimpulan yang baik, antara lain sebagai berikut.

  1. Kesimpulan merupakan hasil analisis terhadap teks diskusi.
  2. Kesimpulan merupakan gambaran dari isi paragraf dalam teks diskusi.
  3. Kesimpulan hanya berisi hal-hal yang ada di paragraf yang terdapat pada teks diskusi.

Cermatilah contoh berikut!

Tidur merupakan salah satu cara dalam menjaga tubuh untuk tetap sehat. Orang yang tertidur selama 8 jam per malam, bisa dipastikan tubuhnya lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. 

Tidur yang baik mampu memulihkan sistem imun. Ketika seseorang tertidur pulas pada malam hari, kadar melatonin-nya akan meningkat, sehingga dapat memperbaiki imunitas tubuh.

Berdasarkan data dan informasi yang terdapat dalam kutipan teks diskusi di atas. Maka, dapat kita simpulkan sebagai berikut.

Tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas dapat memperbaiki imun tubuh.

Kesimpulan tersebut merupakan pendapat akhir berdasarkan data dan Informasi dari teksnya, yakni (1) Tidur merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, (2) Orang harus tidur 8 jam setiap malam, dan (3) Tidur yang baik mampu memperbaiki sistem imun tubuh.

Langkah-langkah menulis teks diskusi

Berikut langkah-langkah menulis teks diskusi.

  1. Menentukan topik yang akan dibahas
    Tentukanlah topik diskusi yang bisa diselesaikan dengan mudah, seperti masalah kontroversial di lingkungan sekitar. Usahakan topik tersebut bisa menambah pengetahuan dan kekritisan kalian saat proses penyusunan teks.
  1. Mengumpulkan informasi atau data
    Temukan informasi dan data yang akurat tentang masalah yang dipilih untuk mendukung argumen yang saling bertentangan.
  1. Menentukan argumen pro dan kontra
    Tuliskan pendapat yang menyatakan kesepahaman dengan topik yang dibahas. Agar lebih lengkap dan sesuai dengan isi dari diskusi menyampaikan pendapat yang berbeda, maka tuliskan juga argumen yang menentang.
  1. Menyusun kerangka teks/karangan
    Susun kerangka teks sesuai dengan struktur teks diskusi. Kemudian, rangkum poin-poin informasi yang ada untuk setiap struktur.
  1. Mengembangkan kerangka menjadi teks diskusi
    Setelah membuat sketsa karangan. Kembangkanlah tulisan tersebut menjadi teks diskusi, yang terdiri dari beberapa paragraf yang saling berkaitan.
  1. Memberi judul
    Tahap terakhir dalam penyusunan teks diskusi adalah memberikan judul. Sesuaikan judul dengan inti dari masalah atau isu yang didiskusikan.

Rangkaberita, itulah pengertian, tujuan, ciri, struktur, hingga contoh teks diskusi yang dapat membantu kalian lebih paham. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai teks diskusi, kalian bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Ayo, bergabung sekarang juga!

situs togel http://jeniferseo.my.id/ situs togel https://seomex.org/ situs togel toto 4d dentoto togel4d https://www.sabalansteel.com/ togel 4d situs toto https://dentoto.link/ https://dentoto.cc/ https://dentoto.vip/ https://omtogel.art/ https://dentoto.live/ situs togel situs toto toto 4d dentoto https://tfts.org/ https://152.42.182.72/ situs toto situstoto https://www.gala.itone.lu/ https://128.199.107.156/ https://panamerica.capuchinhos.org.br/ dentoto