Menjelaskan trigatra wawasan nusantara ditinjau dari kondisi dan kemampuan penduduk

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Menjelaskan Trigatra Wawasan Nusantara dalam aspek kondisi dan kemampuan penduduk yang telah dijawab dan diverifikasi ke Kelas:7 Kursus : IPS Bab: Bab 2 – Keadaan Penduduk Indonesia

Menjelaskan trigatra wawasan nusantara ditinjau dari kondisi dan kemampuan penduduk

Menjawab :

Penduduk sendiri bisa disebut sekelompok orang yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Trigatra Nusantara Insight dalam aspek kondisi dan kemampuan penduduk Ada 3 faktor yang dapat mempengaruhi antara lain seperti:

  1. Jumlah penduduk.
  2. Komposisi populasi.
  3. Distribusi populasi.

Diskusi

  • Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk dapat berubah yaitu karena kematian, kelahiran, pendatang, dan orang yang meninggalkan wilayahnya. Sisi positif dari pertumbuhan penduduk adalah bertambahnya angkatan kerja atau tenaga kerja dan bertambahnya tenaga kerja atau angkatan kerja. Sedangkan dari sisi negatifnya, jika pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti dengan upaya peningkatan kualitas penduduk.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk sendiri dapat berbeda-beda, baik dari suku, agama, ras, maupun golongan. Komposisi itu sendiri dapat disebut sebagai komposisi penduduk menurut umur, jenis kelamin, agama, suku, tingkat pendidikan, dan sebagainya. Komposisi penduduk dipengaruhi oleh mortalitas, fertilitas dan migrasi. Fertilitas sangat mempengaruhi umur dan juga jenis penduduk muda yang dapat menimbulkan masalah dalam penyediaan fasilitas pendidikan, perluasan kesempatan kerja, dan sebagainya.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi populasi, persebaran penduduk yang ideal itu sendiri adalah persebaran yang dapat memenuhi syarat kesejahteraan dan keamanan yaitu merata. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan kebijakan yang mengatur persebaran penduduk, misalnya dengan cara transmigrasi, mendirikan pusat-pusat pembangunan atau pusat pertumbuhan, pusat industri, dan sebagainya. Kemampuan penduduk yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan penduduk kemudian dapat menimbulkan ancaman terhadap pertahanan negara bangsa.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain